6 Bisnis Properti Super Simpel Yang Patut Anda Coba (Bagian 1)

Posted on

Bisnis properti pada dasarnya sama dengan bisnis – bisnis di bidang lainnya seperti bisnis perdagangan, bisnis pertambangan, bisnis pertanian, bisnis perikanan dan lain sebagainya. Dimana semuanya memiliki basic yang sama yakni BISNIS. Nah, kabar baiknya, setiap orang di dunia memiliki basic atau dasar kemampuan untuk menjalankan bisnis sekecil apapun itu. Termasuk juga dalam bisnis properti yang selalu dianggap “wah” dan tak layak untuk mereka lirik.

Padahal, fakta justru menunjukkan hal yang sebaliknya. Bahwa bisnis properti sebenarnya sangat simpel dan mudah untuk dilakukan, apalagi bagi pemula. Bahkan dalam bisnis properti, kita bisa belajar bisnis sambil berinvestasi sebagaimana bisnis properti simpel  berikut ini:

  1. Menjadi perantara / broker properti

Siapa bilang bisnis properti selalu membutuhkan modal milyaran rupiah? Bahkan hanya dengan mengandalkan kepiawaian berkomunikasi serta kekuatan relasi pun anda bisa memulai untuk terjun di dunia properti. Ya, menjadi seorang perantara atau sering juga disebut sebagai broker adalah bisnis properti yang sangat simpel dan sederhana.

Bagaimana tidak? Anda tidak perlu repot – repot dalam proses pembangunan dan pemrosesan properti yang akan dijual. Tetapi anda cukup mengandalkan kerjasama dengan perusahaan pengembang ataupun pemilik properti untuk membantu dalam proses penjualannya. Apalagi jika anda punya nilai plus berupa kemampuan komunikasi persuasif yang jadi modal wahid dalam bidang pemasaran.

Jika anda berhasil mendapatkan calon pembeli yang berminat pada produk properti yang anda pasarkan seperti tanah, rumah, ruko, condotel, dan lain sebagainya, maka itu menjadi awal yang sangat baik untuk bisnis properti anda. Apalagi jika si calon pembeli mau deal dan menyelesaikan transaksi pembayaran dengan lancar, bisa dipastikan anda akan mendapatkan komisi yang lumayan tinggi bahkan bisa mencapai 10% – 15% dari total harga properti tersebut. Sangat simpel dan menjanjikan bukan?

  1. Investasi produk properti

Bisnis properti memang tak harus dimulai dari yang bersifat rumit, kompleks dan bermodal besar. Kita sebenarnya bisa memulai bisnis properti yang sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan siapa saja yaitu dengan berinvestasi dengan membeli berbagai jenis produk properti seperti tanah, rumah, ruko, condotel, apartement, dan lain sebagainya.

Mengapa berinvestasi pada produk properti seperti di atas dapat juga dikategorikan sebagai bisnis? Sebab dengan memiliki aset properti, dari tahun ke tahun nilainya akan terus melonjak tinggi, linear dengan tingginya tingkat permintaan dari pasar. Bahkan nilai suatu aset properti hanya dalam 5 – 10 tahun saja bisa naik hingga beberapa kali lipat.

Nah, tunggu apa lagi, sudah saatnya anda “melek investasi” dan memulai bisnis properti sederhana dengan memiliki aset properti sebanyak yang kita mampu sebagai investasi masa depan.

  1. Bisnis rumah kost dan kontrakan

Bisnis rumah kontrakan dan indekost adalah bisnis properti yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun juga. Sebagai langkah awal, anda bisa mulai menginvestasikan sebagian uang anda untuk membeli aset properti terutama yang berupa rumah tinggal di kawasan sekolah, universitas, atau wilayah yang dekat dengan perkantoran maupun pabrik dan perusahaan.

Nah, selain bisa mendapatkan keuntungan investasi ketika menjual aset properti tersebut di kemudian hari, anda juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pendapatan bulanan dari aset anda tersebut dengan mengontrakkannya kepada orang lain ataupun membuka bisnis rumah kost. Pendapatan bulanan pun bisa bertambah jutaan rupiah dengan sangat mudah

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.