OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Amankah Mencerahkan Wajah Dengan Suntik Vitamin C?

Posted on

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik. Dimana kecantikan ini seringkali dikaitkan dengan wajah yang cerah dan putih. Jika pada zaman dahulu, para wanita memanfaatkan bahan-bahan tradisional guna meperoleh kecantikan, maka di era modern ini wanita lebih memilih cara yang praktis, salah satunya adalah suntik vitamin C.

Suntik vitamin C ini cukup populer dan telah dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari artis, wanita kantoran, hingga anak kuliahan. Vitamin C yang disuntikkan ke pembuluh vena akan diserap oleh kulit tanpa melalui usus. Sehingga hasilnya untuk mencerahkan kulit pun lebih cepat dan optimal.

Lalu yang jadi pertanyaan, amankah mencerahkan wajah dengan suntik vitamin C ?

Walaupun mempunyai banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit, namun apabila dilakukan secara berlebihan, suntik vitamin C juga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh sekitar 2000mg/hari. Normalnya suntik vitamin C dilakukan 8 kali dalam kurun waktu 3 minggu.

Berdasarkan tinjauan beberapa studi dan paparan dari Dr. Sutirto Basuki, SpKK, M.Kes, FINSDV, FAADV,  berikut beberapa efek samping dari suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit wajah:

  1. Tidak baik untuk Ginjal

Vitamin C yang disuntikkan secara berlebihan dapat merusak fungsi ginjal. Selain itu, bagi penderita gangguan ginjal dan gagal ginjal, suntik vitamin C tidak dianjurkan. Alasannya vitamin C yang dikonsumsi penderita gagal ginjal dapat memicu terjadinya batu ginjal. Di samping itu, vitamin C juga menganggu penyerapan mineral-mineral yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Tidak dianjurkan untuk penderita maag dan hematokromatosis

Vitamin C merupakan senyawa yang mempunyai tingkat keasaman tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh pengidap maag, maka akan memicu kenaikan asam lambung sehingga menimbulkan rasa perih di lambung.

Selain itu, Vitamin C juga berperan sangat efektif dalam penyerapan sangat zat besi. Oleh karena itu, pengidap hematokromatosis (seorang yang mempunyai kelebihan zat besi di dalam tubuhnya) tidak dianjurkan melakukan suntik vitamin C.

  1. Efek samping tertentu

Tahukah anda, sebenarnya suntik vitamin C bukanlah cara inti untuk mendapatkan kulit cerah, melainkan hanya sebagai penunjang. Pemakaian krim pemutih atau masker lebih memberikan efek yang signifikan untuk mencerahkan kulit.

Sayangnya, sudah banyak orang yang mengalami ketergantungan terhadap suntik vitamin C. Bahkan tak jarang pula, ada yang menambahkan suntik vitamin C dengan kolagen. Tujuannya agar kulit lebih kenyal, kencang, dan menghilangkan keriput.

Penyuntikan vitamin C dan kolagen dapat menyebabkan efek samping berupa iritasi, gatal, dan alergi. Bahkan dalam kasus terburuk, akan menyebabkan kematian. Selain itu, apabila penyuntikan vitamin C dihentikan, maka kecerahan kulit juga akan memudar.

  1. Dilarang di beberapa Negara

Penyuntikan vitamin C telah banyak dilarang di beberapa Negara. Di Afrika, suntik vitamin C telah dilarang sejak 20 tahun yang lalu. Di Amerika, suntik vitamin C justru tidak pernah direkomendasikan. Sedangkan di Australia, suntik vitamin C dilarang dan apabila ada dokter yang melakukan prakter penyuntikan vitamin C, maka dokter tersebut akan dipenjara.

***

Sebenarnya, jika anda ingin memperoleh khasiat dari vitamin C untuk mencerahkan kulit wajah, anda dapat mengonsumsi buah jeruk atau melakukan perawatan wajah dengan masker jeruk nipis, tomat, atau pepaya. Perawatan ini lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun bagi kulit.

Namun, apabila anda memang menginginkan cara yang lebih instan dengan suntik vitamin C, sebaiknya berkonsultasilah lebih dahulu dengan dokter kulit yang profesional. Selain itu, pastikan tubuh anda cocok dengan suntikan vitamin C tersebut karena terkadang efeknya juga berbeda-beda untuk setiap orang.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.