Beginilah Yang Harus Dilakukan Untuk Mengobati Penyakit Bronkitis

0
3

Pengobatan penyakit brokitis tidak hanya dapat dilakukan secara medis, tetapi juga dapat melalui terapi alami. Pengobatan alami ini berguna untuk meringankan gejala bronkitis dan meningkatkan kekebalan tubuh. Di samping itu, pengobatan secara alami bersifat aman dan tidak menimbulkan efek samping sebagaimana obat-obatan medis.

Penyakit bronkitis sendiri merupakan penyakit peradangan pada saluran utama paru-paru, yaitu bronkus. Beberapa gejala dari penyakit bronkitis, yaitu:

  • Batuk disertai keluarnya lendir keabu-abuan
  • Sesak nafas
  • Kelelahan
  • Sakit pada dada
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat

Penyebab penyakit bronkitis adalah infeksi virus dan bakteri. Virus dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh melalui udara, menyentuh benda-benda kotor, tidak cuci tangan sebelum makan, menghirup udara dari bersin orang lain.

Beberapa hal yang dapat memicu penyakit bronkitis, seperti merokok (dimana perokok aktif lebih berisiko dibandingkan perokok pasif). Selain itu, bronkitis juga dipengaruhi oleh lingkungan yang tidak sehat. Kondisi lingkungan yang tidak sehat dapat memicu bronkitis okupasi. Bronkitis okupasi merupakan jenis bronchitis yang diakibatkan oleh unsure iritasi, anomia, klorin, dan serpihan debu.

Penyakit bronkitis mempunyai 2 tipe, yaitu penyakit bronkitis akut dan kronis. Penyakit bronkitis akut terjadi selama kurang lebih 3 minggu, sedangkan penyakit bronkitis kronis lebih susah disembuhkan, yaitu sekitar 3 bulan hingga 2 tahun.

Berikut tips pengobatan penyakit bronkitis secara alami:

  1. Makanan yang mengandung magnesium

Makanan yang mengandung magnesium juga dapat membantu meringankan gejala penyakit bronkitis. Sumber makanan yang mengandung magnesium, seperti kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.

  1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih tidak hanya meringankan sakit perut, tetapi juga dapat mengurangi gejala penyakit bronkitis. Minyak kayu putih mempermudah terjadinya sekresi di lendir di paru-paru dan melancarkan pernafasan.

Cara pengonsumsiannya:

  • Campurkan ½ cangkir madu dengan beberapa tetes minyak kayu putih
  • Masukkan ke dalam panci dan aduk-aduk hingga mendidih
  • Awasi suhunya dengan menggunakan thermometer permen
  • Angkat saat suhu mencapai 149oC
  • Ambil campuran madu dengan minyak kayu putih dengan sendok ke loyang yang dilapisi kertas minyak
  • Tunggulah hingga campuran mengeras
  • Kemudian hisaplah untuk meredakan gangguan bronchitis
  1. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah-rempah yang mempunyai kandungan antioksidan. Selain itu, bawang putih juga mampu berperan sebagai antibakteri. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengobati infeksi pada rongga pernafasan dengan cara membunuh bakteri atau virus penyebab bronkitis. Namun yang perlu diingat, bawang putih dapat menimbulkan efek panas pada perut saat dikonsumsi.
Anda dapat mengolah bawang putih sebagai sup. Caranya, tumis bawang putih. Kemudian tambahkan kaldu dan sayuran untuk meningkatkan selera. Panaskan sup hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat dan konsumsi selagi hangat-hangat kuku.

  1. Vitamin C

Vitamin C berpotensi untuk mencegah dan mengurangi gejala penyakit brokitis. Anda dapat memperoleh asupan vitamin C dari suplemen dan makanan. Namun jika anda berniat mengonsumsi suplemen vitamin, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Sedangkan makanan sumber vitamin C seperti jeruk, stroberi dan tomat.

  1. Tanaman jelatang

Tanaman jelatang telah lama dikenal sebagai pengobatan alami penyakit bronkitis. Anda dapat mengonsumsi tanaman jelatang dengan menggunakan campuran madu untuk penyembuhan penyakit bronkitis.

Demikianlah tips pengobatan penyakit bronkitis secara alami. Anda harus bersabar untuk melakukan pengobatan secara alami maupun medis, karena pada dasarnya penyembuhan penyakit bronkitis memang cenderung lama. Selama pengobatan, sebaiknya anda menghindari rokok dan minuman berakohol karena dapat menghambat proses penyembuhan. Sebaliknya, lebih banyak konsumsi makanan padat gizi dan air putih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here