3 Alasan Memilih Bisnis Properti Sebagai Lahan Investasi - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Bisnis / 3 Alasan Memilih Bisnis Properti Sebagai Lahan Investasi

3 Alasan Memilih Bisnis Properti Sebagai Lahan Investasi

Dewasa ini, kita semakin dipusingkan dengan harga – harga barang dan kebutuhan pokok yang senantiasa meningkat dari hari ke hari, dari tahun ke tahun. Ya, fenomena tersebut merupakan contoh kongkrit dari momok besar perekonomian yang biasa disebut INFLASI. Inflasi menjadi musuh besar ekonomi karena dari waktu ke waktu akan menyebabkan nilai uang yang kita miliki semakin berkurang daya belinya.

Sebagai contoh, tahun lalu kita bisa membeli sebungkus nasi uduk dengan harga Rp 6.000,- . Akan tetapi tahun ini uang Rp 6.000,- tersebut tidak lagi cukup nilainya untuk membeli sebungkus nasi uduk yang sama karena harganya telah naik menjadi Rp 8000,-. Artinya nilai uang terhadap daya beli nasi uduk mengalami inflasi atau penurunan nilai sebesar 33% dalam satu tahun. Memang bisa jadi nilai inflasi terhadap setiap barang berbeda-beda tergantung pada berbagai aspek ekonomi yang tidak mungkin dibahas panjang lebar di sini. Namun yang perlu kita garis-bawahi di sini adalah bahwa inflasi akan senantiasa terjadi dan menggerus nilai uang kita. Yang artinya, jika kita menyimpan sejumlah besar uang pada saat ini, maka beberapa waktu yang akan datang, nilai uang tersebut tidak akan sama lagi karena nilainya telah digerus laju inflasi tersebut.

Oleh karenanya, kita perlu memiliki kesadaran untuk “mengamankan” nilai uang yang saat ini kita miliki agar tak berkurang nilainya dan malah justru bertambah. Sehingga kerja keras kita untuk mendapatkan uang tersebut tidak tergerus nilainya oleh laju inflasi yang bisa mencapai minimal 7-10% per tahun untuk konteks Indonesia. Lalu yang menjadi pertanyaannya, bagaimana caranya agar kita bisa “mengamankan” nilai uang yang saat ini kita miliki? Atau bagaimana agar uang yang ada pada kita bisa “bekerja” untuk kita? Jawabannya adalah dengan BERINVESTASI. Ya, investasi adalah salah satu upaya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan nilai kekayaan dan uang yang kita miliki agar bisa mengimbangi laju inflasi.

Saat ini, terdapat cukup banyak instrument investasi mulai dari yang memberikan imbal hasil relatif kecil seperti deposito hingga investasi dengan prosentase imbal hasil sangat tinggi, misalnya saja dengan berinvestasi pada bisnis properti. Bisnis properti memang telah lama menjadi primadona yang diandalkan banyak orang sebagai dalam berinvestasi karena mampu memberikan imbal hasil alias keuntungan yang sangat menjanjikan. Tentunya kita sudah sangat sering melihat orang – orang yang bisa sukses melipatgandakan keuangannya dengan terjun ke bisnis properti ini mulai dari sekedar menjadi investor kepemilikan properti hingga menjadi developer propertinya.

Nah, berikut ini beberapa  alasan mengapa para pelaku investasi properti masih mencintai bisnis properti di indonesia:

  1. Harga jual properti cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun

Sederhananya, jika tahun lalu nilai sebuah rumah di salah satu perumahan bernilai jual 350juta, maka bisa jadi saat ini nilai rumah tersebut bisa meningkat hingga 500 juta rupiah karena semakin tingginya permintaan akan rumah dan bangunan di wilayah tersebut. Memang bisa jadi setiap daerah memiliki perbedaan terhadap pertumbuhan nilai jual properti, namun kecenderungan harga jual setiap jenis peroperti tersebut akan cenderung meningkat.

  1. Sebagai barang investasi, nilainya tidak berkurang justru bertambah

Jika biasanya saat membeli suatu barang maka barang tersebut akan berkurang nilainya, tidak demikian dengan produk properti. Sebab produk properti memiliki keunggulan yakni jauh dari resiko penurunan nilai. Bahkan produk properti seperti tanah misalnya, justru nilainya akan senantiasa bertambah yang juga linier dengan meningkatnya nilai jual produk properti itu sendiri.

  1. Permintaan dan kebutuhan akan produk properti masih sangat tinggi

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk menjadi signal positif semakin tingginya jumlah permintaan serta kebutuhan masyarakat akan properti. Sebagaimana hukum dasar ekonomi, dimana permintaan meningkat maka harga juga akan naik. Wajarlah jika banyak orang melirik bisnis properti ini dengan sangat antusias. Mengingat produk properti pasti akan dibutuhkan selama jumlah penduduk masih ada di muka bumi ini, apalagi jika jumlahnya terus bertambah.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *