Aneka Jenis Makanan Ini Berkhasiat Sebagai Penambah Darah

0
6

Anemia atau biasa dikenal sebagai penyakit kurang darah merupakan kondisi tubuh yang sedang kekurangan sel darah merah. Peran dari sel darah merah sangatlah penting yaitu sebagai pengangkut oksigen untuk disalurkan ke bagian besar tubuh manusia. Selain itu darah merah pun berfungsi untuk membuang zat karbon dioksida dari dalam tubuh. Warna sel darah merah yang khas yaitu merah menunjukkan bahwa darah tersebut banyak terkandung zat protein serta zat besi (hemoglobin (hb).

Apabila seseorang mengidap kekurangan darah merah seringkali mengalami berbagai macam gejala misalnya cepat capek, lebih sering mengantuk, wajah terlihat pucat, sering merasa pusing dan kondisi negatif lainnya. Apabila gejala-gejala ini tidak segera ditindaklanjuti maka dalam waktu dekat aktivitas anda akan sering terganggu bahkan jiwa anda pun bisa terancam akibat kekurangan darah. Untuk itu anda perlu memperhatikan pola makan sehat anda sejak saat ini. Dan berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang berkhasiat sebagai penambah darah.

Jenis makanan yang banyak mengandung protein

Jenis makanan yang berguna sebagai penambah darah yang pertama ialah jenis makanan yang banyak mengandung protein. Secara garis besar badan manusia banyak sekali memerlukan protein. Sebab protein merupakan bahan baku yang berguna untuk membentuk sel-sel dalam tubuh. Di antara sel yang dibentuk dengan protein tersebut ialah sel darah merah. Untuk itu para ahli kesehatan sangat menganjurkan masyarakat untuk banyak mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung protein. Adapun makanan yang banyak mengandung protein di antaranya ialah kacang-kacangan, ikan, susu, telur, daging, dan lain-lain.

Jenis makanan yang banyak mengandung zat besi

Zat besi sangat berguna bagi tubuh sebab zat besi adalah salah satu jenis nutrisi yang berfungsi sebagai pembentuk warna merah pada sel darah merah. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi akan membantu seseorang terhindar dari penyakit anemia serta kebutuhan akan oksigen dalam tubuh akan selalu tercukupi. Adapun bagi penderita anemia, makanan yang banyak mengandung zat besi juga sangat dianjurkan agar proses penyembuhan penyakit anemianya bisa cepat sembuh. Sebenarnya banyak sekali jenis makanan yang mengandung zat besi di antaranya adalah kangkung, bayam, daging, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan lain lain sebagainya.

Jenis makanan yang kaya akan vitamin B12

Jenis makanan yang sangat berkhasiat sebagai penambah darah lainnya adalah segala jenis makanan yang kaya akan vitamin B12. Vitamin B12 sangat berguna bagi tubuh manusia. Sebab vitamin B12 berfungsi untuk memproduksi sel darah merah pada sumsum tulang belakang. Selain itu vitamin V12 juga sangat dibutuhkan dalam proses sintesis DNA. Oleh karena itu apabila tubuh seseorang kekurangan vitamin B12 maka bisa jadi seseorang tersebut akan lebih sering menderita penyakit anemia. Jenis anemia yang dapat membuat badan tidak mampu menyimpan serta mengangkut oksigen ke jaringan organ lainnya adalah anemia megaloblastik. Untuk itu apabila seseorang kekurangan vitamin B12 maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi aneka jenis sereal, ikan, susu, hati sapi, dan lain-lainnya.

Jenis makanan yang banyak mengandung asam folat

Selanjutnya, makanan yang baik untuk penambah darah ialah jenis makanan yang banyak mengandung asam folat. Zat asam folat sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur pada janin. Selain itu asam folat juga baik untuk mengatasi penyakit anemia. Asam folat atau vitamin B9 adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang mampu membantu badan seseorang dalam memproduksi berbagai sel darah merah. Dan untuk mendapatkan asam folat yang cukup anda bisa mengonsumsi aneka makanan seperti roti, sereal, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here