Tips Sukses Berbisnis dengan Memanfaatkan Ide-Ide Sederhana

0
5

Untuk membangun kerajaan bisnis memang tidak memerlukan pendidikan yang tinggi. Sebab, faktanya banyak sarjana bisnis tapi mereka tidak berani memulai membuka usaha. Yang dibutuhkan untuk membangun suatu bisnis adalah kemauan dan kemampuan dalam menentukan ide bisnis yang akan dikembangkan. Ide bisnis yang bisa diterima oleh pasar tentu akan memiliki prospek yang cerah. Sementara ide bisnis yang terkesan biasa saja bisa dipastikan tidak akan lama bertahan di dunia online.

Siapapun anda dan apapun latar belakang anda saat ini sebenarnya mampu mendapatkan ide bisnis yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi suatu usaha. Apalagi ide bisnis tersebut belum pernah dipikirkan oleh orang lain. Untuk mendapatkan ide yang spektakuler sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan, di dunia ini terlalu banyak ide bisnis yang bertebaran yang dapat anda pilih dan tekuni. Hanya saja untuk memilih satu ide besar itu perlu kejelian tersendiri.

Ide bisnis memang banyak bahkan selalu ada di sekeliling setiap manusia tapi sedikit yang mengikatnya. Inilah kesalahan para calon pengusaha yang kurang jeli terhadap kondisi. Baik itu ide bisnis online maupun ide bisnis offline semuanya bisa anda jadikan peluang bisnis. Intinya adalah anda harus membiasakan untuk mengikat atau mencatat segala ide yang pernah terpikirkan dalam otak anda.

Nah, berikut ini adalah sebagian kecil ide sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengikat ide besar yang bisa anda manfaatkan menjadi peluang bisnis.

Mulai Perhatikan sekeliling anda

Ide bisnis besar bisa jadi datang dari mana saja, termasuk dari ide yang ada di sekeliling anda. Cara ini terlihat begitu sederhana dan muda. Anda tidak perlu berkonsultasi dengan pakar, anda tidak perlu sekolah, bahkan anda tidak perlu menyewa jasa konsultan dengan keluar uang. Yang anda perlukan hanyalah perhatian penuh kepada sekeliling, apa saja hal-hal penting yang bisa disulap menjadi suatu usaha.

Barangkali, di sekitar anda ada warnet, warung makan, toko pakaian, toko buah, dan lain-lain. Ketika melihat ladang bisnis tersebut mungkin anda berpikir, kira-kira usaha apa lagi yang bisa saya tekuni yang berbeda dengan usaha yang sudah ada tersebut agar tidak ada saingannya?. Pikiran tersebut tergolong wajar saja. Tapi pernahkah anda merenung bahwa apa yang anda lihat adalah gambaran bisnis yang bisa anda tekuni juga. Bisnis tidak meski harus berbeda dan tidak ada saingannya. Bahkan, sangat sedikit sekali bisnis yang tidak ada duanya.

Nah, dari ide sederhana tersebut kenapa anda tidak mencoba berbisnis makanan?. Mungkin anda akan berpikir, ah sudah banyak yang berjualan makanan. Pernahkan anda pikirkan, warung makan mana yang tidak ada pembelinya?. Hampir bisa dipastikan semua warung makan tetap buka dan tetap ada pembeli. Artinya, meskipun bisnisnya sama tapi biarkan pembeli yang menentukan pilihannya untuk belanja.

Membangun Bisnis dari Ide Hobi

Hampir setiap orang memiliki hobi. Mulai dari hobi bermain bola, hingga hobi menonton bola. Nah, hobi sesederhana apapun juga bisa menjadi ladang usaha bagi anda. Intinya, seriusi apa yang anda suka dan rumuskan model bisnisnya. Misalnya, karena anda hobi nonton bola, anda bisa menulis blog dan bermain di bisnis adsense tentang informasi bola. Atau anda juga bisa membuka lapak makanan ringan dan kopi dengan sajian nonton bola bareng. Dengan sedikit memutar otak maka hobi apapun yang anda suka akan dapat mendatangkan rizki.

Selama hobi anda tersebut mampu dinikmati orang lain maka bisnis yang anda kerjakan berdasarkan hobi itu pun akan laris. Misalnya, anda hobi merawat bunga. Dari hobi merawat bunga tersebut anda bisa memulai memikirkan bagaimana cara berjualan bunga hias yang mampu mendatangkan uang.

Selain hal di atas tentu masih banyak lagi ide-ide sederhana yang dapat anda tekuni untuk menjadi ladang bisnis. Silahkan kembangkan potensi anda dari sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here