5 Jenis Pekerjaan Dalam Bisnis Properti Yang Wajib Kamu Ketahui

0
191

Ketika mendengar kata “bisnis properti” mungkin yang terbayang di benak anda adalah sebuah pekerjaan layaknya perusahaan pengembang besar dan ternama yang membangun sebuah perumahan lalu memasarkannya kepada calon pembeli. Padahal, bisnis properti memiliki makna yang lebih luas dari sekedar pekerjaan sebagai suatu perusahaan pengembang. Bahkan, seiring dengan berkembangan  zaman dan semakin bervariasinya kebutuhan serta keinginan masyarakat terhadap berbagai produk properti membuat ruang lingkup aktivitas yang bisa dikerjakan dalam bisnis properti pun semakin luas dan beragam. Oleh karenanya, anda perlu merubah persepsi anda mengenai bisnis properti seperti di atas.

Lalu sebenarnya, apa saja jenis – jenis profesi atau pekerjaan yang bisa anda lakukan dalam dunia bisnis properti? Berikut ini beberapa jenis pekerjaan dalam bisnis properti yang mungkin sesuai dan layak anda coba:

  1. Pengembang / developer properti

Pengembang atau biasa kita sebut sebagai developer adalah salah satu aktivitas dalam bisnis properti yang berfokus pada pengembangan suatu kawasan hunian ataupun perumahan mulai dari proses pembangunan bangunan rumah beserta fasilitas – fasilitas pendukung perumahan hingga proses pemasarannya. Pengembang atau developer ini bisa berupa perseorangan maupun juga perusahaan. Nah, karena aktivitasnya yang sangat kompleks mulai dari pembangunan hingga pemasaran, tak heran jika bisnis ini banyak membutuhkan modal atau biaya yang cukup besar untuk mengawalinya. Namun, sebanding pula dengan besarnya keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis developer properti tersebut.

  1. Arsitek dan konsultan pembangunan

Arsitek dan konsultan pembangunan merupakan salah satu jenis dari bisnis properti yang hanya fokus pada penyediaan jasa konsultasi terkait dengan design serta perencanaan pembangunan. Meskipun seorang konsultan juga terkadang dimintai bantuan untuk sekaligus menjadi pengawas proses pembangunan berbagai produk properti seperti rumah hunian, kantor, ruko, gudang dan lain sebagainya agar dapat sesuai dengan design awal yang dibuat. Sebab di lapangan, seringkali terjadi praktik – praktik curang dengan mengganti material bangunan ataupun menyelesaikan bangunan tidak sesuai design awal. Bisnis properti jenis ini lebih mudah dilakukan karena terbilang bisa dikerjakan meski tanpa modal dana. Anda hanya harus memiliki modal kepiawaian dan keahlian di bidang arsitektur dan design bangunan.

  1. Perantara / Broker properti

Perantara atau broker bisa dikatakan sebagai pihak ke 3 yang menjadi perantara antara penjual properti dengan calon pembeli. Tugas broker adalah memasarkan suatu produk properti seperti tanah, rumah, ruko, dls hingga mendapatkan calon pembeli yang berminat dan deal dengan harga yang dibanderol si empunya properti. Lalu darimana penghasilan si broker properti ini? Dari “Commision Fee” atas jasanya membantu mendapatkan calon pembeli. Biasanya 5 – 10% dari total harga properti yang dibantu menjualkan.

  1. Investor properti

Ini adalah bisnis properti paling sederhana karena untuk menjadi seorang investor properti anda hanya perlu menggunakan sebagian uang anda dan membelanjakannya untuk berbagai produk properti yang mampu memberikan imbal balik keuntungan tinggi ketika dijual nantinya. Ya, produk properti itulah investasi anda yang bisa berkembang nilainya berkali – kali lipat dalam 10 – 20 tahun kemudian.

  1. Bisnis sewa properti

Sedangkan bisnis sewa properti lebih menekakan kemampuan suatu produk properti dalam memberikan penghasilan rutin yang bersifat liquid meskipun aset properti tersebut sebenarnya diperuntukkan untuk investasi. Yakni dengan cara menyewakan tanah, rumah, ruko, maupun apartemen yang dimiliki. Misalnya saja bisnis rumah kost atau kontrakan, dimana anda bisa mendapatkan uang tambahan setiap bulannya dari para penyewa dan pengontrak rumah atau tanah anda tersebut. Sangat lumayan sembari menunggu nilai properti anda bertambah seiring dengan waktu investasi yang anda tentukan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here