Inilah Jenis-Jenis Masalah Kesehatan dan Penyakit Paru-Paru

0
30

Dalam sistem tubuh, paru-paru tidak dapat dipungkiri adalah salah satu organ vital dengan peran yang sangat penting. Dijelaskan dalam ilmu keseahatan atau medis bahwa paru-paru memiliki fungsi untuk melepasakan karbondioksida dalam darah dan mengambil oksigen di udara. Pentingnya peran inilah yang membuat mengetahui sedikit banyak mengenai kesehatan dan masalah-masalah kesehatan yang dapat menyerang paru-paru menjadi poin yang cukup penting  untuk anda.

Dalam dunia medis sendiri terdapat beberapa masalah kesehatan paru-paru yang memiliki prevelensi/ tingkat kemunculan kasus cukup tinggi, adapun beberapa penyakit tersebut meliputi:

Tuberkulosis( TBC)

Salah satu penyakit paru-paru yang dapat menular melalui cairan tubuh ini( air liur/ ludah)terjadi akibat infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis. Seseorang  yang menderita TBC( Tuberkulosis ini biasanya akan mendapati gejala berupa batuk berdahak dalam waktu kurang lebih 3 minggu. Selain itu, penurunan nafsu makan dan demam juga merupakan gejala lain yang dapat muncul akibat penyakit ini. Penanganan yang cepat dan responsif terkait dengan gajala yang disebutkan sebelumnya adalah tindakan pencegahan yang terbaik, hal tersebut berupa pemeriksaan ke dokter/ medical check up.

Bronkitis

Bronkitis sendiri merupakan gangguan kesehatan paru-paru yang berupa peradangan pada saluran udara menuju ke paru-paru(saluran bronkus). Penyakit yang merupakan salah satu penyakit kronis ini biasanya akan muncul disertai dengan beberapa gejala sebagai berikut:

Batuk berdahak

Penderita bronkitis kebanyakan akan mengalami batuk berdahak berwarna kuning yang merupakan akibat infeksi kuman.

Demam

Dikarenakan penyakit ini disebabkan oleh peradangan, pada umumnya demam akan terjadi sebagai reaksi tubuh terhadap infeksi atau peradangan tersebut.

Sesak napas

Hal ini kebanyakan terjadi pada jenis Bronkitis yang sudah memasuki tahapan akut atau kronis.

Untuk pencegahan penyakit ini, hal yang dapat dilakukan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Anda dapat memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghentikan kebiasaan merokok yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit ini.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia. Sebagian besar catatan kesehatan mengungkapkan bahwa penyebab utama dari munculnya penyakit ini adalah merokok. Zat nikotin yang terdapat dalam rokoklah yang memicu munculnya penyakit paru-paru yang satu ini.  Untuk gejala, penderita yang memiliki penyakit ini biasanya akan mengalami batuk berdarah, sesak napas dan penurunan berat badan. Jika bicara mengenai pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini, maka berhenti merokok adalah pencegahan yang paling utama. Selain itu, anda harus menempatkan diri anda agar sebisanya menghindari menghirup asap rokok( sebagai peroko pasif) dan juga mengonsumsi makanan dengan antioksidan tinggi untuk pencegahan sel kanker.

Emfisema

Sebagian dari anda mungkin masih sedikit asing dengan penyakit yang satu ini, penyakit yang satu ini merupakan keadaan medis dimana alveolus( gelembung-gelembung yang ada di paru-paru) kehilangan keelastisannya. Hal ini dapat terjadi dikarenakan sering menghirup asap rokok maupun kekurangan enzim Alfa-1. Gejala dari penyakit ini terbilang hampir sama dengan penyakit paru-paru lain, yaitu berupa rasa sesak dan penurunan berat badan secara drastis.

Asma

Asma tentunya adalah penyakit yang cukup familiar di telinga anda, asma sendiri adalah penyakit yang dapat terjadi akibat penyempitan saluran pernapasan. Jika bicara mengenai faktor penyebab penyakit ini, maka faktor genetik adalah faktor yang berada pada rank nomor satu. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit asma memiliki kemungkinan besar untuk menderita penyakit ini. Asma sendiri dapat menyebabkan rasa sesak pada waktu tertentu yang dipicu oleh beberapa faktor lingkungan seperti perubahan suhu, debu ataupun keadaan emosional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here