Inilah Aneka Jenis Makanan yang Menyehatkan Jantung anda

0
6

Pola hidup yang sehat hendaknya menjadi tren oleh manusia saat ini. Sebab berbagai penyakit sangat rentan menyerang organ tubuh di segala usia. Dengan menjaga pola hidup sehat maka paling tidak anda akan terhindar dari risiko kematian. Kasus kematian yang terjadi secara tiba-tiba seringkali diakibatkan oleh penyakit organ dalam seperti jantung. Jantung yang terserang penyakit lebih dikarenakan kebiasaan yang tidak sehat seperti banyak mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk jantung.

jantung-sehat

Secara umum penyakit jantung seringkali dipicu oleh seringnya mengonsumsi makanan instan seperti mie instan, dan lain sebagainya. Segala makanan yang instan seringkali memicu timbulnya berbagai penyakit jantung seperti terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan makanan instan memiliki kandungan garam yang sangat tinggi sehingga mampu memicu terjadinya hipertensi.

Nah, agar hidup anda tetap sehat dan terjaga dari berbagai macam penyakit maka anda perlu membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh anda. Pertanyaannya, makanan apa saja yang baik untuk kesehatan tubuh anda?. Berikut adalah beberapa tipe makanan yang harus anda konsumsi untuk mendapatkan pola hidup sehat.

  • Kacang-kacangan

Untuk memenuhi kebutuhan akan serat serta air maka anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan. Khususnya kacang merah yang banyak mengandung fitonutrien dan serta. Dengan memperbanyak memakan kacang-kacangan ini anda juga akan merasa cepat kenyang. Sehingga jika anda sudah memakan kacang-kacangan paling tidak anda tidak perlu lagi mengonsumsi kalori yang berlebihan. Keunggulan kacang-kacangan lainnya adalah adanya antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan sangat berguna mencegah kerusakan yang terjadi pada sel yang disebabkan terjadinya paparan radikal bebas.

  • Biji-bijian

Biji-bijian seperti halnya beras merah, jagung, gandum dan lain-lain memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan jantung anda. Sebab biji-bijian merupakan karbohidrat yang mampu meminimalisir resiko jantung, kanker, obesitas diabetes dan lain sebagainya. Di dalam biji-bijian juga banyak terkandung serat, antioksidan, protein, vitamin B dan lain-lain.

  • Apel

Salah satu buah-buahan yang sangat berguna untuk kesehatan jantung adalah buah apel. Dengan mengonsumsi dua apel setiap harinya maka anda dapat terhindar dari resiko terserang penyakit jantung. Sebab di dalam apel terkandung fitonutrien, quercetin dan pektin yang sangat baik untuk jantung. Selain itu, apel juga berguna untuk mengatus gula darah dalam tubuh.

  • Anggur

Siapa yang tidak kenal dengan anggur. Makanan yang lezat tersebut ternyata mengandung berbagai macam khasiat yang menyehatkan jantung. Selain dapat menangkal penyakit jantung, anggur juga berguna mencegah hipertensi atau darah tinggi. Sebab buah anggur banyak sekali mengandung senyawa quercetin serta serat yang tinggi. Zat quercetin mampu melindungi pembuluh darah dalam tubuh.

  • Teh hijau

Minuman yang satu ini juga mengandung banyak khasiat bagi kesehatan jantung anda. Selain dapat menyegarkan tubuh ternyata the juga mampu menyehatkan jantung. Karena khasiatnya yang tinggi maka tidak heran jika minuman ini sangat favorit di Jepang. Rata-rata orang jepang mengonsumsi 5 cangkit the hijau dalam sehari. Sebab mereka meyakini bahwa dengan meminum the hijau secara rutin maka risiko kematian akibat stroke dan penyakit jantung lainnya dapat diatasi.

Meskipun banyak mengandung manfaat tentunya mengonsumsi the hijau juga harus diimbangi dengan minum air putih serta berolah raga agar kandunga dari the hijau tidak mengendap dalam ginjal. Selain itu mulailah menghilangkan kebiasaan merokok karena merokok sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here