9 Langkah Mudah Melakukan Menicure di Rumah

Posted on

Menicure merupakan serangkaian perawatan pada jerami tangan guna mendapatkan jari-jari tangan yang lebih bersih, sehat, dan cantik. Pada umumnya, perawatan manicure ini dilakukan di salon-salon kecantikan. Namun sayangnya, biaya yang dibutuhkan untuk manicure ini terbilang cukup mahal. Belum lagi, anda harus rela mengantri panjang. Tentu hal inilah yang membuat kita menjadi malas melakukan manicure.

Nah, jika anda termasuk orang yang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu untuk ke pergi salon, maka sebaiknya lakukan saja perawatan manicure di rumah. Dengan 9 langkah berikut ini, anda dapat memperoleh hasil yang berkualitas seperti perawatan menicure di salon.

Tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja simak 9 langkah mudah melakukan menicure di rumah berikut ini:

  1. Siapkan semua bahan

Beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum melakukan manicure, antara lain adalah:

  • Penghapus cat kuku (aseton)
  • Kapas
  • pelunak kutikula, gunting kutikula, dan pendorong kutikula
  • Gunting kuku dan kikir kuku
  • Amplas
  • Cat kuku
  • Lapisan dasar (base coat) dan top coat
  • Pelembab kuku (Nail buffer, hand treatment mask, atau minyak zaitun)
  1. Bersihkan kuku

Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan kuku dan menghapus sisa cat kuku (apabila kuku anda pernah diwarnai sebelumnya). Anda dapat menghapus cat kuku dengan penghapus cat kuku, seperti aseton. Caranya tuang sedikit aseton pada kapas, kemudian usap perlahan pada kuku untuk menghapus cat. Setelah bersih, bilas kuku dengan air.

  1. Perendaman kuku

Lakukan perendaman kuku dalam air hangat dan minyak zaitun agar kuku lebih lembab, melunak dan mudah dibesihkan. Lakukan perendaman selama 15 menit, kemudian keringkan kuku dengan handuk.

  1. Pemotongan kuku

Potong kuku dengan rapi, tetapi jangan terlalu dalam. Potong menjadi bentuk persegi yang membulat di ujungnya. Selanjutnya, kikir kuku untuk merapikan hasil guntingan dan jangan lupa untuk mengamplas kuku agar lebih bersih dan mengkilap.

  1. Hilangkan kutikula

Untuk menghilangkan kutikula, pertama oleskan krim pelunak kutikula. Kemudian gunakan pendorong kutikula agar kutikula mudah dilepaskan. Lalu, gunting kutikula dengan perlahan. Jangan menariknya secara kasar akan dapat menyebabkan infeksi. Setelah kutikula dilepas, rendam tangan di dalam air dingin.

  1. Berikan pelembab pada kuku

Agar kuku menjadi lebih cantik dan lembab, maka oleskan pelembab kuku. Pada umunya, produk yang digunakan untuk melembabkan kuku adalah nail buffer set dan hand treatmant mask. Tetapi jika anda tidak mempunyai produk tersebut, maka anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab kuku. Saat mengoleskan pelembab, berikan juga sedikit pijatan pada jari-jari untuk memperlancar aliran darah.

  1. Mengecat kuku

Sebelum memberikan cat pada kuku, pastikan untuk menerapkan base coat terlebih dahulu. Penggunaan base coat bertujuan untuk melindungi kuku dari efek pewarnaan dan mencegah keretakan. Setelah penggunaan base coat, tunggulah beberapa menit hingga base coat mengering. Setelah base coat mengering, aplikasikan cat kuku yang anda sukai. Terakhir, pulas kuku dengan top coat untuk menambah kilau dan sinar pada cat kuku.

  1. Mengeringkan cat kuku

Setelah menerpakan cat pada kuku, anda harus mengeringkan cat kuku terlebih dahulu sebelum beraktifitas. Untuk mengeringkan kuku, anda dapat menggunakan drip dray yang mengandung minyak dan lidah buaya agar lebih cepat kering. Selain itu, tambahkan minyak kutikula agar kuku lebih sehat.

  1. Lindungi tangan dari sinar matahari

Apabila kuku sudah cantik, anda tentu juga harus merawat kecantikan tangan. Oleh karena itu, gunakan hand body yang mengandung vitamin E dan SPF untuk menjaga kelembaban kulit tangan dan melindunginya dari paparan sinar matahari.

***

Nah, demikianlah trik untuk melakukan manicure di rumah. Mudah kan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.