11 Cemilan Sehat Ini Berkhasiat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

0
55

Mengemil selalu dikaitkan dengan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan obesitas. Padahal, tidak semua jenis cemilan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan ringan tertentu malah dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai cemilan di sela-sela waktu senggang.

Makanan ringan yang dianjurkan sebagai cemilan adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Ya, selain memberikan efek positif bagi tubuh, cemilan yang sehat juga mampu menjaga kesehatan kulit. Jadi, anda akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus, yaitu sehat dan cantik.

Dikutip dari beauty and tips, berikut 11 cemilan sehat untuk menjaga kesehatan kulit:

  1. Apel

Buah apel salah satu camilan yang tepat dikonsumsi untuk menu diet sehat. Buah apel kaya akan vitamin yang berperan sebagai antioksidan kuat, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit. Buah apel juga mengandung sejumlah mineral dan serat. Kandungan di dalam buah apel berkhasiat mengontrol berat badan, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan gigi, mencegah mulut menjadi bau dengan mengurangi tingkat bakteri, serta membantu detoksifikas hati.

  1. Coklat hitam

Coklat hitam memang sedikit berasa pahit, namun khasiat yang terkandung di dalam coklat hitam dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Di dalam coklat hitam terkandung flavonolĀ  (antioksidan tinggi), vitamin, dan mineral (magnesium, tembaga, zat besi, dan kalium). Kandungan di dalam coklat hitam dapat merangsang hormon endorphin (hormon pemicu rasa senang) dan serotonin yang berguna sebagai anti despesi dan penghilang stress. Sehingga akan timbul rasa bahagia saat anda menikmati coklat hitam. Selain itu, coklat hitam dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan melindungi kulit dari efek radikal bebas.

  1. Blueberry

Blueberry juga merupakan alternative makanan yang dapat dikonsumsi sebagai cemilan sehat. Blueberry mengandung zat antioksidan kuat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral. Kandungan di dalam blueberry dapat membantu meningkatkan kinerja otak, melindungi tubuh dan kulit dari efek radikal bebas, dan mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, bluberry juga dapat mengurangi lemak di perut dan mempunyai kandungan rendah kalori sehingga tepat digunakan untuk makanan diet anda.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Alpukat kaya akan kandungan vitaminnya, seperti vitamin B, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan di dalam alpukat berguna untuk menjaga kesehatan hati, dan mencegah terjadinya kanker. Di samping itu, alpukat juga menggandung serat yang membantu proses metabolism tubuh sehingg dapat membuat tubuh tetap ramping. Sedangkan kandungan asam oleat di dalam alpukat berguna untuk memelihara kesehatan kulit, sehingga tak heran jika kandungan asam oleat ini sering dimanfaatkan di industri-industri kosmetik.

  1. Teh Hijau

Teh hijau salah satu minuman yang sudah terkenal khasiatnya sejak ribuan tahun silam. Tehh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat berkhasiat melawan kanker, radikal bebas, membersihkan racun dari dalam tubuh, memelihara keremajaan kulit, serta menguranggi stres. The hijau meupakan salah satu rahasia kecantikan gadis di Cina dan Jepang dalam merawat kulitnya.

  1. Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi sebagai cemilan. Kacang mempunyai kandungan asam lemak omega 3, serat, dan vitamin E. Kandungan asam lemak omega 3 berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan memelihara kesehatan kuit. Sedangkan kandungan vitamin E berperan sebagai antioksidan kuat yang berguna untuk perbaikan DNA dan meningkatkan system imun tubuh. Beberapa jenis kacang-kacanggan yang mempunyai kandungan tinggi vitamin E, seperti kacang almond dan kacang hazelnut. Hal yang perlu diingat, kacang mempunyai kandungan tinggi kalori, sehinggadapat memberikan rasa kenyang dengan cepat dan anda tidak harus mengonsumsinya secara berlebihan.

  1. Wortel

Wortel adalah sayuran yang seing digunakan sebagai pelengkap dala masakan sup. Wortel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin, vitamin E, serat, karotin, dan mineral. Kandungan di dalam wortel berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, memelihara kesehatan mata, melancarkan pencerrnaan, dan menjaga kesehatan kulit.

  1. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman manis yang tak hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh. Air kelapa mengandung vitamin, mineral, dan sejumlah gula alami. Kandungan di dalam air kelapa berguna memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperlancar metabolisme, membantu menurunkan berat badan, serta membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang berasal dari gandum sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Oatmeal mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin K dan vitamin E. Kandungan di dalam oatmeal dapat membantu melancarkan prroses pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan camilan sehat yang membatu pencernaan. Yogurt kaya akan kandungan kalsium dan vitamin yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan usus, dan menurunkan kadarr kolesterol. Yogurt juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang berperan dalam mencerahkan kulit.

Demikianlah 11 cemilan yang sehat untuk menjaga kesehatan kulit. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here