Bahaya Penyakit Kanker Darah Untuk Kesehatan

0
5

Leukemia atau kanker darah adalah jenis penyakit kanker yang dapat menyerang darah manusia bahkan sumsum tulang dan juga jaringan limfoid. Secara umum terdapat beberapa jenis penyakit leukimia yang selalu mengintai dan menyerang tubuh anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Penyakit kanker darah memang tidak mengenal usia sehingga jenis penyakit ini dapat dikategorikan penyakit yang berbahaya.

Penyakit leukemia sangat berhubungan dengan peran sel darah putih pada darah manusia. Sebab, orang yang sedang menderita penyakit kanker darah merah bisa dikatakan dalam tubuhnya terdapat sel darah putih dalam jumlah besar atau dengan kata lain jumlah sel darah putih lebih banyak dibandingkan sel darah merah. Kondisi inilah yang menjadikan para orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak terhambat perkembangan dan pertumbuhannya. Oleh karena itu mulai saat ini kenalilah gejala-gejala penyakit kanker darah agar sebelum penyakit tersebut menjadi besar anda bisa mengatasinya sejak dini.

Di antara penyebab hadirnya penyakit kanker darah adalah sebagai berikut:

Kanker darah diakibatkan faktor genetika

Seseorang terserang penyakit kanker darah disebabkan banyak faktor. Yang pertama adalah faktor genetika. Apabila seseorang mengidap penyakit kanker darah dikarenakan faktor ini maka sangat sulit untuk diobati. Sebab penyakit yang diwariskan dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker darah justru akan lebih rentan terserang kembali. Bahkan jika tidak diobati oleh para ahli kesehatan maka penyakit ini nantinya akan berkembang sehingga menimbulkan datangnya penyakit-penyakit kanker yang lain. Untuk itu, bagi keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker darah ini sangat dianjurkan untuk menjalani pengobatan yang rutin dan ketat agar bibit penyakitnya dapat hilang seutuhnya.

Seseorang dapat terindikasi mengidap penyakit kanker darah apabila mengalami beberapa gejala yang mengindikasikan beberapa hal sebagai berikut ini

Sering mimisan

Seseorang dapat dikatakan sedang terserang penyakit kanker darah apabila ia mengalami pendarahan. Pendarahan yang dialami oleh penderita kanker darah biasanya akan keluar dari hidung, gusi, bahkan melalui kulit. Ketiga gejala terjadinya kanker darah tersebut dapat diakibatkan  kadar trombosit yang ada dalam darah tidak mencukupi untuk menjalankan sirkulasi darah. Gejala-gejala ini lebih sering dialami oleh anak-anak. Untuk itu apabila seorang anak mengalami ketiga gejala tersebut maka harus segera ditangani agar tidak menjadi semakin parah.

Untuk mengatasi gejala tersebut anda dapat pergi ke dokter untuk melakukan tes kesehatan darah. Jika terindikasi positif kanker darah biasanya dokter telah menyiapkan beberapa langkah penangannya. Oleh karena itu konsultasikan segala gejala yang dialami dengan cepat.

Penyebab terjadinya kanker darah secara spesifik belum dapat diketahui, baik kanker darah yang menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Namun secara umum penyakit berbahaya yang satu ini seringkali dialami oleh mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Selain itu faktor genetika juga sangat berpengaruh. Inilah yang menjadikan penyakit kanker darah begitu berbahaya yaitu karena penyakitnya tidak diketahui penyebab pastinya sehinga penderita kanker darah lebih memiliki kemungkinan hidup sangat kecil .

Terjadi pembengkakan pada perut

Penyebab kanker darah yang lainnya adalah terjadinya pembengkakan pada perut. Gejala yang satu ini seringkali dialami oleh orang dewasa sehingga ketika anda merasakan sakit perut disertai pembengkakan maka sebaiknya anda mulai waspada. Pembengkakan pada perut dapat diketahui karena ketika terjadi pembengkakan maka akan disertai dengan rasa sakit pada tulang belakang. Sehingga nafsu makan pun tidak ada dan berat badan berkurang banyak.

Jika anda sudah mengetahui gejala penyakit tersebut di atas maka sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter. Namun yang lebih penting dari itu adalah selalu menjaga kesehatan dengan cara membiasakan pola hidup yang sehat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here