7 Langkah Dasar Dalam Menjalankan Bisnis Properti (Bagian 2)

Posted on

Tingginya kesadaran serta kebutuhan terhadap bermacam – macam produk properti di masyarakat, membuat bisnis properti mulai semakin banyak dilirik berbagai kalangan. Mulai dari yang bertujuan untuk mengamankan nilai uang dan kekayaannya dari laju inflasi yang makin ganas, hingga yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tetap dari bisnis properti. Namun, tentu saja untuk bisa menjalankan bisnis properti tersebut, kita harus mempelajari semua dari awal. Apalagi jika kita termasuk yang awam akan dunia properti dan bisnis. Nah, melanjutkan dari artikel sebelumnya, berikut ini ulasan mengenai langkah – langkah dasar yang perlu diketahui dalam menjalankan bisnis properti. Diantaranya yaitu:

  1. Petakan peluang di lapangan

Memahami kondisi lingkungan eksternal merupakan salah satu dasar dalam menentukan langkah dan strategi yang tepat untuk bisa menjalankan bisnis properti dengan baik. Sebab suatu bisnis dapat dikataka sukses jika mampu mengoptimalkan peluang dengan sebaik – baiknya serta mampu mengantisipasi maupun mengatasi berbagai tantangan dan hambatan yang ada di lapangan. Begitu pula dalam penerapannya pada konteks bisnis properti. Adapun kondisi lingkungan yang perlu dipertimbangkan dalam memetakan peluang bisnis properti diantaranya yaitu:

  • Nilai strategis tempat produk properti berlokasi
  • Pola fluktuasi dan prediksi dari rate / kisaran harga pasaran untuk suatu produk properti
  • Tingkat kebutuhan dan permintaan akan suatu produk properti
  • Potensi perkembangan nilai dari suatu produk properti
  • Dinamika kebijakan perekonomian terutama menyangkut bisnis properti baik di pemerintah pusat maupun daerah
  • Dls
  1. Buat perencanaan langkah kerja yang harus dilakukan

Dalam setiap usaha, membuat perencanaan yang baik sebenarnya berarti anda telah menyelesaikan 50% dari pekerjaan anda. Mengapa demikian? Sebab dengan adanya suatu perencanaan, maka kita bisa mengetahui apa sebenarnya masalah yang ingin diatasi dan tahu langkah – langkah kerja apa yang harus dikerjakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam hal ini, target dan tujuan dalam bisnis properti juga dapat dimaknai sebagai masalah. Oleh karenanya, jika anda ingin mendapatkan kesuksesan di bidang bisnis properti, maka sangat penting bagi anda untuk membuat perencanaan langkah – langkah kerja dari bisnis yang anda jalankan. Mulai dari proses penganggaran hingga rencana eksekusinya. Semua harus terkonsep dengan baik dan mempertimbangkan setiap kondisi internal maupun eksternal yang paling aktual. Dengan demikian, bisnis properti anda tidak akan berjalan alamiah tanpa arah.

  1. Laksanakan bisnis properti dengan penuh komitmen dan disiplin tinggi

Ada banyak kasus dimana para lulusan sekolah bisnis ternama sekalipun bisa saja gagal dalam bisnis yang dijalankannya. Dan biasanya, kesalahan mendasar yang dilakukan mereka semua adalah ketidakdisiplinan serta komitmen yang mudah kendur dalam menjalankan bisnis. Padahal, untuk bisa sukses di dalam bisnis properti kedisiplinan dan komitmen tinggi adalah modal dasar yang paling wajib dimiliki. Karena kedua senjata pamungkas tersebut yang akan mempengaruhi konsisten tidaknya bisnis yang anda jalankan.

  1. Selalu update perkembangan terkini di lapangan

Masalah – masalah serta perkembangan informasi di lapangan bisnis properti dapat dikatakan sangat dinamis dan senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Nah, yang menjadi PR bagi para pebisnis di bidang properti adalah senantiasa meng-update informasi mereka terkait permasalahan seputar properti terutama masalah – masalah yang bersifat nasional serta masalah bidang bisnis dan properti di wilayah mereka masing – masing. Dengan demikian, anda tidak akan ketinggalan hal – hal penting yang bisa saja sangat mempengaruhi keputusan yang mesti diambil dalam bisnis properti. Misalnya saja kita hendak menjual tanah di suatu perumahan karena saat itu harga tanah sedang naik – naiknya. Namun karena anda tidak up-date mengenai masalah – masalah di lingkungan perumahan itu, ternyata wilayah tersebut beberapa hari yang lalu seringkali terjadi kasus kemalingan, sehingga membuat image wilayah tersebut menjadi buruk. Ketika tanah tersebut tidak kunjung laku, lantas anda menyerah dan menyimpulkan bahwa berbisnis properti tanah tidak menguntungkan, padahal anda hanya salah menentukan timing penjualan arena anda tidak mengetahui kasus tersebut.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.