Kenali Gejala Penyakit Stroke dan Cara Mengobatinya

0
5
senior man with headache

Manusia merupakan makhluk yang dianugerahi organ yang begitu berharga yaitu otak. Semua bagian tubuh manusia selalu dikontrol serta dikendalikan oleh bagian-bagian kecil dari otak. Setiap bagian kecil otak memiliki tugas yang berbeda pula. Oleh karena itu serangan penyakit stroke sangat dipengaruhi oleh bagian otak yang terserang. Tingkat keparahan dari penyakit stroke juga sangat tergantung dari tingkat kerusakan bagian dari otak tersebut. Memang gejala stroke tidak dapat dipukul rata bahkan munculnya penyakit stroke lebih sering datang secara tiba-tiba.

Akan tetapi paling tidak untuk mengetahui gambaran umum gejala penyakit stroke adalah sebagai berikut:

  1. Penderita stroke seringkali berbicara dengan bahasa yang tidak jelas atau tatanan bahasanya terbilang kacau. Bahkan, lebih parah dari itu juga ada yaitu tidak mampu berbicara sedikit pun. Meskipun ia dalam kondisi terbangun.
  2. Pada bagian wajah terlihat posisi mulut dan mata agak sedikit turun dari posisi aslinya.
  3. Penderita stroke juga akan mengalami lumpuh di bagian lengan. Oleh sebab itu penderita penyakit stroke sangat sulit untuk mengangkat salah satu lengannya atau keduanya.
  4. Penderita stroke pada awalnya akan mengalami sulit menelan makanan
  5. Gejala datangnya penyakit stroke juga dapat dilihat dari keseimbangan seseorang tersebut. Biasanya pengidap stroke akan cepat hilang keseimbangan.
  6. Penderita stroke juga akan mengalami kesulitan dalam berbicara
  7. Sering pusing dan bahkan pingsan
  8. Penglihatan seorang pengidap stroke akan hilang secara perlahan-lahan
  9. Dan lain sebagainya

Nah, apabila anda menemukan anggota keluarga atau orang lain yang memiliki ciri-ciri tersebut sebaiknya anda segera menghubungi rumah sakit. Penyakit stroke seringkali menyerang orang yang sudah lanjut usia, pengidap penyakit diabetes, dan juga penderita tekanan darah tinggi. Apabila di sekitar anda terdapat orang tersebut maka sebaiknya selalu waspada.

Gejala stroke ringan

Apabila anda mulai mengalami gejala-gejala stroke ringan maka sebaiknya segera periksa kesehatan ke dokter atau rumah sakit yang terdekat. Gejala stroke ringan meskipun datangnya hanya sesaat namun sebenarnya hal itu sama dengan stroke yang parah. Hanya saja waktu terjadinya biasanya hanya beberapa jam saja lalu akan menghilang dengan sendirinya. Meskipun demikian jangan pernah menganggap remeh hal tersebut. Sebab kondisi stroke ringan menandakan bahwa otak anda kekurangan pasokan darah.

Cara mengobati stroke ringan

Pengobatan pada gejala stroke sangatlah dibutuhkan pada tahap-tahap awal munculnya gejala stroke. Selain dapat menyelamatkan nyawa anda, pengobatan tersebut juga sangat berguna bagi anda agar tidak mengalami cacat dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk mengobati stroke ringan, para dokter spesialis memiliki standar pengobatan stroke di antaranya adalah:

  • Jika ada seseorang yang terindikasi gejala stroke maka sebaiknya cepat menghubungi rumah sakit agar dijemput dengan ambulans
  • Bawa penderita stroke ke rumah sakit yang memiliki fasilitas penanganan stroke atau memiliki dokter spesialis
  • Mintalah untuk dilakukan pemindaian seperti CT scan atau MRI scan
  • Tempatkan penderita stroke pada ruangan khusus penderita stroke
  • Bawalah penderita stroke untuk melakukan rehabilitasi bagi penderita stroke
  • Berikan dukungan moral agar mereka merasa seperti orang-orang yang sehat lainnya.

Selain cara di atas anda juga bisa memberikan obat yang berfungsi untuk menghancurkan gumpalan darah seperti alteplase. Meskipun tidak semua penderita stroke cocok dengan obat ini namun paling tidak obat ini dapat bereaksi pada penderita stroke awal. Namun demikian alangkah baiknya apabila anda selalu menjaga kesehatan sebelum datangnya gejala stroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here