Cara Mencegah Serangan Penyakit Jantung

0
7

Cara Mencegah Serangan Penyakit JantungPenyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakutkan di seluruh dunia. Sebab penyakit jantung tidak dapat dihindari dalam waktu yang singkat. Sebaliknya justru penyakit jantung lebih mudah menyerang mendadak tanpa gejala yang terlihat oleh kasat mata. Karena kesehatan jantung sangat berharga maka sebaiknya mulai melakukan pencegahan sebelum penyakit jantung benar-benar menyerang tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan penyakit jantung sejak dini.

  • Hindari makanan yang mengandung kolesterol jahat

Kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung koroner kelas berat. Kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lippoprotein) dikenal luas sebagai penyebab utama terjadinya proses pengerasan pada dinding pembuluh darah. Khususnya pada organ ginjal, otak, mata dan jantung. Sebagai akibat dari proses tersebut ialah pembuluh darah koroner akan mengalami penyempitan sehingga aliran darah akan tersumbat. Hingga akhirnya jantung akan kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan terjadinya serangan jantung.

Kadar konsumsi kolesterol yang dapat ditoleransi menurut Asosiasi Penyakit Jantung Amerika adalah 300 mg dalam sehari. Sedangkan bagi orang yang telah divonis memiliki kadar kolesterol tinggi maka batasan konsumsi kolesterol ialah 200 mg per hari. Di antara makanan yang mengandung kolesterol jahat adalah telor bebek, telor puyuh, telor ayam, fast food, hati sapi, es krim, dan seafood.  Untuk itu anda bisa mulai mengontrol makanan anda setiap harinya.

  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi

Secara garis besar serat memiliki peran yang sangat penting juga dalam menjaga kesehatan tubuh. Serat terbagi menjadi dua jenis yaitu serat larut dan serat tak larut. Serat larut adalah serat yang tidak bisa dicerna oleh enzim pencernaan akan tetapi dapat larut dalam air panas. Dengan mengonsumsi serat larut maka perut akan lebih cepat merasa kenyang lebih lama serta dapat memberikan energi yang lebih banyak.

Serat larut juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat yang larut dalam tubuh akan mengikat kolesterol kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Proses inilah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga pada akhirnya dapat menurunkan risiko serangan penyakit jantung. Serat larut ini dapat ditemukan di berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Untuk itu tidak ada salahnya apabila mulai memperbanyak konsumsi sayur dan buah mulai sekarang.

  • Hindari konsumsi alkohol

Hingga saat ini tidak ada asosiasi dokter mana pun yang mengakui bahwa alkohol itu baik bagi tubuh. Alkohol justru akan menaikkan tekanan darah dalam tubuh. Alkohol yang berlebihan juga dapat memperlemah otot jantung, mengakibatkan kejang pada arteri, mengentalkan darah, sehingga akan dapat berdampak lebih berbahaya bagi kesehatan jantung. Untuk itu lebih baik anda menghindari alkohol sebelum berdampak buruk bagi tubuh.

  • Batasi kadar kalori dalam tubuh

Salah satu penyebab terjadinya serangan jantung ialah obesitas. Orang yang memiliki riwayat obesitas akan sangat rentan terhadap penyakit diabetes. Penyakit diabetes adalah jenis dari kardiovaskuler yang sangat berisiko sama seperti orang yang terserang penyakit jantung. Untuk itu selalu kontrol kadar kalori dalam tubuh anda agar selalu terhindar dari resiko penyakit jantung.

  • Berolahraga dengan teratur

Cara mencegah diri agar terhindar dari penyakit jantung lainnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga tidak harus dilakukan dengan berat. Anda bisa saja melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki satu kilo meter setiap bagi dan sore hari. Ketika anda berolahraga maka sel dalam tubuh akan selalu melakukan regenerasi sehingga akan bermanfaat menjaga kesehatan jantung anda.

  • Jauhi rasa stres

Stres juga dapat mengakibatkan terjadinya penyakit jantung. Bahkan apabila tingkat stres seseorang itu sangat tinggi maka bisa mengakibatkan serangan jantung berat hingga menyebabkan kematian mendadak. Agar anda terhindar dari stres berlebih maka anda bisa melakukan istirahat secara cukup, olahraga dengan teratur, sering tersenyum, bersosialisasi dengan masyarakat, mengurangi kejenuhan, dan lain sebagainya. Intinya anda harus menghindari perasaan cemas atau pun marah sehingga akan selalu terhindar dari penyakit jantung dan kesehatan jantung anda pun dapat terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here