Cara Mengaja Kesehatan Jantung dan Paru-paru

0
4

Tips menjaga kesehatan jantung

Jantung dan paru-paru adalah dua organ vital yang dimiliki oleh manusia. Organ paru-paru dapat berfungsi sebagai alat pernafasan. Fungsinya adalah untuk menyuplay kadar oksigen yang dibutuhkan oleh oleh tubuh untuk proses regenerasi. Adapun organ jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah dari dalam tubuh kemudian disalurkan ke dalam aliran seluruh tubuh. Salah satu fungsi darah adalah mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa oksigen dalam darah maka tubuh akan kekurangan oksigen sehingga dapat mengakibatkan kematian. Untuk itu menjaga jantung dan paru-paru sangat penting layaknya menjaga seluruh tubuh.

Menurut dokter ahli kesehatan jantung zat yang sangat berperan dalam mendukung tugas organ jantung ialah zat omega 3. Zat atau yang disebut dengan asam lemak Omega 3 sangat diperlukan olah jantung guna menyeimbangkan kadar lemak jahat yang ada dalam tubuh. Kadar lemak yang menumpuk dalam tubuh inilah yang menjadi masalah atau penyebab penyakit. Lemak yang terus menerus tertimbun ini nantinya akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti serangan jantung dan juga stroke.

Lemak yang terbawa oleh darah sedikit demi sedikit akan mengendap kemudian menyumbat aliran pembuluh darah. Sehingga akan dapat mengganggu fungsi jantung. Kadar kolesterol yang tinggi ini dapat dinormalkan dengan menggunakan asam lemak omega 3 dalam tubuh. Sehingga apabila omega 3 tercukupi maka zat tersebut akan dapat mengurangi atau menghilangkan timbunan lemak yang ada dalam tubuh dan jantung pun akan dapat bekerja maksimal.

Tips menjaga kesehatan paru-paru

Kesehatan paru-paru sangat berperan juga dalam kesehatan tubuh. Zat yang paling efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru ialah zat antioksidan. Zat antioksidan sangat berperan penting dalam upaya membersihkan darah dalam tubuh dari serangan radikal bebas yang akan mengganggu kesehatan paru-paru.

Adapun mineral yang juga berperan aktif dalam menjaga kesehatan paru-paru yaitu natrium, kalium, serta magnesium. Untuk mendapatkan mineral tersebut anda bisa memperbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau, dan lain sebagainya.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan antioksidan anda bisa memperbanyak konsumsu buah-buahan segar. Misalnya apel, lemon, anggur merah, dan lain-lain. Buah-buahan tersebut mampu menyehatkan tubuh anda dan mampu membersihkan racun dalam paru-paru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here