8 Cara Menambah Berat Badan Dengan Sehat

Posted on

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan memang cukup sulit walaupun telah melakukan progam diet ketat. Bahkan, tak jarang pula mereka mengonsumsi pil-pil penurun berat badan hingga melakukan operasi sedot lemak. Semua dilakukan hanya untuk memperoleh tubuh yang ramping.

Kendati demikian, ternyata ada juga orang-orang yang malah kesulitan menaikkan berat badan. Meskipun mereka sudah makan dalam porsi banyak, namun tetap saja tubuh tetap kurus. Biasanya hal ini dikarenakan adanya gangguan metabolisme, dimana proses metabolisme berlangsung terlalu cepat.

Berat badan yang terlalu kurus tentu akan memperburuk penampilan. Pasalnya, badan terlihat lemas dan wajah cenderung tampak lebih tua. Nah, jika anda saat ini sedang galau memikirkan cara yang tepat untuk menambah berat badan, maka tidak salahnya jika anda menyimak tips-tips berikut ini.

Oke, langsung saja simak 8 cara menambah berat badan dengan sehat:

  1. Konsumsi makanan padat kalori yang bergizi

Untuk menambah berat badan, tentu anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih makanan. Terkadang seseorang berpikir bahwa makanan berlemak tinggi dapat menambah berat badan dengan cepat, sehingga mereka pun memutuskan untuk mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Padahal cara tersebut tidaklah sehat.

Jika anda mengonsumsi makanan berlemak berlebihan, maka lemak akan tertimbun di pembuluh darah sehingga memicu penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah). Oleh karena itu, fokuslah pada makanan padat kalori yang bergizi, seperti ikan tuna, daging merah, telur, dan gandum. 

  1. Tambah frekuensi makan

Untuk menambah berat badan, tambahlah frekuensi makan anda. Jika normalnya anda akan 3 kali sehari, maka tingkatkan menjadi 5 kali sehari. Porsi yang anda makan juga tidak perlu terlalu berlebihan. Makanlah dengan porsi normal agar lebih mudah dicerna oleh tubuh.

  1. Tingkatkan asupan kalori

Pada umumnya, kebutuhan kalori harian laki-laki sebesar 2200 kalori, sedangkan perempuan 1900 kalori. Jika anda berencana menambah berat badan ½ kg dalam seminggu, maka anda harus menambah asupan kalori, setidaknya dengan tambahan 500 kalori sehari.

  1. Makan sebelum tidur

Pada saat tidur, tubuh akan membakar kalori lebih banyak, yaitu sekitar 62 kalori perjam. Oleh karena itu, jika anda tidak ingin kurus maka konsumsilah makanan sebelum tidur. Usahakan mengonsumsi makanan dengan kalori sekitar 500 kalori untuk waktu tidur 8 jam. Dengan begitu, saat tubuh melakukan pembakaran kalori, masih ada cadangan lemak yang masuk ke dalam tubuh. 

  1. Konsumsi cemilan sehat

Mengemil snack saat berada di sela-sela kegiatan dapat membantu menaikkan berat badan. Namun bukan berarti anda harus mengonsumsi cemilan tidak sehat, seperti produk keripik kentang yang diawetkan, pizza, burger, atau soft drink. Sebaiknya konsumsilah cemilan sehat seperti keripik buah yang dikeringkan, nugget ayam, kacang-kacangan, atau biji-bijian. 

  1. Tambahkan pelengkap pada menu makanan

Untuk menambah jumlah kalori harian, anda dapat menambahkan pelengkap pada menu makanan, seperti saus tomat, mentega, minyak zaitun, atau keju. Tingkatkan juga konsumsi makanan yang mengandung zat pati, seperti kentang dan jagung. 

  1. Konsumsi minuman sehat penambah kalori

Jika anda ingin menaikkan berat badan, maka tidak cukup hanya mengonsumsi air putih. Anda dapat menambah kalori harian dengan mengonsumsi jus buah, jus sayuran, susu, dan milkshake.

  1. Seimbangkan kadar karbohidrat, protein, dan lemak

Jangan terlalu fokus dengan mengonsumsi makanan berlemak saja. Anda juga harus menyeimbangkan kadar antara makanan berkabohidrat, protein, dan lemak. Protein berguna untuk menambah massa otot. Sedangkan kelebihan karbohidrat akan disimpan dalam bentuk lemak. Dengan mengonsumsi kadar makanan yang seimbang, maka membantu anda untuk  menaikkan berat badan dengan sehat.

***

Nah, sekarang sudah tahu kan cara-cara untuk menambah berat badan dengan sehat? Jika anda melakukan cara-cara tersebut dengan konsisten, maka berat badan pun juga akan naik. Tetapi ingat, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan berolahraga. Apabila anda hanya berfokus pada menambah berat badan tanpa berolahraga, maka dapat memicu obesitas.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.