8 Tips Berikut ini Terbukti Ampuh Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Posted on

Seiring bertambanya usia, maka kulit akan semakin kehilangan elastisitas atau kekencangannya. Selain itu, efek paparan sinar matahari, merokok, pengonsumsian junk food juga dapat mengurangi elastisitas kulit. Kulit yang kehilangan elastisitasnya menjadi semakin kendur dan muncul keriput.

Mungkin anda akan berpikir bahwa operasi adalah satu-satunya cara mengencangkan kulit. Sebenarnya tidak demikian. Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengencangkan kulit. Cara-cara alami ini jauh lebih murah dan tidak mempunyai efek samping.

Berikut 8 tips untuk mengencangkan kulit wajah secara alami:

  1. Hidrasi kulit

Sala satu kunci utama untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan hidrasi kulit. Mengonsumsi air putih dapat menghidrasi kulit secara optimal. Air dapat mengurangi keriput dan mengencangkan kulit wajah. Sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 2 Liter sehari untuk membuat kulit lebih kencang dan tampak bercahaya.

  1. Hindari gorengan dan junk food

Mengonsumsi  gorengan dan junk food dapat memberikan efek buruk untuk kulit. Makanan yang berminyak dan berlemak membuat kulit semakin kendur. Di samping itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat aditif secara berlebihan juga memicu timbulnya jerawat dan merusak kulit.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar

Rahasia lain untuk memperoleh kulit yang kencang adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu hidrasi kulit, melembabkan, dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

  1. Gunakan pelembab setiap hari

Gunakan pelembab di setiap rutinitas sehari-hari guna menjaga kesehatan kulit. Pelembab dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari dehidrasi. Penggunaan pelembab secara rutin akan meningkatkan kekecangan kulit wajah.

  1. Perbanyak konsumsi protein

Mengonsumsi protein juga dapat membantu meningkatkan kekencangan kulit wajah. Protein berperan untuk membangun otot,  memproduksi kolagen, serta elastin di kulit. Pastikan untuk menyertakan makanan berprotein pada setiap menu harian anda. Protein yang baik dikonsumsi adalah yang berasal dari tumbuan, seperti kacang hitam, tahu, bayam, brokoli, biji labu, asparagus, almond, buncis, dan biji rami. Beberapa jenis protein hewani juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit , seperti ikan, produk susu, dan daging tanpa lemak.

  1. Eksfoliasi dengan baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk bahan eksfoliasi alami. Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang bertujuan untuk membuat kulit terlihat lebih sehat, segar, awet muda, dan menghilangkan minyak serta kotoran yang menempel di pori-pori kulit. Cara penggunaannya, campur baking soda dengan air hangat hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada wajah dengan lembut selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

  1. Pijat kulit dengan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sala satu pelembab alami yang dapat berguna untuk mengencangkan kulit. Minyak zaitun mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat membantu melembutkan dan melancarkan sirkulasi darah. Apabila anda menggunakan minyak zaitun untuk wajah, maka pijat secara perlahan hingga otot-otot wajah menjadi relaks. Sebaiknya gunakan pada malam hari dan bersihkan saat pagi hari.

  1. Putih telur untuk masker wajah

Salah satu tips paling efektif untuk mengencangkan kulit adalah menggunakan masker putih telur. Putih telur mengandung nutrisi yang dapat mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih, dan memutihkan kulit, Gunakan masker putih telur pada wajah, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Demikianlah 8 tips kecantikan yang dapat anda terapkan untuk selalu menjaga kekencangan kulit wajah anda. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.