6 Langkah Merawat Rambut Dengan Cara Yang Benar

0
17

Setiap wanita pasti ingin mempunyai rambut yang indah dan sehat. Dengan memiliki rambut yang indah, maka kecantikan seorang wanita pun juga akan lebih terpancar. Oleh karena itu, tak jarang para wanita rela mengeluarkan biaya mahal demi mendapatkan rambut yang indah dan sehat.

Sebenarnya untuk memperoleh rambut yang indah, tidak cukup hanya menggunakan produk-produk perawatan rambut yang mahal. Perlakuan sehari-hari yang anda lakukan terhadap rambut juga sangat mempengaruhi kondisi rambut. Seperti halnya mengonsumsi makanan gorengan berlebihan, maka dapat menganggu keseimbangan hormon sehingga memicu kerontokan pada rambut.

Nah, untuk menghindari perlakuan yang salah terhadap perawatan rambut, maka sebaiknya simak 6 langkah merawat rambut yang benar, berikut ini:

  1. Jangan mencuci rambut dengan air hangat

Air hangat tidak dianjurkan sebagai air pencuci rambut. Hal ini dikarenakan air hangat dapat mengurangi kelenjar minyak (sebum) pada kulit kepala. Sehingga, rambut pun juga menjadi rapuh dan kering. Selain itu, air hangat juga dapat membuka lapisan kutikula rambut yang mengakibatkan nutrisi dari sampo ataupun conditioner tidak dapat meresap masuk dengan sempurna.

Sebaiknya cucilah rambut dengan air dingin, karena air dingin dapat menutup pori-pori kulit kelapa serta mencegah kotoran bertumpuk di kulit kepala.

  1. Gunakan produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut

Saat anda memilih sampo, sebaiknya sesuaikan dengan jenis rambut. Apabila rambut anda termasuk jenis rambut kering, maka pilihla jenis sampo yang disertai khasiat condisioner. Hal ini dikarenakan kandungan condisioner mampu melembabkan kulit kepala serta lapisan rambut.

Sedangkan untuk rambut berminyak, jangan memilih jenis sampo yang mengandung tinggi lemak. Sebaiknya, pilihlah jenis sampo yang berlabel clarifiying, atau sampo khusus untuk rambut berminyak.

Sebagai tambahan, jangan mencuci rambut dengan terlalu keras karena dapat merusak dan membuat rambut menjadi rapuh. Selain itu, anda dapat menggunakan vitamin rambut untuk menambah nutrisi rambut.

  1. Condisioner Minyak Kelapa dan Madu

Anda dapat membuat condisioner alami untuk menutrisi rambut agar lebih lembut. Cara yang paling mudah untuk membuat condisioner alami adalah dengan campuran minyak kelapa dan madu. Madu dapat mengembalikan kilau rambut. Sedangkan minyak kelapa berguna untuk mengembalikan keratin rambut, memperkuat folikel rambut, dan membantu melembabkan kulit kepala.

Cara pembuatan condisioner ini dengan mencampurkan 3 sendok makan minyak kelapa murni dengan 2 sendok makan madu. Letakkan kedua bahan ke dalam mangkuk dan ratakan. Kemudian oleskan merata pada rambut.  Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

  1. Jangan ikat rambut terlalu lama

Jangan mengikat rambut terlalu rapat selama berjam-jam karena dapat merusak folikel rambut, sehingga rambut pun menjadi rapuh dan mudah rontok. Selain mengikat rambut terlalu rapat juga akan meninggalkan bekas pada rambut, dimana rambut akan terlihat bergelombang. Sesekali, biarkan rambut anda terurai agar dapat bernafas. Jika anda ingin mengikat rambut, maka gunakan karet rambut yang elastis agar tidak memberikan tekanan yang terlalu rapat pada rambut.

  1. Lakukan pemijatan pada kulit kepala

Tidak hanya tubuh, rambut pun juga membutuhkan pemijatan. Oleh karena itu, lakukanlah pemijatan pada kulit kepala secara perlahan dan lembut. Pemijatan ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala dan membuat rileks. Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat membuat rambut mudah rontok.

  1. Gaya hidup sehat

Kesehatan rambut juga bergantung pada pola hidup anda. Lakukanlah olahraga secara rutin, perbanyak konsumsi air putih, lakukan diet sehat dan seimbang, serta tidur yang cukup. Beberapa makanan yang dapat membuat rambut berkilau dan sehat adalah biji-bijian, telur, ikan yang mengandung asam lemak omega-3 (seperti ikan salmon), dan sayuran hijau.***

Demikian 6 langkah untuk merawat rambut yang benar. Semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here