6 Tips Merawat Kesehatan Bibir - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kecantikan / 6 Tips Merawat Kesehatan Bibir

6 Tips Merawat Kesehatan Bibir

Bibir merupakan salah satu elemen wajah yang dapat memberikan daya tarik tersendiri. Seseorang yang mempunyai bibir yang sehat, lembab, dan berwarna merah alami pasti akan terlihat lebih manis dan segar. Sayangnya, menjaga kesehatan bibir juga bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan bibir cenderung sangat sensitif, baik terhadap produk-produk kimia maupun paparan sinar matahari.

Apabila kondisi bibir tidak sehat, pecah-pecah, dan berwarna kehitaman, maka akan mempengaruhi wajah seseorang menjadi tampak lebih tua dan kusam. Sehingga, seringkali membuat orang tersebut menjadi minder. Tentu anda tidak ingin mempunyai bibir yang kering dan kehitaman, kan?

Nah, oleh karena itu, merawat kesehatan bibir sangatlah penting. Berdasarkan pemaparan dari Bobbi Brown, seorang pemilik Bobbi Brown Cosmetics, berikut beberapa tips untuk merawat kesehatan bibir agar tampak lebih indah dan cantik:

  1. Merawat bibir

Bibir yang tidak pernah terawat cenderung akan mengalami kerusakan. Semisal, anda berada di luar ruangan tanpa menggunakan pelembab bibir, maka lama-kelamaan bibir akan pecah-pecah, kering, kehilangan  warna, dan kekurangan kelenjar minyak. Oleh karena itu, selain merawat kulit wajah, jangan lupa untuk menjaga kesehatan bibir juga.

  1. Hidrasi

Hidrasi sangat penting guna menjaga kelembaban bibir. Apabila anda kekurangan air, maka tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga bibir menjadi kering. Hidrasi tidak harus selalu minum air putih 8 gelas sehari. Anda juga bisa menggantinya dengan mengonsumsi teh herbal, air kelapa, buah-buahan, dan sayuran yang mempunyai kadar air tinggi, seperti mentimun dan melon. Seseorang yang kekurangan cairan, biasanya ditandai dengan urin yang berwarrna kuning pucat.

  1. Gunakan pelembab

Selain memberikan kelembaban dari dalam dengan mengonsumsi air, anda juga harus mengoleskan pelembab (lip blam) pada bibir secara langsung. Namun jika anda alergi atau tidak suka menggunakan produk-produk pelembab bibir, anda dapat membuat ramuan sendiri untuk melembabkan bibir.

Salah satu bahan yang tepat digunakan untuk melembabkan bibir adalah campuran alpukat dengan minyak jojoba. Cara pembuatannya, cukup campurkan 1 sdt jus alpukat dengan 1 sdt minyak jojoba. Ratakan kedua bahan, lalu oleskan pada bibir secara merata. Gunakan setiap malam hari sebelum tidur agar diperoleh hasil yang lebih optimal.

  1. Eksfoliasi

Apabila anda mempunyai bibir yang pecah-pecah dan kering, maka sebaiknya lakukan eksfoliasi pada bibir. Tujuannya untuk membuat bibir yang kering menjadi mengelupas. Anda dapat menggunakan campuran gula dan minyak zaitun yang dapat berperan mengangkat sel-sel mati. Oleskan kedua bahan pada bibir dengan ujung jari selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa melakukan proses eksfoliasi ini 1 kali dalam seminggu.

  1. Gunakan pelembab dengan SPF

Saat anda melakukan aktvitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab bibir, terutama diantara jam 10 pagi hingga 4 sore. Efek sinar UV di rentang waktu itu dapat merusak kulit dan bibir apabila anda terpapar terlalu lama. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan pelembab bibir yang mengandung SPF 15+ dan vitamin E.

  1. Konsumsi vitamn B dan vitamin C

Sumber makanan yang mengandung vitamin B dan vitamin C sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Sumber makanan yang mengandung vitamin B, antara lain adalah alpukat, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin C, yaitu jeruk, tomat, papaya, kiwi, nanas, dan melon.

Demikianlah tips menjaga kesehatan bibir. Semoga bermanfaat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

kulit wajah kering

Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam Secara Alami

Kulit wajah kering (xerosis atau asteatosis) merupakan kondisi dimana kulit kehilangan kelembabannya sehingga tampak pecah-pecah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *