8 Makanan yang Disarankan Untuk Penyakit Kuning

0
11

Penyakit kuning merupakan gejala dari penyakit liver, sirosis, malaria, dan penyakit lainnya. Penyebab penyakitt kuning adalah produksi zat bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh yang berlebihan, sehingga warna tubuh (seperti mata, selapu lendir, dan kulit) cenderung menjadi kuning.

Beberapa gejala dari penyakit kuning, diantaranya yaitu:

  • Demam
  • Mual
  • Sering muntah
  • Sakit kepala
  • Nafsu makan berkurang
  • Berat badan mengalami penurunan

Selain melakukan pengobatan secara medis, penderita penyakit kuning juga harus memperhatikan pola makannya. Biasanya penderita penyakit kuning disarankan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna.

Beberapa makanan yang harus dibatasi konsumsinya oleh penderita penyakit kuning, yaitu:

  • Makanan pedas
  • Makanan tinggi gula
  • Kopi
  • Makanan berbau yang memicu rasa mual
  • Makanan yang mengandung tinggi garam
  • Makanan berminyak, seperti gorengan
  • Makanan mentah dan setengah matang

Gejala penyakit kuning dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan tertentu. Meminum obat-obatan medis dengan dibarengi pengonsumsian makanan sehat dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit kuning.

Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk penderita penyakit kuning:

  1. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang disarankan untuk penderita penyakit kuning. Tomat mengandung tinggi likopen, antioksidan, dan vitamin C. Kandungan di dalam tomat tersebut dapat membantu proses penyembuhan penyakit kuning dan meregenerasi sel-sel di hati. Anda dapat mengonsumsi jus tomat setiap hari tanpa menggunakan gula agar lebih alami dan sehat.

  1. Wortel

Wortel adalah sayuran berwarna orange yang biasa digunakan pelengkap masakan. Di dalam wortel terkandung zat beta karoten, vitamin A, vitamin C, dan rendah kolesterol. Kandungan di dalam wortel tersebut dapat membantu proses detoksifikasi hati serta mengembalikan fungsi hati yang rusak.

  1. Kacang almond

Kacang almond merupakan makanan yang dapat meningkatkan energi dan membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Mengonsumsi kacang almond setiap hari berguna untuk menjaga kesehatan fungsi hati.

  1. Air lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Di samping itu, air lemon juga akan membuka saluran empedu serta meredakan gejala penyakit kuning. Mengonsumsi air lemon setiap hari saat perut kosong akan mempercepat penyembuhan penyakit kuning.

  1. Nanas

Buah nanas merupakan buah sumber vitamin C yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dan membersihkan sel-sel hati dari racun. Mengonsumsi buah nanas dapat meringankan gejala penyakit kuning dan membanu penyembuhannya.

  1. Air tebu

Khasiat air tebu memang sudah banyak dikenal. Air tebu dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit kuning.  Mengonsumsi segelas air tebu setiap hari dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengembalikan fungsi hati yang telah rusak.

  1. Buah delima

Siapa yang tidak mengenal buah delima? Ya, buah delima adalah satu buah yang mengandung tinggi antioksidan dan mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan penyakit, termasuk kanker dan penyakit kuning.  Buah delima juga mengandung natrium dan sejumlah nutrisi lain yang membantu penyembuhan penyaki kuning.

  1. Jus Lobak

Jus lobak dapat membantu mengurangi kelebihan zat bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh, sehingga lobak merupakan makanan yang dianjurkan bagi penderita penyakit kuning. Mengonsumsi 2 gelas jus lobak setiap hari dapat membantu proses penyembuhan penyakit kuning.

Demikianlah 8 makanan yang disarankan untuk penderita penyakit kuning. Semoga info ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here