Lakukan Tips Belanja Online Aman Ini Agar Anda Tidak Tertipu

0
2

Meskipun saat ini pelung bisnis online menipu semakin kecil, akan tetapi Anda perlu memahami bagaimana belanja online yang tepat dan memilih belanja di toko online yang tepat agar merasakan kenyamanan saat berbelanja.

Secara umum, saat kita sudah sering melakukan transaksi online, biasanya kita secara naluriah akan mudah merasakan dan membedakan mana penjual online yang betulan dan mana penjual online yang akan menipu. Secara umum mereka memang melakukan praktek yang sama berulang-ulang dan menyasar pembeli online pemula.

Agar Anda tidak tertipu saat melakukan pembelian online, maka lakukan pengamatan dan memperhatikan hal-hal berikut:

Usahakan membeli dari toko online yang sudah memiliki website

Saran ini kami letakkan di saran pertama karena memang penjual online yang sungguh-sungguh selalu menghadirkan website sebagai rumah besarnya. Website toko online selalu menyajikan kontak yang jelas dan informasi toko yang lumayan lengkap. Dengan berbelanja pada toko online yang sudah memiliki website, kita juga dapat melihat bagaimana tampilan toko onlie iti dibuat. Toko online yang dibangun denganm sungguh-sungguh selalu telah menghadirkan banyak content untuk mendukung penjualan.

Selain persoalan penampakan profesionalitas, tampilan toko yang meyakinkan disertai dengan presentasi produk yang lumayan detail, toko online dalam bentuk website biasanya juga telah mencantumkan baner polisi online. Dengan demikian Anda dapat yakin transaksi yang Anda lakukan tidak akan sia-sia.

Harga Standart

Penipu memang cenderung ingin mendapatkan hasil yang cepat. Oleh karena itu dia memajang produk yang menggiurkan dengan harga sangat murah, bahkan jauh lebih murah dari harga yang sebenarnya.

Hati-hati, inilah modus yang paling sering berhasil. Seseorang yang telah tergoda untuk memiliki, ditunjang dengan tawaran harga yang sangat murah kadang bisa buat lupa diri, tidak sadar. Hindari produk-produk dengan harga jual jauh lebih hemat, agar Anda dapat menyaksikan dan memahami betul, apakah yang bersangkutan bakal menipu atau tidak.

Transaksi Melalui Rekening Bersama

Jika Anda masih mengalami keraguan dari berbagai informasi yang disampaikan oleh penjual toko online, maka solusi yang aman adalah belanja melalui rekening bersama. Rekening bersama adalah penyatuan transaksi pada satu rekening untuk banyak toko. Pengelola rekber akan memandu Anda bagaimana cara bertransaksi melalui rekening bersama ini, dan Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian transfer penuh jika produk yang Anda beli tidak sampai alamat.

Namun begitu bertransaksi melalui rekening bersama belum tentu aman juga. Pilih pengelola rekening bersama yang juga terpercaya. Atau Anda dapat membeli pada situs terpecaya yang mengelola banyak penjual dan mempraktekkan transaksi layaknya rekening bersama, sepertik Tokopedia.

Pilih Toko Online yang Sudah Terpasang Polisi Online

Saat ini sudah ada website yang bekerja secara mandiri melakukan identifikasi, apakah toko online yang ada terpercaya atau tidak. Jika toko online tersebut sudah terverifikasi oleh polisi online, maka jaminan Anda mendapatkan produk yang sesuai pesanan dapat dipercaya.

Kenali Penjual

Saat bertransaksi, silahkan ditanyakan profil toko atau pengelola tokonya, catat juga kontak dan alamat yang disampaikan. Setelah itu coba Anda googling segala informasi yang disampaikan. Jika ada temuan yang tidak menyenangkan, maka lebih baik Anda urungkan belanja ke toko tersebut

Belanja online adalah salah satu kemudahan gaya hidup modern. Oleh karena itu pula, mulailah Anda memahami bagaimana cara-cara terkini belanja online ini secara menyeluruh. Dengan demikian dipastikan Anda akan tidak akan tertipu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here