7 Tips Untuk Memperoleh Kulit Wajah yang Lembut - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kecantikan / 7 Tips Untuk Memperoleh Kulit Wajah yang Lembut

7 Tips Untuk Memperoleh Kulit Wajah yang Lembut

Kulit wajah yang lembut adalah idaman setiap orang, terutama para wanita. Pada umumnya, kulit wajah yang lembut cenderung sehat dan tidak mempunyai jerawat. Beberapa wanita rela menghabiskan uangnya demi membeli produk-produk kecantikan yang mahal. Memang hasil yang diperoleh dari pemakaian produk-produk kimia akan sangat cepat, namun penggunaan produk-produk tersebut seringkali memberikan efek ketergantungan.

Kulit wajah yang lembut dapat diperoleh dengan menerapkan pola makan yang sehat, hidrasi kulit, dan penggunaan bahan-bahan alami untuk masker kulit. Berikut 7 tips untuk memperoleh kulit wajah yang lembut:

  1. Perbanyak konsumsi makanan segar dan air

Air putih adalah cara efektif untuk menghidrasi kulit. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, maka kulit akan menjadi segar, kencang, dan sehat. Selain air putih, konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan juga baik untuk meningkatkan kelembutan kulit. Sebaiknya kurangi konsumsi garam, gula, dan zat-zat aditif. Anda dapat mengganti konsumsi garam meja dengan garam laut. Sedangkan gula dapat diganti dengan madu atau gula kelapa.

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Sinar matahari mengandung vitamin D yang berguna untuk kesehatan kulit. Namun apabila kulit terpapar sinar matahari terlalu lama, maka juga tidak baik. Paparan sinar UV matahari dapat merusak lapisan kolagen dan menyebabkan pigmentasi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan krim tabir surya setiap melakukan aktifitas di luar ruangan.

  1. Menghapus make up di malam hari

Sisa-sisa make up yang tidak pernah dibersihkan akan terakumulasi di dalam kulit sehingga menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, sempatkan waktu untuk menghapus sisa make up di malam hari. Jangan tidur dengan menggunakan riasan di wajah karena menyebabkan proses regenerasi sel-sel kulit menjadi tidak optimal.

  1. Jangan terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun

Terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Sebaiknya, wajah dicuci dengan sabun sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam hari. Pilihlah jenis sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami  sehingga aman digunakan untuk kulit wajah.

  1. Eksfoliasi kulit

Untuk memperoleh kulit yang lembut, maka lakukan eksfoliasi kulit 2-3 kali dalam seminggu. Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang telah kusam. Namun juga angan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat membuat kulit kering.

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk bahan eksfoliasi adalah kulit jeruk, oatmeal, dan gula.

  1. Gukan jus lemon untuk menghilangkan jerawat

Jus lemon kaya akan vitamin C yang berguna untuk membersihkan wajah dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda dapat mencampur 1 sdm jus lemon dengan 1 sdm madu, lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

  1. Gunakan madu untuk melembabkan wajah

Madu merupakan pelembab alami yang aman digunakan untuk semua jenis kulit. Madu juga mempunyai kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat menghilangkan jerawat dan panu. Anda dapat mengoleskan madu secara langsung pada wajah atau mencampurnya dengan susu dan yogurt. Susu dan yogurt berperan untuk mencerahkan kulit.

Cara penggunaannya, campurkan madu, susu, dan yogurt dengan perbandingan yang sama. Kemudian oleskan pada wajah selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Demikianlah 7 tips untuk memperoleh kulit wajah yang lembut. Semoga dapat bermanfaat.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

kulit wajah kering

Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam Secara Alami

Kulit wajah kering (xerosis atau asteatosis) merupakan kondisi dimana kulit kehilangan kelembabannya sehingga tampak pecah-pecah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *