5 Cara Terbaik dalam Menangani Penyakit Demam Berdarah - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / 5 Cara Terbaik dalam Menangani Penyakit Demam Berdarah

5 Cara Terbaik dalam Menangani Penyakit Demam Berdarah

Masalah demam berdarah kini bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Tentu saja masalah yang satu ini juga akan bisa memberikan dampak negatif bagi penderitanya. Sebelum mengenal lebih jauh mengenai cara penanganan yang tepat untuk masalah demam berdarah yang satu ini, akan lebih baik jika anda mengetahui mengenai nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi biang keladi untuk masalah kesehatan yang satu ini.

Pertama, nyamuk demam berdarah ini memiliki ciri khas dengan tubuh yang berwarna hitam dan juga belang-belang. Semua loreng tersebut terdapat pada bagian tubuhnya. Kedua, nyamuk yang satu ini bisa berkembang biak dengan sangat cepat di tempat penampungan air. Besar kemungkinan pula bahwa nyamuk yang satu ini juga bisa berkembang di beberapa tempat yang mudah untuk digenangi oleh air seperti vas bunga, kaleng, dan lain sebagainya. Ketiga, nyamuk ini sering menggigit manusia di waktu pagi atau sore hari. Jika sudah digigit oleh nyamuk yang satu ini maka anda akan mendapati beberapa gejala dari penyakit demam berdarah tersebut. Keempat, nyamuk demam berdarah juga mampu untuk terbang dengan mencapai ketinggian hingga 100 meter.

Lalu, cara apa yang harus anda lakukan untuk melakukan penanganan terhadap masalah penyakit demam berdarah tersebut? Inilah yang harus anda lakukan:

Memonitor Suhu Penderita

Langkah yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Orang yang terkena penyakit demam berdarah akan sangat mudah sekali untuk mengalami perubahan suhu yang drastis. Sesuai dengan nama penyakitnya, penderita akan mengalami sebuah demam yang tidak biasa. Demam yang abnormal tersebut juga akan diikuti dengan adanya bintik-bintik yang muncul di kulit sang penderita.

Bawa ke Dokter

Cara ini harus segera anda lakukan apabila penderita demam berdarah mengalami masalah demam yang terus berlangsung selama 3 hari lamanya. Ini menunjukan bahwa demam tersebut tidak segera kunjung sembuh. Dengan memeriksakan kondisi dari sang pasien ke dokter maka penanganan yang signifikan akan bisa segera dilakukan dengan segera.

Banyak Istirahat dan Minum Air

Sudah pasti karena terkena serangan penyakit demam berdarah ini maka si penderita juga harus diberikan asupan cairan yang cukup banyak. Upayakan untuk selalu memberikan air kepada penderita untuk diminum. Selanjutnya, penderita juga harus banyak istirahat. Dengan banyak istirahat maka sudah pasti penderita akan mampu untuk menyembuhkan masalah demam berdarah yang mereka miliki dengan segera.

Berikan Infus

Penderita dari penyakit demam berdarah ini akan mengalami masalah yang signifikan seperti lemas, muntah, sulit makan dan minum, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat wajib bagi penderita untuk mendapatkan infuse dengan segera dari medis. Dengan demikian, masalah yang mereka miliki akan bisa sembuh dengan segera.

Cek Laboratorium

Langkah yang satu ini bisa dilakukan apabila pasien mengalami gejala penurunan kadar trombosit. Apabila hal tersebut sampai terjadi maka penderita menjalani rawat inap di rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu, penderita demam berdarah juga harus diawasi dengan baik oleh anggota keluarga. Sebaiknya jangan biarkan mereka sampai syok. Syok ini ditandai dengan rasa lemas, mengantuk dan pingsan yang terjadi secara tiba-tiba. Periksa juga bagian kakinya apakah terasa dingin sekali atau tidak.

Di musim penghujan yang sudah mulai tiba ini, alangkah baiknya jika melakukan pencegahan untuk mengatasi masalah demam beradarah tersebut supaya tidak semakin merajalela. Pencegahan penyakit demam berdarah harus dilakukan mulai dari sekarang.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *