Sejuta Manfaat Oats Bagi Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Jantung

0
24

Articles.id – Oat merupakan salah satu jenis gandum yang kaya akan gizi. Oats seringkali dijadikan makanan oleh penderita alergi terhadap gandum. Oats mengandung protein dan mineral yang mampu membantu pembentukan tulang, gigi, serta jaringan ikat yang kuat. Secara umum oats berguna untuk meningkatkan energi tubuh dan mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Di dalam oats juga terkandung kadar fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Oats adalah makanan yang sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Secara tradisional oats dianggap sebagai makanan yang sangat baik khususnya dalam pemulihan kesehatan, terutama pada wanita yang baru saja mengalami persalinan. Hal tersebut dikarenakan oats mampu memperkuat sistem saraf dan mampu memberikan efek penenang serta relaksasi.

Dalam suatu penelitian juga disebutkan bahwa oats mampu memberikan efek positif khususnya bagi para penderita gejala penyakit fisik maupun setelah berhenti merokok, atau kecanduan obat-obatan.

Pengaruh oats terhadap kesehatan pencernaan

Oat merupakan makanan yang banyak mengandung serat yang dapat larut. Oat dapat bekerja pada sistem pencernaan dalam beberapa cara. Oats juga mampu meningkatkan proses pencernaan serta mencegah sembelit atau meredakan gejala gangguan pencernaan. Oat juga sangat baik bagi sistem pencernaan khususnya pada saat mengalami penyakit radang lambung serta gangguan usus.

Di samping itu oat juga berkhasiat untuk membersihkan makanan serta segala jenis penyebab penyakit kanker yang melewati usus. Oat juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker usus. Oat akan mengurangi penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah serta menstabilkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi oat juga akan mampu memberikan efek tenang bagi orang yang biasanya sering mengalami perasaan hati yang tidak menentu.

Secara garis besar oat sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan serta memelihara kesehatan jantung. Sebab serat yang terkandung pada oat merupakan serat yang dapat larut dan akan membantu menurunkan kadar kolesterol serta memperbaiki kesehatan jantung secara menyeluruh dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Oat juga mengandung zat besi dengan kadar yang cukup tinggi sehingga dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah serta memperlancar fungsi sel darah merah dalam proses membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, oat juga dapat mengatasi kekurangan darah merah yang diakibatkan kurangnya zat besi. Terutama bagi wanita yang sedang mengalami haid berat. Oat juga mampu memberikan stimulasi kelenjar tiroid. Kelenjar ini bertugas memproduksi hormon yang mengatur metabolisme makanan serta mengubah makanan menjadi energi.

Oats mampu menurunkan kolesterol dalam darah

Asosiasi Food and Drug Administration pada tahun 1997 mengumumkan bahwa oat memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh khususnya bagi kesehatan jantung yaitu dengan cara menurunkan kolesterol dalam darah. Oats mampu menurunkan kolesterol yang berhubungan dengan kandungan serat beta-glucan yang mampu memindahkan kolesterol dari pembuluh darah kemudian membuangnya bersama kotoran. Secara sederhana, orang yang memiliki kolesterol tinggi yaitu di atas 220 mg/dl kemudian ia mengonsumsi satu mangkuk oats setiap hari maka kolesterolnya akan turun kurang lebih sebanyak 8-23%.

Di Amerika Serikat atau negara maju lainnya terdapat jenis oats yang diyakini mampu menurunkan kolesterol darah dalam jumlah tinggi. Oats tersebut disebut oat bran. Oat bran ini mengandung serat beta-glucan yang sangat luar biasa tinggi. Dengan mengonsusi oat bran sehari saja akan dapat menurunkan kolesterol total sebesar 19% serta kolesterol LD 23%. Tentu hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh serta jantung khususnya.

Oats mampu menurunkan gula darah

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, oats juga sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes. Serta beta-glucan yang terdapat dalam oats memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes yang mengonsumsi oatmeal akan mengalami penurunan gula darah apabila dibandingkan dengan diabetes yang mengonsumsi roti atau nasi saja setiap harinya.

Untuk merubah karbohidrat oats menjadi glukosa juga membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga glukosa tidak dapat menumpuk dalam darah. Oats juga sangat kaya magnesium. Zat ini sangat berperan dalam mempengaruhi penggunaan glukosa serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam membuat insulin.

Oats mampu mencegah terjadinya sembelit serta kanker usus

Beta-glucan yang terdapat pada oats juga dapat mencegah penyakit sembelit serta dapat meringankan risiko gangguan usus besar seperti kanker usus besar, dan wasir. Serta yang terkandung dalam oats bekerja secara maksimal dengan cara membentuk gel yang lengket pada saluran pencernaan yang mana gel tersebut berguna untuk melapisi dinding sel supaya terhindar dari goresan yang akan memicu kanker usus.

Oats berfungsi memperkuat imunitas

Serat yang terdapat pada oats juga dapat berfungsi dalam meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri. Beta-glucan tidak hanya membantu mengarahkan neutrophil atau sel yang berperan dalam imunitas tubuh untuk menuju ke daerah yang terkena infeksi dalam lebih cepat. Akan tetapi oat juga bermanfaat meningkatkan kemampuan neutrophil untuk memusnahkan bakteri.

Oats berfungsi sebagai antioksidan

Dalam menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung, tubuh membutuhkan antioksidan yang cukup. Oats mengandung antioksidan yang disebut dengan arenanthramide yang mampu mencegah terjadinya serangan radikal bebas terhadap kolesterol LDL (Law Density Lipoprotein). Antioksidan yang terkandung pada oats mampu melindungi LDL kolesterol dari proses oksidasi kemudian akan meningkat dengan adanya vitain C. untuk itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi segelas jus jeruk pada saat mengonsumsi oatmeal agar antioksidan yang dihasilkan semakin maksimal.

Oats mampu mencegah terjadinya anemia serta osteoporosis

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat kurang lebih 50% perempuan yang berusia di atas 20 tahun mengalami kekurangan nutrisi esensial. Misalnya asam folat, kalsium, vitamin A dan E, serta zat besi. Hal inilah yang mengakibatkan kebanyakan wanita mudah terserang anemia dan juga osteoporosis.

Dengan mengonsumsi oats maka penyakit anemia dan osteoporosis akan terhindar karena nutrisi esensial yang terkandung pada oats dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Oat yang dikonsumsi secara teratur akan dapat merubah kolesterol yang terkandung dalam darah menjadi asam empedu yang kemudian dilepas ke usus halus untuk membantu mencerna lemak dari makanan.

Oats mampu menurunkan kadar kolesterol

Penyakit jantung koroner seringkali menjadi momok yang menakutkan, khususnya di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah banyak masyarakat yang menderita kolesterol tinggi sehingga berakibat pada penyakit jantung koroner. Sebenarnya agar terhindar dari penyakit jantung sangatlah mudah yaitu dengan memperhatikan pola makan serta gaya hidup sehat yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat larut air. Semua produk makanan yang berbahan dasar oats akan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan akan menjaga kesehatan jantung.

Dari paparan di atas dapat diketahui bahwa untuk memiliki kesehatan tubuh sangatlah mudah yaitu dengan cara memperbaiki kualitas konsumsi makanan. Salah satu makanan yang terbukti berkhasiat menyehatkan tubuh adalah oats. Untuk itu mari mengganti makanan yang kurang sehat dengan oats agar kesehatan jantung, kesehatan paru-paru, serta kesehatan tubuh secara utuh dapat terjaga maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here