7 Makanan Yang Membuat Wajah Anda Selalu Awet Muda

Posted on

Tampak cantik dan awet muda adalah idaman semua wanita. Oleh karenanya, banyak sekali wanita yang berlomba-lomba dalam menggunakan krim-krim anti aging, bahkan sampai melakukan operasi plastik demi mendapatkan wajah awet muda. Sayangnya, penggunaan krim dan proses operasi tersebut membutuhkan biaya yang cukup mahal. Selain itu, tidak menutup kemungkinan adanya efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan bahan-bahan kimia sintesis tersebut.

Terlepas dari penggunaan produk-produkĀ  kosmetik atapun operasi plastik, ternyata makanan dan minuman juga mempunyai peran penting dalam merawat kulit menjadi lebih awet muda. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang kaya akan nutrisi, maka kulit dapat menjadi halus dan terlihat lebih muda.

Nah, berikut 7 makanan dan minuman yang membuat wajah awet muda:

  1. Air Putih

Air putih telah terbukti ampuh dalam menjaga keremajaan kulit. Mengonsumsi air putih secara rutin, minimal 2 Liter sehari dapat menutrisi kulit, menjaga kekencangan kulit, serta mencegah kulit menjadi kering. Air putih juga mampu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar.

  1. Stroberi

Stroberi mengandung provitamin A yang berkhasiat dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, serta menjadikan kulit tampak lebih cerah. Selain itu, stroberi juga mengandung asam salisilat yang berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi kulit, menjaga elastisitas kulit, serta mengecilka pori-pori. Stoberi juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi jerawat.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6. Kandungan tersebut dapat berperan sebagai zat anti penuaan. Asam lemak omega 3 berkhasiat untuk membuat kulit lebih halus dan sehat. Sedangkan asam lemak omega 6 membantu dalam peran diet sehat.

  1. Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal oleh masyarakat di China sebagai minuman yang menyehatkan dan membuat umur lebih panjang. Teh hijau kaya kandungan antioksidan (catechin) yang beperan dalam melindungi kulit dari efek radikal bebas, seperti polusi udara dan paparan sinar UV.

  1. Tomat

Tomat mengandung likopen yang berperan sebagai zat antioksidan. Kandungan ini berfungsi menlindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit baru yang lebih sehat sehingga wajah tampak awet muda.

  1. Alpukat

Selain rasanya yang lezat, buah alpukat juga mengandung folat yang tinggi. Kandungan folat berguna untuk megenerasi sel-sel kulit sehingga kulit tampil lebih sehat dan awet muda. Selain itu, alpukat juga kaya vitamin E yang bertugas sebagai sumber antioksidan penangkal radikal bebas, yaitu pelindung kulit dari paparan sinar UV. Sedangkan kandungan vitamin B kompleks pada alpukat berguna sebagai anti iflamasi (anti peradangan).

  1. Mangga

Buah mangga mengandung 80% vitamin A yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi sel kulit, serta mengurangi kekusaman pada kulit. Selain itu, buah mangga juga mengandung rendah kalori sehingga baik digunakan dalam program diet sehat.

***

Untuk memperoleh kulit yang sehat dan awet muda, lakukanlah olahraga secara rutin, hindari tidur terlalu malam, rajin mencuci muka dengan air (2 kali sehari), dan gunakan tabir surya saat beraktifitas di luar ruangan.

Semoga bermanfaat.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.