8 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dalam Waktu Singkat - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kecantikan / 8 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dalam Waktu Singkat

8 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Apakah anda seseorang yang bermasalah dengan kaki yang bau? Biasanya munculnya bau pada kaki disebabkan karena kurang memperhatikan kebersihan kaki. Kaki yang bau tentu dapat mengurangi kepercayaan diri dan membuat penderitanya menjadi minder.

Pada umumnya, kaki menggunakan kaos kaki dan sepatu hampir seharian. Hal inilah yang memicu munculnya bakteri penyebab bau kaki. Biasanya bakteri berkembang biak di tempat-tempat yang lembab dan kotor. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan kaki secara rutin dan teratur guna mencegah perkembangan bakteri di kaki.

Nah, berikut 8 cara menghilangkan bau tersebut agar anda selalu nyaman:

  1. Kenakan sepatu yang berbeda

Tips pertama untuk mengatasi bau kaki adalah jangan gunakan sepatu yang sama selama 2 hari berturur-turut. Hal ini menyebabkan sepatu tidak mendapatkan banyak sinar matahari, sehingga menjadi lembab. Sepatu yang lembab akan menjadi tempat perkembangan bakteri penyebab bau kaki. Jadi, sebaiknya gunakan sepatu yang berbeda setiap hari. Setidaknya anda harus mempunyai 2 macam sepatu untuk digunakan secara bergantian.

  1. Rutin membersihkan kaki

Rutin membersihkan kaki adalah salah satu kunci untuk mencegah timbulnya bau kaki. Cucilah kaki dengan sabun antibakteri 2 kali dalam sehari atau menggunakan baking soda. Dengan begitu kebersihan kaki akan terjaga dan terhindar dari bakteri.

  1. Taburkan baking soda di sepatu pada malam hari

Baking soda adalah deodorizer alami yang dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki. Usahakan setiap malam menaburkan bubuk baking soda di dalam sepatu. Apabila anda rutin melakukan hal ini dan sering mencuci kaki, maka masalah bau kaki dapat teratasi.

  1. Minyak atsiri

Selain memiliki aroma yang kuat, minyak atsiri mempunyai sifat antibakteri. Anda dapat merendam lapisan dalam sepatu dengan minyak atsiri selama semalaman. Pada umumnya, minyak atsiri dapat bekerja efektif menghilangkan bau di sepatu. Jenis minyak atisiri yang sering digunakan untuk menghilangakan bau kaki adalah minyak pohon the (tree tea oil).

  1. Rendam kaki dengan cuka sari apel

Merendam kaki dengan cuka sari apel juga berkhasiat dalam mengatasi bau kaki. Caranya, campurkan 1/2 cangkir cuka sari apel ke dalam 5 gelas air. Rendam kaki anda di dalam campuran cuka tersebut selama 15 menit. Kemudian bilas kaki dengan air hingga bersih.

  1. Lakukan eksfoliasi pada kulit kaki

Eksfoliasi atau pengelupasan pada sel-sel kulit mati di kaki berguna untuk menghilangkan bau kaki dan menyingkirkan bakteri yang berkembang biak di kulit. Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun, gula, dan minyak atsiri untuk melakukan eksfoliasi pada kulit. Campuran ketiga bahan tersebut dapat membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan bakteri.

cara menghilangkan bau kaki

  1. Rendam kaki dengan garam

Cara sederhana untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki pada air garam. Garam bersifat sebagai antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki. Anda dapat mencampurkan ½ cangkir garam pada 5 gelas air. Rendam kaki selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Rendam kaki dengan teh hitam

Teh hitam mengandung asam tannic yang berperan efektif dalam membunuh bakteri dan menghentikan produksi keringat yang berlebih. Cara penggunaannya, masukkan 2 kantung teh hitam celup  ke dalam 3 gelas air mendidih. Kemudian tambahkan air dingin dan biarkan beberapa saat hingga dingin. Sesudah dingin, rendam kaki dalam air teh hitam selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

Demikianlah 8 cara untuk menghilangkan bau kaki dalam waktu yang singkat. Jangan biarkan orang lain tersiksa dengan bau kaki anda. Maka sering-seringlah membersihkan dan merawat kaki anda agar selalu sehat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *