Inilah Gejala dan Penyebab Terjadinya Penyakit Gagal Jantung

0
3

Gagal jantung adalah suatu gangguan kesehatan serius yang mengarah pada kondisi dimana otot jantung seseorang menjadi lemah sehingga gagal memompa darah dalam jumlah yang cukup untuk mencukupi kebutuhan metabolisme tubuh. pada umumnya gagal jantung merupakan tahapan akhir dari berbagai penyakit jantung, seperti aterosklerosis, infark miokadium, kelainan katup jantung, juga kelainan jantung kongenital. Gagal jantung dapat berakibat sangat fatal hingga berisiko kematian dalam beberapa menit apabila tidak segera mendapat penanganan.

Penyebab Terjadinya Gagal Jantung

Gagal jantung bukanlah masalah kesehatan tunggal yang terjadi dengan sendirinya, akan tetapi timbul sebagai akibat komplikasi akhir dari penyakit lain, seperti penyakit jantung koroner, kardiomiopati, kerusakan katup jantung, hipertensi, atau tekanan darah tinggi, gangguan pada ritme jantung, hipertiroid atau kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif, diabetes, anemia, radang otot jantung atau miokarditis, serta penyakit cacat jantung bawaan.

Berdasarkan lokasi terjadinya kerusakan, gagal jantung dibedakan menjadi tiga tipe yaitu:

  • Gagal jantung dikarenakan rusaknya katup pemompa jantung
  • Gagal jantung sebab melemahnya otot jantung pada ventrikel kiri yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh
  • Gagal jantung karena kakunya ventrikel kiri yang menyebabkan jantung kesulitan mendapat suplai darah

Gejala atau Pertanda terjadinya Gagal jantung

Terjadinya gagal jantung dapat bersifat kronis maupun akut. Penderita gagal jantung kronis, umumnya mengalami gejala yang berkembang secara bertahap dalam kurun waktu cukup lama. Sedangkan pada penderita gagal jantung akut, gejala terjadi secara tiba-tiba dan langsung dapat berisiko sangat fatal. Oleh karena itu, seseorang yang terserang gagal jantung akut harus segera mendapatkan perawatan medis.

Beberapa gejala umum pada penderita gagal jantung diantaranya adalah kesulitan bernafas, tubuh terasa lelah dan lemah walau hanya melakukan aktivitas ringan, terjadinya pembengkakan pada area pergelangan kaki.

Diagnosis untuk Pasien Gagal jantung

Terdapat beberapa metode diagnosis tes untuk memastikan terjadinya gagal jantung, diantaranya tes darah, ekokardiogram, dan elektrokardiogram. Metode diagnosis tersebut diperlukan guna membantu dokter mengetahui tingkat fungsi atau kinerja jantung pasien. Disamping itu tes diagnosis juga diperlukan dokter untuk mengetahui jenis gagal jantung yang diderita pasien, sehingga dapat membantu dokter menentukan metode pengobatan yang tepat.

Penanganan gagal jantung

Kondisi gagal jantung bukan berarti bahwa jantung seseorang telah berhenti bekerja, akan tetapi menunjukkan kondisi bahwa terjadi penurunan pada kinerja jantung untuk melakukan tugas utamanya yakni memompa darah. Dengan demikian pengobatan pada pasien gagal jantung dimaksudkan untuk membantu mendukung kerja jantung agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

Pada umumnya gagal jantung yang dialami oleh seseorang merupakan kondisi seumur hidup yang tidak dapat disembuhkan. Maka dari itu untuk memperpanjang harapan hidup penderita diperlukan penanganan intensif yang terdiri dari terapi obat-obatan, penggunaan peralatan penopang jantung, atau dilakukannya tindakan operasi bila diperlukan. Disamping itu guna mendukung pengobatan yang dilakukan, gaya hidup sehat juga penting diterapkan oleh pasien.

Tujuan dari penanganan medis untuk penderita gagal jantung meliputi:

  • Membantu kinerja jantung menjadi lebih kuat
  • Meredakan gejala yang dialami
  • Memperpanjang harapan hidup penderita
  • Menurunkan risiko terjadinya serangan jantung mendadak yang dapat mengakibatkan kematian

Pencegahan gagal jantung

Pencegahan merupakan langkah bijak yang dapat ditempuh guna menghindari dampak yang tidak diinginkan akibat penyakit gagal jantung. Merapkan pola hidup sehat adalah kunci utamanya. Beberapa tindakan pencegahan bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat serta terhindar dari penyakit gagal jantung adalah:

  • Konsumsi menu makanan sehat yang mencukupi kebutuhan nutrisi terutama zat besi. Selain dari makanan, zat besi juga dapat anda peroleh dari suplemen.
  • Hindari asupan garam berlebih
  • Hindari obesitas dengan membatasi makanan erkolesterol dan berlemak tinggi
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Hentikan konsumsi minuman keras
  • Olahraga secara teratur untuk membantu memperlancar metabolisme tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here