Inilah Makanan Sehat Alami Yang Berkhasiat sebagai Detoksifikasi Hati

0
19

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan organ hati adalah dengan melakukan detoksifikasi. Cara sederhana yang sering digunakan untuk proses detoksifikasi adalah rutin mengonsumsi air putih. Namun beberapa bahan-bahan alami lainnya juga dapat membantu proses detoksifikasi hati lebih maksimal. Berikut 6 bahan alami yang dapat membantu proses detoksifikasi hati:

  1. Mentimun

Mentimun adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan air sangat tinggi sehingga dapat membantu proses hidrasi tubuh. Di samping itu, mentimun juga dapat digunakan untuk membantu proses detoksifikasi hati. Anda dapat mencampur mentimun dan jus lemon untuk memaksimalkan proses detoksifikasi. Lemon mengandung asam sitrat yang membantu membersihkan racun-racun di organ sistem pencernaan. Perpaduan antara mentimun dan lemon juga memberikan nutrisi dan manfaat lebih bagi tubuh.

  1. Stroberi

Siapa yang tidak suka dengan buah stroberi? Selain rasanya enak, ternyata buah berwarna merah ini juga dapat membantu proses detoksifikasi hati. Stroberi mengandung air, mineral, vitamin, serta zat antioksidan yang dapat membersihkan racun-racun di dalam tubuh serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Untuk pengonsumsiannya, anda dapat mencampurkan jus stroberi dengan jus semangka. Perpaduan 2 buah tersebut dapat memaksimalkan proses detoksifikasi dan memberikan rasa segar di tenggorokan.

  1. Lemon

Lemon adalah salah satu buah berasa asam yang dapat membantu proses detoksifikasi hati. Cara pengonsumsiannya juga cukup mudah, yaitu peras lemon hingga diperoleh sarinya. Kemudian campurkan sari perasan lemon dengan segelas air hangat. Jika anda tidak tahan dengan rasa asamnya, anda bisa memberikan sedikit gula ke dalam minuman lemon. Lemon dapat mengatasi dehidrasi tubuh dan membersihkan organ pencernaan dari racun.

detoksifikasi hati

  1. Cuka sari apel organik

Cuka sari apel adalah minuman yang terbuat dari fermentasi apel dan memiliki rasa yang sedikit asam. Cuka sari apel telah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan yang dapat membersihkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, cuka sari apel juga sering dimanfaatkan untuk minuman  diet dan mengontrol kelosterol di dalam tubuh. Cuka sari apel mengandung vitamin dan berbagai macam mineral, salah satunya kalium yang membantu proses detoksifikasi hati dan penyembuhan penyakit. Kendati demikian, mengonsumsi cuka sari apel secara berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan iritasi dan mengurangi kepadatan tulang.

Cara pengonsumsiannya yaitu, campurkan 2 sendok cuka sari apel organik ke dalam segelas air hangat. Anda dapat mengonsumsinya di waktu pagi hari atau sebelum tidur malam.

  1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Buah yang mempunyai rasa manis ini ternyata dapat membantu proses detoksifikasi hati. Dengan mengonsumsi segelas jus jeruk setiap pagi, maka anda telah menjaga organ pencernaan tetap bersih dan sehat.  Selain membantu proses detoksifikasi, buah jeruk juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sehingga dapat dikatakan buah jeruk adalah menu yang tepat untuk program diet anda.

  1. Teh hijau

Kebiasaan mengonsumsi teh hijau telah lama dikenal oleh masyarakat Asia, teruma Cina. Teh hijau mengandung senyawa flavonoid dan catechin yang dapat meningkatkan produksi enzim detoksifikasi dan mempercepat proses pengeluaran racun dari hati. Di samping itu, mengonsumsi teh hijau juga dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan  mencegah proses penuaan dini.

Demikianlah 6 bahan alami untuk detoksifikasi hati. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here