Berikut Ini Adalah Fungsi Email Yang Sebenarnya

0
3

Dunia internet membuat hubungan antara manusia semakin dekat. Bahkan dengan internet membuat hubungan sosial hampir tidak ada jarak. Hanya dengan fasilitas internet maka semua orang dapat berkomunikasi dengan sangat mudah. Baik itu berkomunikasi melalui chatting maupun saling bertukar informasi menggunakan email.

Email merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di internet. Melalui email anda bisa bertukar dokumen, baik itu berbentuk file dokumen, gambar, bahkan video. Semua itu dapat anda lakukan dengan sangat mudah.

fungsi email

Apa itu Email?

Secara sederhana, email hampir bisa dikatakan sama seperti surat yang kita kenal selama ini. Yaitu suatu fasilitas yang berfungsi untuk berbagi informasi. Perbedaan antara email dan surat terletak pada bentuknya saja. Email adalah surat elektronik, untuk itu email tidak membutuhkan kertas maupun amplop untuk mengirim dokumen.

Email adalah surat digital sehingga semua data yang anda kirimkan pun hanya bisa dilakukan menggunakan internet. Untuk itulah disebut Email atau Electronic Mail atau Surat Elektronik. Email memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia dewasa ini. Bahkan, email mampu mendukung pekerjaan dalam segala bidang. Dan berikut adalah beberapa manfaat email:

Manfaat email bagi pelajar

Karena email sama seperti surat biasanya maka secara garis besar fungsinya pun sama. Hanya saja data yang dikirim berbentuk digital. Adapun fungsi email secara umum adalah mengirim dan menerima dokumen. Dengan menggunakan email anda pun akan merasakan kemudahan yang begitu besar.

Bagi anda para pelajar tentu email adalah hal yang wajib. Dengan memiliki akun email anda dapat bertukar dokumen, mengakses buku-buku di internet yang disediakan oleh perpustakaan online, mengakses keanggotaan segala jenis konten, bahkan mendownload jurnal-jurnal digital skala nasional dan internasional.

Dengan email, pelajar juga dapat bergabung dalam komunitas-komunitas tertentu. Misalnya, komunitas penulis, komunitas IT, komunitas pebisnis, komunitas pembaca, dan lain-lain. Dengan bergabung dalam suatu komunitas maka anda akan dapat mengakses segala informasi yang ada di dalamnya. Intinya, email itu ibarat “kunci” untuk membuka segala jenis informasi di dunia digital.

Manfaat email bagi perusahaan

Email tidak hanya bermanfaat bagi pelajar, namun fasilitas yang terdapat di email juga dapat mempermudah suatu perusahaan kecil dan besar. Bagi pengembang perusahaan, email juga sesuatu yang wajib. Bahkan, sangat aneh apabila sebuah perusahaan tidak memanfaatkan email. Padahal, dengan email suatu perusahaan akan lebih dipercaya dan akan menjadi lebih dekat dengan klien.

Manfaat email perusahaan di antaranya adalah sebagai alat komunikasi yang efektif antara pihak perusahaan dengan klien. Selain itu, email juga dapat digunakan sebagai sarana marketing untuk promosi dengan biaya yang sangat rendah bahkan gratis. Bahkan, dengan email maka promosi perusahaan pun akan tertarget kepada orang yang diinginkan secara efektif.

Selain bagi pelajar dan perusahaan tentu masih banyak lagi manfaat email. Misalnya, bagi pemain bisnis, email marketing, universitas, bahkan pemerintah. Semuanya bisa dipastikan membutuhkan email sebagai penunjang.

Cara Memiliki Email

Keuntungan memiliki email adalah rendah biaya bahkan gratis. Dengan demikian siapa saja dapat membuat alamat email. Bahkan dimana saja anda berada selama ada koneksi internet tentu bisa memiliki email.

Untuk memiliki email pun sangat mudah. Anda hanya diharuskan mengisi formulir pendaftaran secara online dan mengikuti instruksi yang telah diberikan hingga selesai maka anda pun dapat memiliki email. Hampir semua provider web penyedia fasilitas email memiliki tutorial sendiri untuk membuat akun email. Ada banyak penyedia fasilitas email. Namun, yang terbesar dan paling banyak digunakan orang adalah Gmail, Hotmail, dan Yahoo.

Tentang cara membuat email di Gmail, Hotmail, dan Yahoo akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here