Manfaat Membaca Kisah Pengusaha Untuk Mengembangkan Bisnis

0
7

Bisnis adalah area yang penuh dengan resiko. Seorang yang mempunyai IQ tinggi belum tentu bisa sukses dalam berbisnis. Sementara orang yang sukses dalam berbisnis biasanya mempunyai ‘indera’ pebisnis. Mereka sudah peka dengan peluang maupun resiko yang terjadi. Indera tersebut haruslah diasah apabila Anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses.

Indera bisnis itu seperti halnya indera ke enam. Tentu saja yang dimaksud disini bukanlah panca indera yang mampu melihat hal-hal ghaib melainkan lebih kepada kemampuan dalam melihat peluang-peluang bisnis yang ada. Karena sering kali banyak orang yang tidak sadar akan keberadaan peluang-peluang tersebut.

Indera keenam ini merupakan kekuatan untuk memprediksi produk atau jasa apa yang akan diterima dan mendapat respon positif dari masyarakat.

Indera keenam bisnis ini bisa dimiliki oleh semua orang. Anda harus melatihnya agar indera Anda peka dalam melihat peluang sekecil apa pun itu. Bisa jadi, ide gila Anda ternyata bisa menjadi sukses karena sebenarnya banyak orang yang mau.

Salah satu cara untuk melatih indera tersebut adalah dengan membaca kisah pengusaha sebanyak mungkin. Tidak hanya dibaca namun pelajari juga kisah pengusaha tersebut.

Setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing. Apakah orang tersebut mau mengembangkan kelebihan tersebut atau tidak, semua tergantung pada pilihan pribadi masing-masing. Jika Anda bingung apa kelebihan atau bagaimana mengembangkan kelebihan tersebut, carilah inspirasi sebanyak-banyaknya.

Dengan membaca beberapa kisah pengusaha sukses, Anda bisa memilih cara mana yang akan Anda ikuti. Karena setiap orang mempunyai gaya-gaya tersendiri. Anda juga bisa belajat bahwa di balik kesuksesan seseorang dibutuhkan perjuangan dan kesabaran yang luar biasa. Dengan membaca kisah mereka, Anda juga mendapatkan motivasi dari dan dorongan dari luar. Ketika Anda lelah dalam membangun suatu usaha, ternyata Anda tidak sendirian. Banyak orang di luar sana yang mempunyai cerita-cerita yang lebih mengejutkan daripada cerita Anda.

Anda juga bisa belajar dari kegagalan mereka sehingga Anda menghindar dari kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan.

Membaca kisah orang-orang sukses pun bukan hanya digemari oleh mereka yang ingin terjun di dunia penguasa, namun juga digemari oleh orang-orang yang sudah sukses menjadi pengusaha.  Salah satunya adalah CEO MNC Group, seperti yang telah dijelaskan di sindonews.com, beliau mengaku bahwa selain terinspirasi oleh ayahnya, beliau juga mendapatkan banyak inspirasi dari membaca biografi pengusaha sukses. Beliau berpendapat bahwa belajar itu tidak kenal usia. Siapapun, entah tua atau muda, harus selalu belajar. Banyak juga pengusaha yang mendapat kesuksesannya di usia muda, salah satunya adalah Mark Zuckerberg, ia adalah seorang pendiri facebook yang membangun facebook sejak usianya 20 tahun. Dan masih banyak lagi kisah-kisah pengusaha sukses yang usianya jauh lebih muda daripada Mark Zuckerberg.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kisah-kisah kesuksesan maupun kegagalan seorang pebisnis. Apa yang membuat mereka sukses dan mengapa mereka memilih bisnis tersebut.

Banyak sekali pengusaha yang mau membagikan kisahnya baik berbentuk buku, website, atau wawancara. Bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses, tidak ada salahnya untuk membaca kisah sukses pengusaha kemudian pelajari teknik-teknik apa yang mereka terapkan.

Siapapun bisa membaca kisah pengusaha sukses, namun tidak ada jaminan orang tersebut akan sukses. Tentu semua tergantung bagaimana Anda mengaplikasikan apa yang telah Anda baca.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses maka bacalah kisah pengusaha sukses. Karena hakikatnya, dalam beberapa tahun kedepan, Anda akan menjadi apa yang sering Anda baca dan pikirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here