13 Tips Untuk Memperoleh Rambut Yang Sehat Dan Berkilau

Posted on

Rambut merupakan mahkota paling berharga yang dimiliki manusia, utamanya wanita. Memilki rambut indah nan sehat adalah dambaan setiap orang. Bagi anda yang memiliki rambut panjang tentu anda akan sering bereksperimen dengan rambut panjang anda, baik itu dikuncir, digelung, dikepang, dijepit dengan jepit rambut imut, dan sebagainya.

Sedangkan bagi anda yang memiliki rambut pendek atau sedang, anda juga bisa tampil feminim dengan menambahkan aksesoris seperti jepit rabut pada sebagian sisi rambut anda atau sekedar mengenakan bandana saja.

Namun tahukah and? Meskipun bereksperien dengan rambut sangat menyenangkan, terkadang anda juga tak memperhatikan kondisi rambut anda karena proses-proses eksperimen yang anda lakukan, bisa jadi masalah-masalah rambut menyerang anda.pada dasarnya setiap jenis rambut baik panjang maupun pendek memiliki masalah yang sama.

Masalah-masalah yang terjadi pada rambut dapat menyebabkan kecantikan diri menjadi berkurang dan menimbulkan rasa minder.

Pada dasarnya masalah-masalah pada rambut dapat ditilik dan dicegah sejak awal. Caranya adalah dengan memperhatikan kondisi visual rambut anda, cek kondisi rambut anda mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Kulit kepala

Anda dapat mengecek kondisi kulit kepala anda dengan menggunakan cermin atau mintalah bantuan pada teman atau keluarga anda. kulit kepala yang sehat adalah kulit kepala yang bersih bebas dari ketombe dan kutu rambut. Kulit kepala yang sehat juga tidak terdapat radang, luka, maupun ruam-ruam merah.

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang paling sering dijumpai. Ketombe timbul karena kondisi rambut yang kotor, bisa akibat polusi, stress, keringat atau karena rambut yang jarang dibersihkan.

Namun tak jarang juga oang yang rajin keramas namun tetap memiliki ketombe, hal ini mungkin saja disebabkan karena proses pembilasan rambut saat keramas yang kurang bersih, busa sampoo yang masih melekat atau tertinggal merupakan salah satu penyebab utama timbulnya ketombe. Maka sering-seringlah membersihkan rambut untuk menghindari ketombe, bersihkan rambut setidaknya 2 hari sekali, dan pastikan bahwa anda membilas busa sampoo hingga bersih.

Akar rambut yang tidak kuat menyebabkan rambut rontok. Rambut yang terlalu banyak rontok merupakan indikasi bahwa rambut tidak sehat. Anda dapat mengecek kekuatan akar rambut dengan menyisir perlahan rambut anda dengan jari tangan mulai dari pangkal rambut hingga ujung.

Jika anda mendapatkan banyak abut yang tercerabut dari kepala, bisa jadi rambut anda sedang rapuh. Kondisi akar rambut yang rapuh bisa disebabkan karena asupan gizi yang kurang. Maka anda perlu menengok kebali menu makan anda, pastikan menu 4 sehat 5 sempurna benar-benar masuk kedalam pencernaan anda.

Batang rambut yang sehat adalah bang rambut yang halus, kokoh, berkilat, tidak mudah patah, dan menyenangkan untuk disentuh. Batang rambut yang sehat juga berwarna hitam khas rambut asia, kecuali jika terdapat gen dari rambut yang tidak hitam seperti orang eropa dan sebagainya.

Batang rambut sangat rentan terkena banyak masalah rambut karena batang rambut adalah tempat dimana proses eksperimen yang anda lakukan terjadi, misalnya pengritingan, pewarnaa, penghalusan, dan sebagainya. Kondisi batang rambut yang pecah-pecah dan mudah patah perlu penanganan khusus dengan sampoo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut. Anda juga dapat melakukan creambath secara rutin untuk mengobati batang rambut yang rusak.

Ujung rambut

Tak banyak orang yang memperhatikan bagian ujung rambut, karena jika bagian akar dan batang rambut dalam kondisi sehat, biasanya ujung rambut akan sehat pula. Namun tak jarang juga ditemukan rambut yang kondisi kulit kepala, akar, dan batang rambutnya sehat, namun ujung rambutnya bercabang dan tajam.

Kerusakan pada ujung rambut ini bisa disebabkan karena faktor pemotongan rambut yang tidak sesuai, sehingga menyebabkan ujung rambut bercabang. Jika ujung rambut anda mengalami pencabangan anda dapat mengobatinya dengan merendam ujung rambut anda dengan campuran conditioner dan air selama 10 sampai 15 menit.

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Setiap wanita pasti ingin mempunyai rambut yang sehat dan berkilau. Dengan memiliki rambut yang indah, maka tampilan pun akan terlihat semakin menarik. Pada umumnya perawatan rambut menggunakan produk-produk sampo dan condisioner.

Selain menggunakan sampo dan berbagai jenis produk perawatan rambut, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut 13 tips untuk memperoleh rambut yang sehat dan berkilau:

  1. Untuk memperoleh rambut yang berkilau dan sehat, kulit kepala membutuhkan asupan Memijat kulit kepala dengan ujung jari dapat merangsang sirkulasi darah. Anda juga dapat menggunakan kelapa, minyak zaitun atau minyak esensial lainnya untuk memijat kulit kepala sebelum tidur di malam hari, lalu membilasnya dengan sampo dan air di pagi harinya.
  1. Usapkan jus lemon dan cuka sari apel ke dalam akar rambut untuk memperoleh rambut berkilau dan sehat. Kemudian bilas dengan sampo dan air hingga bersih. Usahakan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung setelah pemakaian masker jus lemon ini, karena sinar matahari dapat membuat warna rambut menjadi kusam.
  1. Hindari mencuci rambut dengan air panas karena akan merusak dan membuat rambut tampak lebih kering. Sebaiknya gunakan air dingin untuk mencuci rambut setelah keramas. Air dingin dapat menutup lapisan kutikula rambut dan membuat rambut berkilau. Selain itu, jangan melakukan keramas setiap hari. Sebaiknya, rambut dicuci dengan sampo setiap 2 kali sehari.
  2. Jika rambut anda terlalu kusam, kering, dan bercabang maka lakukan perawatan rambut dengan condisioner setiap sesudah keramas.
  1. Terlalu sering melakuakn pewarnaan rambut dan hair styling, seperti rebonding dengan menggunakan alat panas dapat mengeringkan serta merusak rambut Anda. Sehingga kilau rambut pun semakin berkurang.
  1. Jika Anda ingin menggunakan pengering rambut, maka jangan menggunakannya pada rambut basah. Anda dapat membungkus rambut yang basah dengan handuk selama 5 menit, kemudian kering anginkan rambut di udara selama 5-10 menit. Setelah rambut mencapai 70% kering, anda pun boleh menggunakan hair dryer.
  1. Jangan terlalu sering menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan kimia pada rambut karena dapat merusak kelembutan rambut dan mengurangi kemilaunya. Hindari produk-produk yang mengandung alcohol sebab dapat membuat rambut menjadi kering. Sebaiknya gunakan sampo dan condisioner yang mengandung bahan-bahan alami atau organik.
  1. Rambut terbuat dari protein, jadi mengonsumsi makanan yang mengandung protein berguna untuk memperkuat rambut dan menambah kilau Beberapa jenis makanan berprotein yang baik dikonsumsi untuk kesehatan rambut, seperti telur, ayam, dan kacang-kacangan.
  1. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran berwarna hijau gelap, vitamin A, dan vitamin E meningkatkan kesehatan dan kemilau rambut.
  1. Hindari merokok dan terlalu sering mengonsumsi alkohol, karena keduanya buruk bagi kesehatan dan merusak kesahatan rambut.
  1. Adanya ketombe di rambut, tentu membuat anda terlihat kotor dan kusam. Gunakan sampo dengan asam salisilat, zinc, selenium sulfida atau tar untuk menghilangkan serpihan ketombe di kulit kepala.
  1. Minyak kelapa dan minyak zaitun mengandung vitamin E yang berguna untuk memelihara kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda dapat menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun ketika malam hari sebelum tidur. Kemudian bilas dengan air hingga bersih keesokan harinya.
  1. Jika anda memiliki jenis rambut yang kering, maka anda dapat memanfaatkan mayones untuk perawatan rambut agar lebih lembab. Anda dapat mengoleskan mayones pada kulit kepala selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Demikianlah 13 tips untuk memperoleh rambut yang sehat dan berkilau. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.