7 Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Keriput di Kulit

Posted on

Keriput merupakan salah satu tanda penuaan dini yang muncul seiring bertambahnya usia. Munculnya keriput di kulit wajah merupakan hal yang cukup ditakuti oleh wanita. Pasalnya, keriput dapat membuat wajah terlihat lebih tua dan kendur.

Sebenarnya, keriput yang muncul di wajah tidak hanya disebabkan oleh pertambahan usia. Beberapa kebiasaan harian yang buruk juga dapat menjadi pemicu munculnya keriput dan mempercepat proses penuaan kulit. Dikutip dari womenhealth magazine, berikut 7 kebiasaan penyebab munculnya keriput:

  1. Merokok

Merokok merupakan penyebab paling umum timbulnya keriput. Menurut Dr. Nicholas Perricone, seorang ali kulit menyatakan bawa efek rokok sangat buruk bagi kesehatan kulit. zat-zat yang terkandung di dalam rokok dapat meusak sel-sel kulit, sehingga kulit tampak lebih kusam dan keriput.

  1. Diet yang salah

Diet dengan mengonsumsi karbohidrat sederhana justru mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini, termasuk keriput. Makanan karbohidrat sedernaha mengandung kadar gula yang tinggi. Molekul-molekul gula tersebut dapat menempel pada lapisan kolagen di kulit, sehingga menyebabkan kolagen menjadi kaku dan rusak.

Selain itu, gula juga memicu peradangan di seluruh tubuh. Kondisi peradangan ini akan merangsang tubuh menghasilkan enzim yang memecah kolagen dan elastisitas kulit. Apabila kolagen rusak, maka kulit akan keriput, kendur, daan muncul garis garis halus. Oleh karena itu, sebaiknya batasi pengonsumsian makanan karboidrat sederhana yang tinggi gula. Beberapa makanan karbohidrat sederhana seperti madu, sirup, gula pasir, gula merah, soft drink, jelly, selai, permen, cokelat, dan biskuit.

  1. Minuman berakohol

Minuman berakohol dapat menyebabkan kulit kekuragan cairan atau mengalami dehidrasi. Apabila kulit kering, maka akan memicu munculnya keriput. Selain itu, alkohol juga merusak fungsi dari vitamin A di dalam tubuh. Dimana vitamin A ini bertugas untuk meregenerasi sel-sel kulit, melindungi elatisitas kulit, dan agen produksi kolagen.

  1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat memicu timbulnya kerutan di sekitar mulut. Hal ini dikarenakan pada saat mengunyah permen karet, otot-otot di sekitar mulut terus bergerak, sehingga kulit akan berkerut-kerut dan menyebabkan munculnya keriput.

  1. Tidak menghapus make up di malam hari

Make up yang tidak dibersihkan akan memicu penumpukan bahan-bahan kimia di dalam lapisan kulit. Baha-bahan kimia yang menumpuk akan menutupi pori-pori kulit dan meyebabkan kerusakan kolagen. Kolagen yang rusak membuat kulit terlihat lebih kendur, munucul garis-garis halus, dan kehilangan elastisitasnya. Membersihkan sisa make up di malam hari sangat penting untuk mencegah timbulnya keriput. Selain itu, anda juga dapat menggunakan pelembab sebelum tidur agar kelembaban kulit dapat lebih terjaga.

  1. Tidak menggunakan pelindung matahari (tabir surya)

Paparran sinar UV matahari merupakan penyebab utama kerusakan kolagen, sehingga memicu timbulnya tanda-tanda penuaan dini  (keriput dan garis-garis halus).  Selain itu, paparan UV juga menyebabkan kulit kering dan pigmentasi. Anda dapat menggunakan krim tabir surya yang mengandung SPFF 15+ agar dapat melindungi kulit lebih optimal.

  1. Posisi tidur

Posisi tidur kesamping kanan atau kiri dapat menyebabkan wajah tertekan bantal sehingga kekurangan oksigen. Hal ini memicu munculnya keriput di area mata. Selain itu, tidur dengan cara wajah ditutupi bantal akan menimbulkan terbentuknya keriput, lipatan, dan garis-garis halus pada wajah.

***

Demikianlah 7 kebiasaan penyebab muculnya keriput di wajah. Mulai sekarang, ubalah kebiasaan harian and ayang tidak sehat agar kecantikan kulit dapat selalu terjaga.

Semoga bermanfaat.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.