Inilah 5 Condisioner Alami Untuk Perawatan Rambut Kering

0
16

Rambut kering adalah masalah yang sering terjadi pada sebagian besar orang, terutama perempuan. Kondisi rambut kering biasanya ditandai dengan tekstur yang kasar dan bercabang. Pada umumnya, masyarakat cenderung memilih penggunaan produk-produk perawatan rambut yang beredar di pasaran untuk mengatasi rambut kering. Sayangnya, terkadang penggunaan produk-produk tersebut tidak memberikan perubahan yang signifikan.

Alternatif lain untuk mengatasi rambut kering adalah memanfaatkan ramuan bahan-bahan alami yang merupakan resep turun-menurun. Beberapa bahan alami berpotensi untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan condisioner alami. Penggunaan condisioner alami tidak menimbulkan efek samping untuk rambut.

Nah, berikut beberapa resep pembuatan condisioner alami untuk perawatan rambut kering:

  1. Madu dan minyak zaitun

Madu merupakan pelembab alami yang telah dikenal khasiatnya sejak dulu. Sedangkan minyak zaitun kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin yang dapat menutrisi tiap helai rambut menajdi lebih lembut dan sehat.

Proses pembuatan:

  • Campurkan 3 sdt madu dan 3 sdt minyak zaitun ke dalam mangkuk
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat
  • Diamkan selama 2 jam
  • Terakhir, bilas rambut dengan sampo dan air hingga bersih

 

  1. Susu krim dan telur

Perpaduan antara susu dengan telur juga berkhasiat dalam mengatasi rambut kering. Kandungan di dalam kedua bahan tersebut berpotensi melembutkan dan menghaluskan rambut.

Proses pembuatan:

  • Pecahkan 1 buah telur ke dalam mangkuk
  • Tambahkan 2 sdt susu krim
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat
  • Diamkan selama 2 jam
  • Terakhir, bilas rambut dengan sampo dan air hingga bersih

 

  1. Minyak kelapa dan minyak almond

Minyak kelapa dan minyak almond mengandung vitamin E yang berguna untuk menutrisi rambut dan melindungi rambut dari kerusakan akibat radikan bebas, seperti polusi dan paparan sinar matahari.

Proses pembuatan:

  • Campurkan 3 sdt minyak kelapa dan 3 sdt minyak almond ke dalam mangkuk
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat
  • Diamkan selama 2-3 jam
  • Terakhir, bilas rambut dengan sampo dan air hingga bersih

 

  1. Santan kelapa

Santan kelapa mempunyai kandungan protein dan minyak yang berguna untuk mengatasi rambut kering dan kusam. Penggunaan santan kelapa untuk condisioner dapat membantu meningkatkan kelembaban, melembutkan, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Cara penggunaannya cukup dengan memarut kelapa, lalu memerasnya hingga diperoleh santan kelapa. Anda dapat menggunakan santan kelapa sebagai condisioner rambut setiap 2 kali dalam seminggu.

 

  1. Kemiri

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan kemiri sebagai condisioner rambut. Ya, banyak produk-produk perawatan rambut yang menggunakan kemiri sebagai bahan dasar pembuatannya. Kemiri mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan kilau rambut, menebalkan, dan membuat rambut tampak lebih sehat.

Cara pembuatannya, ambil beberapa biji kemiri (sekitar 5-6 biji). Kemudian tusuk kemiri seperti sate dan bakar selama 30 menit hingga warnanya menghitam. Sesudah itu, tumbuk kemiri hingga halus lalu masak di dalam air hingga mengeluarkan minyak.

Jika anda sudah memperoleh minyak kemiri, maka diamkan beberapa saat hingga dingin. Setelah dingin, oleskan minyak kemiri pada rambut sekitar 30 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

Apabila bagi anda cara tersebut cukup susah, maka anda dapat membeli minyak kemiri yang beredar di pasaran. Namun pastikan untuk membeli minyak kemiri yang murni.

Untuk memperoleh hasil yang optimal, anda dapat melakukan perawatan di atas sebanyak 2 kali dalam seminggu. Jika anada rutin menggunakannya, maka anda akan melihhat hasilnya setelah 2-3 minggu pemakaian. Rambut akan menjadi lembut dan halus. Bakan anda tidak akan mengalami gangguan kerontokan.

Demikianlah tips pembuatan condisioner alami untuk perawatan rambut kering. Semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here