5 Alasan Kenapa Anda Harus Membangun Bisnis Online

1
17

Salah satu dampak langsung dari perkembangan dan kecanggihan teknologi informasi adalah maraknya bisnis online. Bisnis ini dilakoni mereka yang sebelumnya telah menjadi pelaku bisnis ataupun mereka yang masih awam dengan dunia bisnis dan baru berkenalan dengan serba-serbinya. Para pelaku bisnis lama yang telah banyak makan asam garam dunia bisnis umumnya memanfaatkan kemudahan akses dan konsumen potensial yang ditawarkan sistem online untuk memperluas pangsa pasarnya. Bisa jadi, produk dan jasa yang mereka tawarkan sudah banyak dikenal masyarakat sehingga  jalur online sekadar menjadi salah satu kanal untuk mempertinggi angka penjualan.

Sementara itu bagi pebisnis amatir yang baru terbuai dengan mimpi menjadi kaya dengan bisnis online  sebagai usaha sampingan umunya melirik jenis bisnis ini karena kemudahan dan tiadanya skill khusus yang dibutuhkan. Menjamurlah golongan ini dengan berbagai macam produk dan jasa yang dijual. Karena itu, tak heran jika muncul ujaran bahwa dewasa ini, siapapun bisa berjualan dengan bermodal sebuah gadget dan pulsa serta gojem atau goyang jempol.

Nah, jika Anda masih bingung untuk memulai bisnis online atau tidak, berikut adalah 5 alasan utama mengapa Anda bisa melirik bisnis satu ini sebagai kerjaan sampingan.

Bisa Disambi dengan Aktivitas Lain

Jika Anda memiliki aktivitas dan rutinitas lain yan mengharuskan Anda meluangka banyak waktu, Anda tetap bisa melakukan bisnis online. Ya, bisnis satu ini tidak mengharuskan Anda pergi ke kantor, mengenakan seragam atau meluangkan waktu dari jam sekian hingga jam sekian. Anda hanya tinggal pandai-pandai mengatur kapan akan melayani pelanggan dan ‘berbicara’ dengan gadget Anda. Pada tahap awal, Anda mungkin akan kewalahan melakukan multi-tugas semacam ini akan tetapi lama-lama, Anda akan terbiasa dan jika Anda pandai melakukan promosi, melayani pelanggan dan memuaskan mereka, keuntungan dari bisnis sampingan semacam ini bukan tak mungkin bisa melampaui penghasilan yang Anda dapat dari aktivitas utama yang Anda lakukan.

Minim Resiko

Tidak seperti bisnis lain yang mengharuskann Anda menginvestasikan sejumlah modal, bisnis online bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal dan minim resiko. Minimal, Anda harus memiliki gadget dan pulsa untuk melakukan promosi dan penawaran dan menggaet calon pembeli. Tanpa melakoni bisnis semacam inipun, hampir bisa dipastikan Anda menggunakan gadget dan rutin mengisi pulsa demi kelancaran komunikasi dan akses informasi Anda. Karena itu, Anda hampir tidak meresikokan apapun. Anda hanya tinggal memamerkan dan menawarkan produk dan jasa dari ‘juragan’ Anda dan jika berhasil mendapatkan satu pembeli, Anda akan mendapat komisi sekian persen dari harga jual dan produk yan berhasil Anda jual. Mudah, bukan?

Promosi Cuma-Cuma

Seperti yang telah disinggung pada point kedua, untuk menggaet pembeli, mulai dari mengenalkan produk hingga men-deal-kan penjualan, Anda tidaklah membutuhkan anggaran tambahan sebab sebelum berbisnis online pun, Anda telah terbiasa menyisihkan sebagian pemasukan Anda untuk uang pulsa bulanan dan atau mingguan. Karena itu, bisa dikatakan, yang Anda butuhkan untuk bisnis onlie adalah skill mengelola waktu dan meyakinkan (calon) pembeli.

Transaksi Praktis dan Aman

Meski ada beberapa bisnis online yang menggunakan sistem COD (Cash on Delivery), Anda bisa memilih sistem transfer untuk transaksi. Selain minim penipuan, langkah ini juga demi keamanan Anda. Dengan demikian, Anda hanya akan mengirimkan barang pada pembeli setelah mereka mentransfer sejumlah uang ke rekening Anda yang bisa Anda verifikasi real time.

Keuntungan Melimpah

Keuntugan dari bisnis online yang tanpa modal ini bisa begitu melimpah jika Anda telah memiliki basis pelanggan yang banyak dan memberikan kepuasan di setiap transaksi. Karena itu, selain mengenai Anda dan sikap Anda secara pribadi dalam melayani pelanggan, pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here