Ibu Hamil Wajib Tahu Tips Travelling Aman Untuk Ibu Hamil

0
4

Hobi travelling adalah salah satu hobi yang menyenangkan untuk dilakukan. Terkadang karena terlalu senang travelling wanita yang telah berkeluarga bahkan dalam kondisi hamil tidak dapat menghentikan hobi yang satu ini. Ibu hamil harus benar-benar harus bisa menjaga kadungannya, walau begitu ibu hamil juga perlu mendapat kesenangan dan hiburan melalui travelling misalnya.

Bagi anda penggemar travelling, anda tetap bisa melakukan travelling ketika hamil. Ibu hamil bukan berarti tidak dapat melakukan travelling, hanya saja ibu hamil harus mengurangi kegiatan berat dan memperhatikan waktu yang tepat untuk travelling.

  1. Pilih waktu yang tepat

Kehamilan pada minggu-minggu pertama adalah kehamilan yang berat. Kondisi ibu hamil berada pada titik lemahnya karena kehadiran nyawa dalam rahimnya. Rasa mual, pusing, dan perasaan tidak nyaman sering terjadi pada kehamilan di minggu pertama, dalam kondisi ini tentu tidak memungkinkan bagi anda untuk travelling ke suatu tempat.

Dianjurkan bagi anda ibu hamil untuk melakukan travelling pada masa kehamilan bulan ke 4 dan ke 6. Anda juga harus menghindari travelling di waktu-waktu menjelang kelahiran, yakni minggu ke 36-38.

Selain itu, anda juga harus mengkonsultasikan keinginan anda untuk travelling dalam kondisi amil kepada dokter anda. Adakalanya anda memang harus menunda hobi jalan-jalan anda. Jangan lupa juga untuk meminta surat keterangan dokter saat anda akan melakukan travelling, karena beberapa maskapai seringkali meminta surat keterangan dokter terutama jika anda travelling menggunakan pesawat.

  1. Lebih aman naik mobil

Travelling dengan menggunakan mobil lebih aman bagi anda ibu hamil. Walaupun perjalanan menggunakan mobil tidak secepat dan sehemat menggunakan pesawat, namun keamanan travelling bagi ibu hamil akan lebih terjamin. Ibu hamil perlu melakukan pergerakan dan peregangan.

Jika menggunakan mobil, anda akan lebih leluasa untuk berhenti beristirahat dan menghirup udara segar. Yang perlu diperhatikan ketika travelling dengan mobil adalah penggunaan seat belt, jangan gunakan seat belt melintang di atas perut, namun gunakan seat belt tepat di bawah perut untuk menghindari tekanan pada rahim. Selain itu, anda juga perlu membatasi waktu perjalanan anda, ada baiknya jika anda hanya melakukan maksimal 6 jam sehari untuk perjalanan anda baik menggunakan mobil ataupun pesawat.

  1. Sedia makanan sehat

Makanan sehat bagi ibu hamil sangat penting selama perjalanan dilakukan. Selain untuk menjaga kesehatan ibu, makanan sehat juga berfungsi sebagai suplai energy ibu hamil. Selain sebagai sumber energy, makanan sehat juga dapat menjaga kadar gula tubuh tidak drop selama perjalanan. Anda bisa membawa buah-buahan seperti apel atau kismis yang dapat anda jadikan kudapan sehat selama perjalanan. Selain itu, anda harus selalu sedia air putih selama perjalanan. Ibu hamil perlu mengkonsumsi setidaknya 8-12 gelas air putih setiap hari untuk menghindari dehidrasi.

  1. Pilih tujuan wisata yang dekat

Untuk menjaga kandungan anda, ada baiknya jika anda menghindari lokasi-lokasi wisata yang cukup jauh jaraknya. Jika menggunakan pesawat ada baiknya jika anda terbang dan menjatuhkan pilihan wisata ke Negara-egara tetangga yang jarak tempuhnya tak lebih dari 6 jam. Ada baiknya juga jika anda memilih destinasi wisata domestic saja dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil karena lebih aman bagi ibu hamil.

Anda juga harus menentukan wisata apa yang akan anda kunjungi, jika anda mengunjungi tempat tinggi seperti penginapan di gunung, anda perlu ingat bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk tidur di ketinggian diatas 3.600 mdpl.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here