Saturday , June 24 2017
Home / Bisnis / 6 Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Memulai Bisnis Properti (Bagian 2)

6 Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Memulai Bisnis Properti (Bagian 2)

Segala macam kesuksesan tak pernah diraih dengan mudah. Termasuk pula dalam konteks bisnis properti. Anda membutuhkan kerja keras dan juga prasyarat harus dipenuhi agar bisnis properti yang anda jalankan bisa meraup kesuksesan. Syarat sukses dalam menjalankan bisnis properti sangat bervariasi tergatung pada konteks bisnis properti yang anda jalankan. Namun secara umum, berikut ini syarat – syarat yang harus dipenuhi untuk membawa bisnis properti anda menuju kesuksesan diantaranya yaitu:

  1. Punya basic kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi juga merupakan prasyarat yang harus anda miliki jika mengharapkan untuk bisa sukses pada bisnis properti tersebut. Kemampuan komunikasi ini hampir selalu dibutuhkan dalam setiap jenis bisnis properti. Mulai dari developer, broker, investor, dan lain sebagainya, membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik agar pekerjaan berjalan dengan baik.

Developer misalnya, membutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan rekanan serta client agar segala hal dalam proses perencanaan, pembangunan hingga pemasaran bisa dikomunikasikan dengan baik dan tidak terjadi salah paham yang bisa berujung pada ketidak percayaan kepada antar pihak yang terlibat. Kalau sudah begitu, maka bisnis properti anda pun akan terhambat. Selain itu, anda juga harus panda bernegosiasi agar rekanan dan client bisa memberikan harga terbaik untuk anda.

Demikian pula jika anda memilih untuk menjadi broker properti. Anda sangat membutuhkan kemampuan komunikasi terutama komunikasi persuasif kepada calon pembeli dan meyakinkan mereka bahwa produk properti yang anda tawarkan memang cocok bagi mereka. Jika anda menguasai komunikasi dasar, itu sudah lebih dari cukup untuk membawa bisnis properti anda menuju kesuksesan.

  1. Punya basic kemampuan manajemen

Menjalankan bisnis properti meskipun bisa dimulai dari langkah yang sederhana, namun tetap membutuhkan adanya pengelolaan yang baik. Untuk itu, seorang yang ingin sukses pada bisnis ini mempunyai syarat yang harus ada pada dirinya yaitu kemampuan manajerial.

Setidaknya anda memiliki kemampuan manajerial tingkat dasar dan kemudian bisa anda kembangkan dengan prinsip learning by doing. Sebagai contoh jika anda memulai bisnis properti dengan menjadi pengembang atau developer, maka anda sangat membutuhkan kemampuan maajerial untuk bisa memanajemen pekerjaan – pekerjaan.

Mulai dari tim perencanaan, tim pembangunan, tim administrasi, hingga tim pemasaran harus bisa dimanajemen dengan baik sehingga memiliki kesatuan gerak di lapangan. Adapun manajemen dasar tersebut diantaranya yaitu perencanaan ( PLANING ), Pengorgaisasian ( ORGANIZING ), pelaksanaan ( ACTUATING ) dan juga evaluasi yang harus diterapkan pada setiap lini yang ada. Dengan demikian, bisnis properti anda akan berjalan lebih teratur, terencana dan profesional.

  1. Punya kesabaran tinggi

Selain syarat – syarat di atas, masih ada 1 syarat lagi yang tak bisa diabaikan. Yakni anda harus memiliki kesabaran tinggi dalam menjalankan bisnis properti ini. Sebab segala sesuatu yang dijalankan dengan penuh kesabaran akan memetik hasil yang jauh lebih indah daripada yang anda bayangkan sebelumnya. Termasuk ketika anda menjalankan bisnis properti ini.

Misalnya saja jika anda ingin berinvestasi dengan membeli aset properti. Maka ketika harga properti yang anda miliki tersebut tiba – tiba melonjak tinggi, anda jangan terburu – buru menjualnya, karena jika anda bersabar lebih lama, bisa jadi harga properti anda melonjak nilainya jauh lebih tinggi lagi jika anda menjualnya 5 – 10 tahun lagi sesuai rencana.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Cara Menggali Ide Bisnis Kreatif Dari Diri Sendiri

Pebisnis mana yang tidak menargetkan income dari internet. Hampir bisa dipastikan bahwa mayoritas blogger pun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *