Ternyata Belanja Online Lebih Mudah dan Menyenangkan

0
5

Belanja online itu. mudah karena anda sama sekali tidak harus melakukan banyak hal yang menunut Anda keluar rumah. Dan juga menyenangkan karena pada saat belanja online, pada dasarnya komunikasi Anda dengan penjual sangat dekat, karena Anda mendapatkan kontak langsung dari penjual.

Tidak semata itu. Gaya hidup belanja online sebetulnya telah merangsang keseluruhan aktifitas kita lebih produktif. Hal ini karena dari sisi waktu, tenaga dan pikiran Anda jauh lebih efektif dan efisien. Apalagi bagi Anda yang menyadari betapa pentingnya waktu untuk Anda nikmati. Menikmati waktu bukan semata untuk keluarga, sahabat, hal-hal konsumtif ataupun hiburan. Belanja online telah menghemat waktu agar segala waktu Anda lebih produktif.

Mudah, Tidak Perlu Keluar Rumah

Ini adalah gambaran betapa nikmatnya bertransaksi atau melakukan pembelian secara online. Saat Anda bersantai dengan keluarga, mengasuh anak atau menemani orang tua sekalipun masih dapat melakukan pembelanjaan. Anda tinggal melakukan kewajiban Anda sebagai pembeli, maka pesanan Anda akan diantar sampai rumah. Ini tentu kemudahan yang sangat berarti dibandingkan belanja secara tradisional dimana Anda harus meluangkan jauh lebih banyak waktu, tenaga dan juga pikiran.

Dapat Membandingkan dengan Banyak Penjual Lain

Kemudahan belanja onlie lagi adalah kesempatan Anda untuk membangingkan banyak produk dari jenis produk yang Anda beli. Ada ratusan penjual di toko online yang dapat Anda pilih penjelasan detail produknya sesuai dengan yang Anda inginkan. Hal ini sangat membantu Anda mendapatkan referensi produk sejenis yang berbeda-beda, kualitas yang berbeda-beda, dengan perbandingan harga yang berbeda pula. Hal ini tentu jauh lebih mudah jika Anda harus membandingkan dengan mendatangi satu toko darat ke toko lainnya yang belum tentu jaraknya dekat.

Kenal dengan Penjual

Saat ini banyak sekali ibu rumah tangga ataupun para pebisnis online yang mengendalikan toko onlinenya dari rumah. Dengan belanja online pada mereka, pada dasarnya Anda sedang melakukan pertemanan dengan orang-orang baru yang kreatif, cerdas dan juga berwawasan luas. Lebih-lebih jika penjual yang Anda kenal ternyata mengalami keberhasilan.

Perkenalan penjual dan pembeli yang kemudian terjalin komunikasi persahabatan sudah jamak terjadi. Hal ini dikarenakan para pembeli toko online memiliki kontak penjual yang memungkinkan tetap terjalin komunikasi diluar transaksi jual beli. Dan tidak menutup kemungkinan pada saat Anda melakukan traveling yang lokasinya dekat dengan langganan anda membeli produk, Anda dapat menyempatkan waktu untuk mengunjungi atau bersilaturrohim.

Gambaran kemudahan dan senangnya belanja online di atas adalah gambaran belanja online di Indonesia. Memang di negara ini banyak sekali toko online yang dikelola oleh ibu rumah tangga atau orang rumahan. Hal ini berbeda dengan situs-situs toko online luar negeri yang toko onlinnya rata-rata dikelola secara profesional, dan sedikit sekali menghadirkan sentuhan manual manusia.

Tentu saja ini bukan masalah karena memang karakter umum masyarakat Indonesia adalah masyarakat sosial dengan simbol dan perilaku sosial yang tidak individualis. Masyarakat Indonesia secara umum justru senang dengan cara-cara manusiawi, dimana pelayanan pelanggan disampaikan layaknya kita berbelanja di pasar tardisional. Dapat melakukan penawaran, menyampaikan keluhan dengan cara baik, begitupun berterimakasih dan memberikan testimoni dengan bahasa yang lues dan manusiawi.

Yang terpenting bagi Anda saat mau berbelanja secara online adalah memahami bagaimana syarat dan ketentuan berbelanja online. Secara umum toko online memberikan ketentuan yang tidak jauh berbeda, kecuali toko online yang sduah tersistemasi otomatis dengan toko online yang dikelola secara manual oleh penjualnya. Dalam bentuk apapun toko online itu didesain, tetap saja sebenarnya belanja online itu mudah dan menyenangkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here