Kurangi Kadar Makanan Ini Agar Anda selalu Sehat

0
5

Makan bukan sekedar untuk merasa kenyang. Dari makanan, Anda tentu berharap mendapatkan energi sebagai sumber tenaga, serta vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang berguna untuk tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan begitu, pilihlah makanan yang baik, alami, dan memberi manfaat kesehatan untuk tubuh. Selain itu, Anda juga perlu mencermati kembali, apakah makanan sehari-hari yang selama ini biasa Anda konsumsi ─bahkan setiap hari─ merupakan makanan yang baik atau tidak.

Jangan kaget kalau ternyata sejumlah makanan tertentu yang sering Anda konsumsi ternyata hampir tidak memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Makanan tersebut bisa saja miskin akan zat gizi dan nutrisi, telah dihilangkan sebagian atau seluruh zat gizinya dengan tujuan tertentu, atau justru telah ditambahkan zat-zat tambahan tertentu yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan dan tubuh Anda.

makanan tidak sehat

Mau tahu apa saja?, Inilah beberapa daftar makanan sehari-hari yang sebaiknya tidak Anda konsumsi, atau setidaknya dikurangi.

  1. Roti putih

Roti putih terbuat dari tepung putih, yang meski bahan dasarnya adalah gandum, namun dalam pemrosesannya telah menghilangkan lebih dari separuh zat gizi yang terkandung di dalamnya, termasuk vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Hal ini tentu saja menyebabkan roti putih menjadi miskin gizi dibandingkan roti yang terbuat dari gandum utuh.

  1. Nasi putih

Seperti roti putih, nasi putih telah dipisahkan dari dedak dan kulit ari yang sebenarnya mengandung banyak nutrisi. Karena sifatnya yang karbohidrat sederhana, nasi putih akan diserap cepat oleh tubuh sehingga menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Untuk pilihan yang lebih, nasi putih bisa Anda ganti dengan nasi merah yang lebih kaya serap dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

  1. Daging olahan seperti sosis, ham, kornet, dan sebagainya

Produk olahan daging ini diolah dengan menambahkan natrium nitrit ke dalam adonannya sebagai pengawet dan bahan tambahan lain sebagai pewarna. Sudah banyak studi yang menyebutkan efek nitrit terhadap peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker. Lebih baik, konsumsilah daging organik yang hanya makan pakan yang berasal dari rumput.

  1. Energy bar

Makanan ini dipasarkan dan diiklankan seolah-olah kaya akan protein, sumber tenaga yang rendah kalori, dan merupakan pilihan untuk diet sehat. Tapi nyatanya, makanan ini berisi gula halus, lemak terhidrogenasi, dan bahan aditif berbahaya lainnya yang berkontribusi terhadap penyakit kronis. Meski tidak semua energy bar buruk, tentu saja Anda perlu waspada denganmembiasakan diri selalu membaca label bahan dan isi makanan yang Anda beli.

  1. Margarin

Margarin tersembunyi di segala macam makanan olahan. Margarin mengandung lemak trans yang terhidrogenasi, yang telah menjadi musuh bagi kesehatan sejak lama. Untuk pengganti margarin yang lebih sehat, gunakan extra-virgin coconut oil atau minyak zaitun.

  1. Makanan diet

Banyak makanan menyatakan dirinya sebagai makanan diet yang layak dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet dan ingin menurunkan berat badan. Nyatanya, kebanyakan makanan diet saat ini mengandung pemanis buatan aspartam dan sucralose, yang keduanya, menurut penelitian, disebut sebagai penyebab kerusakan saraf, masalah pencernaan, dan gangguan endokrin. Banyak produk diet juga ditambahkan bahan tambahan untuk menggantikan tempat lemak dan komponen alami lainnya yang telah dihilangkan selama proses pengolahan untuk mengurangi kandungan kalorinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here