Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Secara Alami

0
6

Artikel Kesehatan – Penyakit jerawat merupakan musuh bagi kulit, terutama bagi para wanita yang selalu menjaga kesehatan kulitnya. penyakit jerawat seringkali menyerang kulit remaja akan tetapi tidak jarang penyakit jerawat juga dialami oleh para wanita dan pria yang sudah usia dewasa. Meskipun kadangkala masa remaja sudah mampu menghilangkan jerawat namun hal itu tentu bukan berarti sudah menghilangkan jerawat secara seutuhnya. Sebab penyakit jerawat akan selalu datang apabila kondisi kulit tidak sehat. Meskipun penyakit jerawat tidak tergolong penyakit yang berbahaya namun seringkali orang yang berjerawat merasa kurang percaya diri.

Apa sebenarnya penyebab timbulnya penyakit jerawat?

Secara pasti penyebab timbulnya jerawat belum diketahui. Akan tetapi banyak para ahli yang meyakini bahwa jerawat bisa timbul dikarenakan terjadinya peradangan kronik dan sumbatan kelenjar minyak pada kulit. Ada beberapa hal yang juga menjadi faktor pendukung timbulnya jerawat. Misalnya faktor ras, sinar ultraviolet, udara, faktor genetik, faktor temperatur, psikis, hormonal, infeksi bakteri, kulit berminyak, faktor makanan, dan faktor pemicu timbulnya jerawat lainnya.

Gejala timbulnya jerawat pada kulit

Munculnya jerawat seringkali berupa bintik merah yang menonjol dan seringkali menimbulkan rasa sakit. Jerawat biasanya berisi nanah. Jerawat seringkali timbul pada permukaan kulit wajah. Namun jerawat sebenarnya bisa juga menyerang dan timbul pada kulit kepala, bahu, leher, dada bagian atas, punggung, dan lengan bagian atas. Di samping itu jerawat juga dapat muncul sebagai bintik putih atau hitam yang menonjol tapi tidak terasa sakit. Apabila sudah terkena infeksi maka jerawat akan berubah menjadi bisul yang bernanah.

cara menghilangkan jerawat secara alami
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara mengatasi jerawat secara alami

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami:

  • Jaga selalu kebersihan tangan. Sebab tangan merupakan organ tubuh yang seringkali melakukan kontak langsung dengan kulit wajah. Untuk itu tangan anda harus selalu dalam keadaan bersih. Anda bisa mencuci dengan sabun atau cukup dengan membasuhnya dengan air.
  • Hindari paparan matahari secara langsung khususnya matahari di atas jam 8 pagi. Sebab sinar ultraviolet yang terpancar dari matahari jam 8 ke atas kurang baik bagi kesehatan kulit. Apabila anda bekerja dalam lingkungan yang menuntut terpapar matahari langsung sebaiknya anda menggunakan tabir surya agar kulit tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Selalu menjaga kebersihan wajah. Untuk menjaga kulit agar tidak terkena jerawat anda bisa melakukan pembersihan wajah. Cara paling efektif ialah menjaga kebersihan kulit wajah secara rutin. Cara sederhan yang bisa dilakukan ialah dengan membasuh menggunakan air bersih dan menggunakan sabun khusus untuk wajah. Untuk merawat kulit sebaiknya anda tidak menggosok permukaan wajah dengan gerakan kasar. Cukup menggosok atau membasuh muka secara perlahan sebab kulit wajah tergolong kulit sensitif. Sebisa mungkin hindari jenis sabun wajah yang mengandung scrub karena butiran yang terkandung bersifat tajam dan justru akan melukai kulit wajah.
  • Kurangi tidur larut malam. Kulit wajah sama seperti anggota tubuh secara umum. Kulit juga membutuhkan istirahat yang cukup. Kulit yang kurang istirahat akan mengakibatkan timbulnya jerawat. Malam hari merupakan waktu yang baik bagi kulit untuk melakukan regenerasi. Tubuh yang kurang istirahat akan membuat kulit bekerja keras sehingga akan memicu terjadinya masalah kulit seperti jerawat.
  • Perhatikan kosmetik yang anda gunakan. Kosmetik juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Apabila anda sering menggunakan kosmetik sebaiknya anda tidak sering berganti kosmetik. Anda harus bijak dalam menentukan produk kosmetik mana yang terbaik bagi kulit anda. Waspadalah terhadap produk kosmetik yang tidak sehat karena hal itu justru akan merusak kulit wajah anda.
  • Minumlah air putih yang cukup. Anjuran standar kesehatan ialah mengonsumsi minimal 8-12 gelas dalam sehari. Air putih akan menjadi cairan yang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk menetralisir racun serta berbagai macam zat yang dapat mengganggu kesehatan kulit.
  • Perbanyak konsumsi makanan sehat. Makanan yang sehat juga mempengaruhi kesehatan kulit. Usahakan anda memperbanyak sayuran dan buah-buahan. Sebisa mungkin anda selalu mengonsumsi makanan sehat tersebut. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan sehat akan mampu membantu proses regenerasi kulit.

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat secara alami. Apabila anda melakukan hal di atas maka jerawat tidak akan menyerang kesehatan kulit anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here