6 Bahan Dapur Ini Ternyata Berkhasiat Untuk Mengatasi Jerawat

0
57

Jerawat merupakan masalah sebagaian besar remaja. Munculnya jerawat ini tidak hanya menganggu penampilan, tetapi juga menimbulkan rasa nyeri apabila meradang. Pada umumnya jerawat muncul di kulit wajah, sehingga menyebabkan penderitanya kurang percaya diri dan memilih menutupi wajahnya dengan masker.

Biasanya jerawat diatasi dengan menggunakan krim-krim jerawat ataupun peratawan facial. Namun sebenarnya, jerawat juga dapat diobati dengan mudah tanpa harus menggunakan produk berbahan kimia. Ya, anda dapat memanfaat bahan-bahan alami yang ada di dapur untuk mengobati jerawat. Beberapa bahan alami memiliki potensi untuk mengatasi jerawat dengan ampuh.

Nah, berikut 6 bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat:

  1. Bubuk kunyit

Buatlah pasta dari bubuk kunyit dengan beberapa tetes air mawar. Oleskan pasta ini pada kulit yang berjerawat dan diamkan selamalan. Anda dapat membilasnya dengan air hingga bersih saat pagi harinya.

  1. Baking soda

Baking soda juga merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi kemerahan, mencegah bakteri, dan mengurangi peradangan pada jerawat. Cara pembuatannya adalah mencampurkan baking soda dengan sediki air hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta pada kulit yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air hingga bersih.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu obat yang ampuh untuk mengusir jerawat dan mengurangi kemerahan pada kulit. Anda dapat mengoleskan cuka sari apel pada kulit yang berjerawat semalaman. Kemudian membilasnya dengan air di keesokan paginya.

  1. Jahe

Jahe merupakan bahan dapur yang mengadung senyawa antibakteri. Jahe dapat berguna untuk mengatasi jerawat dan meningkatkan kekebalan tubuh. Cara penggunaanya yaitu ambillah 1 buah jahe dan haluskan dengan blender. Terapkan bubuk jahe pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Jahe dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi infeksi kulit.

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan dapur yang memiliki kandungan sebagai anti bakteri dan anti jamur. Anda dapat menggunakan bawang putih untuk mengatasi jerawat, caranya siapkan 1 siung bawang putih kecil. Kemudian haluskan dengan blender. Oleskan pada wajah selama 5 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif, maka gunakan campuran madu dan bawang putih untuk mengobati jerawat.

*Sebagai peringatan: bawang putih bersifat panas dan akan menimbulkan rasa terbakar saat dioleskan pada kulit. Oleh karena itu, jangan mengoleskan bawang putih terlalu lama di kulit agar kulit tidak menghitam.

  1. Kentang

Kentang merupakan jens sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat membandel. Di dalam kentangĀ  terkandung mineral seperti sulfur, kalium, fosfor, dan klorida yang berguna untuk mengurangi flek hitam di kulit. Kentang juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu proses pergantian sel-sel kulit baru.

Cara pemakaiannya, potong kentang menjadi beberapa bagian. Kemudian haluskan dengan cara diparut. Oleskan parutan kentang di kulit yang berjerawat selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Demikianlah 6 bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pad kulit, kemerahan, peradangan, dan nyeri. Semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here