Bersahabat dengan Penyakit Gagal Jantung

0
4

Gagal jantung adalah salah satu jenis penyakit jantung yang mematikan. Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak terisi cukup darah atau jantung tidak kuat memompa darah ke tubuh. Penyebab paling umum gagal jantung yaitu adanya kerusakan pada otot-otot jantung sebagai akibat dari serangan jantung sebelumnya. Lalu, siapa kah orang yang beresiko mengalami gagal jantung? Orang-orang tersebut:

  1. Memiliki satu atau lebih serangan jantung
  2. Berusia di atas 65 tahun
  3. Memiliki tekanan darah tinggi
  4. Memiliki katup jantung yang abnormal
  5. Memiliki penyakit jantung rematik
  6. Memiliki penyakit jantung bawaan
  7. Memiliki diabetes
  8. Memiliki penyakit atau peradangan otot jantung
  9. Memiliki penyakit paru yang parah
  10. Memiliki penyakit tiroid
penyakit gagal jantung
Bahaya penyakit gagal jantung

Gejala gagal jantung sering muncul setelah melakukan aktivitas fisik. Gejala tersebut yaitu

  1. Mengalami sesak nafas atau kesulitan bernafas. Kesulitan benafas ini terjadi karena kurangnya kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga darah kembali ke paru-paru.
  2. Kelelahan atau merasa lemah sepanjang waktu. Hal ini terjadi sebagai akibat dari tidak cukupnya oksigen yang didapat oleh organ tubuh, untuk menghasilkan energi.
  3. Tumit, telapak kaki, kaki dan perut bagian bawah menjadi bengkak.
  4. Batuk, terutama pada malam hari atau ketika berbaring.
  5. Kurangnya nafsu makan.
  6. Sering buang air kecil pada malam hari.
  7. Ritme jantung berdenyut lebih cepat.

Setelah menemukan tanda-tanda gagal jantung, apa yang harus dilakukan? Penanganan pertama yang harus dilakukan yaitu menghubungi dokter sesegera mungkin agar penderita gagal jantung dapat bertahan dan dapat melakukan pengobatan. Perawatan dan pengobatan gagal jantung tergantung pada seberapa parah gagal jantung tersebut. Berikut adalah tahap penanganan dan pengobatan gagal jantung:

  1. Diagnosis

Melihat riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan tes untuk mengetahui penyebab gagal jantung serta tingkat kerusakan jantung.

  1. Pengobatan jangka pendek

Jika gagal jantung ini sudah mencapai tahap akut,maka pengobatan dapat diberikan oleh rumah sakit untuk meringankan gejala, memperlambat atau menghentikan penyebab gagal jantung

  1. Pengobatan jangka panjang

Gagal jantung dapat terjadi beberapa kali dan bisa menjadi lebih buruk. Oleh karena itu, penderita perlu ke dokter secara rutin, meminum obat-obatan dan merubah gaya hidup yang tidak sehat.

Penanganan dan pengobatan tersebut dapat meredakan gejala gagal jantung, membantu jantung menjadi lebih kuat, menambah lamanya hidup si penderita dan menurunkan resiko serangan jantung dan kematian. Selain konsumsi obat-obatan, operasi juga dapat dilakukan untuk mengobati gagal jantung. Operasi tersebut yaitu:

  1. Operasi bypass

Dengan melakukan operasi ini, maka fungsi otot jantung dapat diperbaiki. Melalui operasi ini, darah dapat mengalir dengan lancar melalui jantung karena adanya saluran pembuluh darah baru yang dibuat. Sehingga, serangan jantung dapat dicegah serta Angina dapat disembuhkan.

  1. Operasi katup jantung

Operasi ini dilakukan untuk memperbaiki kerusakan katup jantung atau menggantinya.

  1. Operasi transplantasi jantung

Operasi ini dilakukan jika operasi lainnya dan obat-obatan tidak dapat memberikan hasil. Selain itu, jantung yang lemah tidak kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga perlu diganti. Dengan transplantasi jantung, maka penderita dapat mengganti jantungnya yang telah rusak dengan yang baru.

Selain operasi, cara lainnya untuk menambah umur penderita gagal jantung yaitu memasang alat pompa jantung, alat pemicu jantung (CRT, ICD, dan CRT-D).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here