9 Jenis Olahraga Ringan Untuk Menurunkan Berat Badan

Posted on

Tidak semua jenis olahraga dapat membantu menurunkan berat badan. Biasanya, sebagian besar orang memilih untuk pergi ke gym (pusat olahraga) untuk melakukan latihan penurunan berat badan. Latihan olahraga di pusat gym memang dapat membantu menurunkan berat badan, namun tentu saja pelatihan di pusat gym juga tidak murah. Anda harus menyediakan anggaran yang lebih untuk melakukan aktifitas di gym.

Apabila anda tidak mempunyai cukup biaya ataupun waktu, beberapa jenis olahraga ringan juga dapat menjadi alternatif yang baik sekaligus murah untuk menurunkan berat badan. Berikut 9 jenis olahraga untuk menurunkan berat badan:

  1. Jalan kaki

Jenis olahraga yang paling ringan adalah jalan kaki. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ataupun menggunakan alat-alat khusus. Dengan berjalan kaki 10.000 langkah sehari, maka dapat membantu pembakaran 400 kalori di dalam tubuh. Selain itu, jalan kaki juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Bersepeda

Bersepeda juga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Anda dapat melakukan kegiatan bersepeda ini setiap pagi dengan menikmati udara yang masih segar dan bersih. Bersepeda tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga mengurangi polusi udara di lingkungan.

  1. Senam ringan

Melakukan beberapa gerakan senam ringan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti jongkok, melompat-lompat, merengangkan tangan dan kaki, dan berlari di tempat.

  1. Aktifitas rumah

Melakukan aktifitas sehari-hari di rumah juga berguna untuk membakar kalori tubuh. Jika anda sedang bosan dan tidak ada kegiatan di rumah, maka anda dapat mencoba beberapa aktifitas seperti menyapu, mengepel, membersihkan kaca, mencuci, dan menjemur, Jika anda berkeringat setelah beraktifitas, maka anda sudah berhasil membakar kalori di dalam tubuh.

  1. Berenang

Berenang adalah olahraga yang menyenangkan sekaligus membantu menurunkan berat badan. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat berenang berperan efektif untuk membakar kalori. Jadi, jangan lupa menyempatkan waktu di hari libur untuk pergi berenang.

  1. Seni bela diri

Seni bela diri, seperti judo, silat, karate, dan lainnya juga berguna untuk menurunkan berat badan. Dengan belajar seni bela diri, anda tidak hanya memperoleh keterampilan khusus, tetapi juga membantu anda memperoleh bobot tubuh yang ideal.

  1. Tarian (Dance)

Anda suka menari? Kebiasaan menari juga dapat membantu menurunkan berat badan, loh! Kegiatan menari seperti zumba, hula hup, dan hip hop bermanfaat untuk membakar kalori tubuh secara efektif. Jika anda tidak percaya, maka lihatlah para penari-penari di televisi, sebagian besar seorang penari pasti mempunyai tubuh yang ideal dan ramping.

  1. Bulu tangkis

Pada umumnya, sebagian besar orang melakukan olahraga berat untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun jika kondisi badan anda tidak mampu untuk melakukan olahraga berat, maka cukup mencoba permainan bulu tangkis. Anda dapat bergabung dengan klub bulu tangkis hanya dengan bermodalkan 2 raket dan shuttlecock. Berlatih bulu tangkis secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan secara perlahan.

  1. Jogging

Jogging atau berlari-lari kecil salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Anda dapat menyelingi jogging dengan berjalan kaki saat pagi hari. Olahraga jogging akan terasa sangat menyenangkan apabila di lakukan di pagi hari sebelum bekerja. Anda akan memperoleh udara segar dan melihat pemandangan dengan leluasa.

Demikianlah informasi mengenai 9 olahraga ringan yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.