3 Alasan Utama KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Ditolak Oleh Bank

Posted on

Banyak orang membayangkan memiliki rumah sendiri. Memang bertempat di rumah sendiri sangat nyaman dan aman dibandingkan dengan tinggal bersama orang tua. Anda bisa bebas mengatur tampilan rumah hingga melengkapi kebutuhan anda sekeluarga.

Dewasa ini, untuk memiliki rumah sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari menabung hingga mencicil atau kredit melalui bank. Ya, kredit rumah seringkali menjadi pilihan akhir banyak orang untuk memiliki rumah idaman. Istilah yang dikenal untuk tren ini ialah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah seringkali menjadi pilihan karena anda tidak perlu pusing menabung dalam waktu yang lama. Namun demikian untuk menpatkan KPR dari bank ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sebab bank sangat selektif dalam meminjamkan uang untuk dijadikan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Justru lebih banyak yang ditolak daripada yang diterima.  KPR memang bukan hanya diperuntukkan mereka yang tidak punya uang saja atau berpenghasilan rendah. Banyak juga masyarakat dengan penghasilan menengah bahkan tinggi juga memanfaatkan keberadaan KPR.

Nah, jika anda ingin mengajukan KPR ke bank dan tidak ingin ditolak mentah-mentah sebaiknya pelajari dulu persyaratan atau tipsnya agar ketika mengajukan KPR bank bisa mengabulkan permohonan anda. Di antara penyebab ditolaknya KPR adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki sejarah keuangan yang buruk

Rapot keuangan dan penghasilan anda menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi bank. Bank tidak akan memberikan pinjaman kredit kepada mereka yang riwayat keuangannya rendah. Artinya ketika anda ingin mengajukan KPR maka sebaiknya perbaiki dulu penghasilan anda. Hal ini sangat penting bagi bank karena bank juga tidak ingin menanggung resiko jika di tengah perjalanan nanti ternyata anda tidak bisa melunasi KPR yang dipinjam.

Apabila anda sering menggunakan kartu kredit maka riwayat pembayaran kredit anda sangat menentukan nasib anda. Jika anda memiliki tunggakan kredit maka sudah pasti KPR anda akan ditolak mentah-mentah. Untuk itu sebaiknya anda mulai memperbaiki penghasilan anda terlebih dahulu serta memperbaiki pula laporan belanja setiap bulannya agar pihak pemberi pinjaman KPR bisa mengabulkan keinginan anda.

2. Tidak dapat memenuhi persyaratan

Rahasia kedua kenapa anda ditolak adalah karena anda tidak dapat memenuhi persyaratan yang diajukan pihak bank. Untuk itu ketika anda mengajukan permohonan KPR ke bank sebaiknya anda perhatikan baik-baik semua persyaratan yang diajukan pihak bank. Misalnya, jika anda berpenghasilan Rp.5 juta per bulan sedangkan cicilan KPR anda adalah Rp.2 juta per bulan maka sudah pasti permohonan anda akan ditolak sebab nominal gaji seperti itu masih sangat kecil dan sangat beresiko bagi bank.

Persyaratan yang menjadikan lamaran anda ditolak juga ialah pengalaman kerja. Apabila pengalaman kerja anda kurang dari 2 tahun maka pengajuan anda juga sudah pasti ditolak oleh pihak bank. Faktor usia anda juga sangat mempengaruhi dikabulkannya permohonan anda.

3. Tidak dapat melengkapi dokumen

Penyebab ditolaknya KPR lainnya ialah dokumen persyaratan yang tidak lengkap. Untuk memenuhi persyaratan administratif maka anda juga harus berhati-hati dalam melengkapi berkas. Sebelum anda menyerahkan dokumen pengajuan KPR ke bank sebaiknya periksa kembali kelengkapan berkas anda. Jika ada poin yang tidak anda pahami sebaiknya segera dikonsultasikan agar anda aman. Namun, sebaiknya anda tidak mencoba untuk memanipulasi data hanya karena ingin dikabulkan. Isi sebagaimana kondisi anda yang sebenarnya karena ini nanti akan sangat beresiko ke depannya.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.