Hindari 10 Hal Ini Jika Anda Menderita Penyakit asma
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / 10 Hal Yang Harus Dihindari Saat Terserang Penyakit Asma
penyakit asma

10 Hal Yang Harus Dihindari Saat Terserang Penyakit Asma

Penyakit asma adalah jenis penyakit peradangan yang ditandai dengan terjadinya penyempitan pada saluran pernafasan. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit asma berupa sesak nafas, batuk, dan sakit dada. Hingga saat ini belum ditemukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit asma secara total. Biasanya, penderita asma menghirup obat pelega (bronchodilator) untuk meringankan gejalanya saja.

Terdapat beberapa hal yang memicu kambuhnya penyakit asma, seperti polutan dan makanan tertentu (seperti alkohol, makanan berlemak, dan berlendir). Berikut 10 hal yang harus dihindari oleh penderita penyakit asma:

  1. Debu

Debu merupakan salah satu faktor yang dapat merangsang alergi dan memicu serangan asma. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan masker saat keluar rumah ataupun sedang bersih-bersih ruangan.

  1. Alergi makanan

Beberapa makanan tertent dapat menjadi pemicu munculnya serangan asma. Jenis makanan yang menyebabkan asma kambuh, seperti coklat, udang, pepaya, durian, gandum, makanan bersantan, kacang-kacangan, ikan, dan kedelai. Selain itu, makanan yang mengandung bahan pengawet buatan juga memicu serangan asma.

  1. Bunga

Serbuk sari dari bunga juga menjadi salah satu factor pemicu serangan asma. Apabila anda menderita penyakit asma, maka sebaiknya jangan memelihara bunga di dalam ruangan. Namun apabila menginginkan merawat bunga, sebaiknya letakkan di luar ruangan agar terkena sinar matahari. Di samping itu, pastikan untuk memetik bagian bunga yang telah mati.

  1. Olahraga berat

Pada saat melakukan olahraga berat terlalu lama, awalnya kita menghirup udara hangat dari hidung. Namun lama-kelamaan, kita cenderung bernafas melalui mulut dengan menghirup udara yang kering serta dingin. Perubahan suhu dan kelembaban udara yang kita hirup tersebut dapat memicu terjadinya kontraksi dan menyebabkan saluran pernafasan menjadi sempit. Akibatnya, serangan asma pun akan kambuh.

  1. Aroma masakan

Bagi sebagian besar orang, aroma masakan pada menjadi sesuatu yang menggiurkan. Namun bagi penderita asma, aroma makanan bersifat iritan yang dapat memicu serangan mendadak.  Untuk menghindari aroma makanan yang terlalu menyengat, sebaiknya pasanglah jendela yang luas di ruangan dapur. Anda juga dapat memasang blower untuk mengurangi asap dari makanan.

  1. Asap rokok

Asap rokok mengandung ribuan senyawa radikal bebas yang dapat memicu serangan asma dan mengiritasi organ paru-paru. Seorang ibu hamil yang mempunyai kebiasaan merokok akan mempunyai anak dengan tingkat risiko tinggi mengidap asma. Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan hindari asap rokok yang dihembuskan oleh orang lain.

  1. Obat nyeri

Mengonsumsi obat-obatan nyeri (seperti aspirin, antiinflamasi non steroid) secara berlebihan tanpa pengawasan dokter dapat memicu serangan asma. Pastikan mengonsumsi obat nyeri sesuai dengan resep dokter.

  1. Cuaca ekstrim

Perubahan cuaca yang ekstrim, seperti dari panas lalu mendadak dingin dapat memicu timbulnya serangan asma. Sebaiknya hindari keluar ruangan saat terjadi perubahan cuaca yang ekstrim.

  1. Binatang peliharaan

Beberapa binatang tertentu dapat menjadi pemicu serangan penyakit asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anjing dan kucing dapat membahayakan bagi penderita asma. Biasanya bagian tubuh binatang yang menyebabkan alergi adalah air liur, bulu, kulit binatang, serta partikel rambutnya. Oleh karena itu, sebaiknya penderita asma menghindari memelihara binatang di rumah.

  1. Gangguan emosional

Emosi, stres, cemas, dan despresi merupakan contoh gangguan emosi yang dapat memicu perubahan denyut jantung menjadi lebih cepat. Akibatnya, saluran pernafasan menyempit dan pernafasan pun menjadi dangkal. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya serangan asma.

Itulah 10 kondisi yang harus dihindari apabila anda memiliki penyakit asma. Bahaya penyakit asma memang tidak bisa diprediksi. Dampak penyakit asma bisa sangat fatal bagi kesehatan tubuh.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *