Tips Merintis Bisnis Online dengan Modal Smartphone

0
5
Flat design vector illustration. E-commerce, shopping & delivery

Bisnis online memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan karena selain bisa menjadi penghasilan tambahan, pemasukan yang dihasilkanpun tidak kalah besar dengan bisnis-bisnis darat lainnya. Tak hanya itu, bisnis online juga hanya mengharuskan sedikit modal, bahkan nyaris tanpa modal. Dengan hanya mengandalkan smartphone atau telpon pintar dan koneksi yang dimiliki di dunia maya, seorang pebisnis online sudah bisa meraup keunutngan besar. Dewasa ini, smartphone telah menjadi gadget populer yang umum dimiliki masyarakat dari kalangan manapun. Karena itu untuk memulai bisnis online, memiliki smartphone dan keterampilan mengoperasikannya sudah bisa menjadi modal utama dan pertama Anda.

Smartphone untuk bisnis online

Namun demikian, seperti juga beberapa orang yang masih kebingungan tentang produk apa yang akan dijual atau jasa apa yang akan mereka tawarkan, Anda barangkali juga didera kebingungan yang sama. Memulai bisnis online memang tak semudah berinteraksi dengan kontak yang Anda miliki di berbagai aplikasi media sosial yang ter-install di smartphone Anda. Anda harus memiliki ‘sesuatu’ untuk ditawarkan, baik itu barang maupun jasa. Untuk mendapatkan gagasan mengenai hal ini, Anda bisa memerhatikan beberapa point berikut;

Menjual Produk dan Menawarkan Jasa yang Sudah Ada

Jika Anda memiliki bisnis di dunia nyata, baik dalam distribusi sebuah produk, produksi sebuah barang (semisal dalam home industry) ataupun penyedia/perantara jasa, Anda bisa memperluas konsumen Anda menggunakan smartphone dan aplikasi media sosial yang Anda gunakan di dalamnya. Katakan misalnya Anda memiliki bisnis sebagai penyedia jasa jahit baju seragam. Untuk bisa bersaing dengan pejahit-pejahit lain di daerah Anda, Anda bisa mengiklankan usaha tersebut di dunia maya.

Dengan usaha semacam ini, Anda sebenarnya tengah memanfaatkan dua kesempatan. Yang pertama adalah semakin mengembangkan bisnis yang telah Anda miliki dan yang kedua adalah membangun basis pelanggan dan pembeli di dunia maya. Ketika Anda memiliki banyak kontak di aplikasi media sosial dalam smartphone Anda, Anda akan lebih mudah menawarkan produk-produk atau layanan lain yang merupakan pengembangan dari bisnis menjahit. Karena itu, selain mengembangkan, Anda sebenarnya juga tengah merintis usaha baru.

Menjadi Agen Sebuah Brand

Tak sedikit pengguna smartphone yang merintis bisnis online dengan menjadi agen sebuah brand atau produk yang sudah terkenal semisal Tupperware, Sophie Martin, Ifa, Nano, HWI dan lain sebagainya. Brand-brand tersebut tidak jarang menggunakan sistem rekrutmen anggota baru ala MLM sehingga jika Anda tertarik untuk menjajal cara yang satu ini, Anda tidak akan kesulitan mencari upline. Anda bahkan akan dicari karena target anggota dalam brand-brand tersebut, selain menjual produk, juga mencari downline.

Kelebihan dari sistem ini adalah karena brand yang Anda usung umumnya telah teruji kualitasnya sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari pembeli karena biasanya mereka berasal dari segmentasi yang sama. Anda tinggal membidik segmen tersebut kemudian melakukan promosi kecil. Dengan sekejap dan hanya bermodalkan smartphone, dagangan Anda bisa laris manis dan Andapun dapat menikmati keuntungan berlimpah. Anda juga tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari downline sebab Anda bisa mendapatkannya dari kontak yang telah Anda miliki di media sosial.

Menjadi Supplier atau Staff Marketing

Supplier atau staff markating sebenarnya tidak jauh berbeda dengan agen,  hanya saja umumnya produk atau jasa yang Anda pasarkan melalui smartphone tidak menggunakan sistem MLM. Ini biasanya dapat Anda akses secara kultural dari sahabat atau kerabat. Teman Anda yang memiliki jasa tertentu atau memproduksi barang tertentu dapat memercayakan marketing-nya kepada Anda dan Andapun bisa memasarkan jasa atau produk tersebut melalui media sosial yang Anda ikuti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here