Amankan Akun Gmail Anda Agar Tidak Menjadi Target Penipuan - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Teknologi / Amankan Akun Gmail Anda Agar Tidak Menjadi Target Penipuan

Amankan Akun Gmail Anda Agar Tidak Menjadi Target Penipuan

Membuat akun email di Gmail memang menyenangkan. Namun, meskipun demikian bukan berarti bebas dari kejahatan. Artinya, semua email bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu, karena email adalah identitas pribadi maka anda pun harus menjaganya dengan cara menerapkan pengaman yang dapat meminimalisir kejahatan. Biasanya email seringkali dibobol kemudian digunakan untuk kejahatan. Jadi, jika anda mengamankan akun email berarti sama dengan menutup satu pintu kejahatan.

Untuk itu, sebagai pengguna email di Gmail, anda pun harus tahu jenis folder yang berhubungan dengan jenis-jenis email yang dicurigai oleh gmail. Biasanya, email yang tidak dikenal dalam kontak anda atau email yang tidak jelas pengirimnya (pengirim software) akan langsung dimasukkan ke dalam folder “spam”.

cara mengamankan gmail

Fungsi Folder Spam

Folder spam di email gmail sangat berguna untuk penggunanya. Sebab, folder ini merupakan tempat bagi email-email sampah atau biasa disebut dengan junkmail. Junkmail ini merupakan email yang dikirimkan secara berulang-ulang. Padahal, si pengirim tidak diketahui dan anda sebagai pemilik email pun tidak menghendaki email tersebut.

Junkmail seringkali berbentuk iklan. Si pengirim bisa saja mendapatkan email anda dari software pelacak email tertentu. Kemudian ia gunakan untuk menyebarkan promosi produknya. Junkmail sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan.

Meskipun demikian, tidak semua email yang masuk spam adalah email sampah. Terkadang kita mendaftar ke suatu layanan bisnis tertentu akan tetapi karena email anda belum mengenal email tersebut biasanya email tersebut masuk ke spam. Anda tidak perlu hawatir sebab yang perlu anda lakukan hanya memindahkan email tersebut ke folder inbox saja.

Nah, agar email anda terhindar dari junkmail atau agar tidak dapat dibobol oleh orang lain maka anda bisa menerapkan beberapa strategi berikut ini.

  • Menggunakan Password Kombinasi

Password adalah pintu utama yang harus dibobol oleh orang jika ingin menyalahgunakan suatu email. Untuk itu anda pun harus memperkuat password email anda. Caranya cukup sederhana, gunakan kombinasi antara “simbol, huruf (besar/kecil), angka”. Kombinasi dari ketiga jenis ini sulit sekali ditebak oleh software. Sebab password tersebut tergolong unik menurut gmail.

  • Menggunakan Verifikasi Ganda

Gmail menyediakan dua jenis verifikasi. Pertama verifikasi dengan nomor HP. Jenis ini sangat aman karena yang tahu hanya anda sendiri. Umumnya, nomor HP ini digunakan sebagai alat bantu verifikasi password. Maka jangan anggap remeh fungsi verifikasi ini. Dan kedua adalah verifikasi dengan password itu sendiri.

  • Atur Settingan Koneksi Dengan SSL

Ketika anda terhubung ke internet pertama tentu anda menggunakan URL yang biasa. Namun, URL yang biasa ini justru menjadi sarana yang kurang aman. Untuk menyikapinya anda bisa melakukan setting koneksi SSL. Sebagai contoh, jika anda menggunakan URL standar maka anda akan mendapati URL http://mail.google.com tapi jika anda menggunakan SSL maka alamatnya akan berubah menjadi https://mail.google.com. Cara mengaktifkan koneksi SSL pun sangat sederhana. Silahkan ke menu SETTING kemudian klik GENERAL. Di situ anda akan mendapati pilihan Browser Connection. Ubah menjadi Always use https. Dengan mencentang ini maka URL email anda akan menjadi pola SSL. Dan ini cukup bisa mengamankan email anda.

– Manfaatkan Pilihan Password Recovery

Strategi mengamankan email di gmail selanjutnya ialah dengan cara menggunakan opsi Password Recovery. Yang dimaksud dengan password recovery adalah pemulihan password. Artinya apabila anda lupa dengan password atau password anda diubah oleh orang lain, maka anda dapat mengembalikannya dengan mudah. Cara settingnya pun cukup sederhana. Klik menu SETTING kemudia pilih ACCOUNTS AND IMPORT dan pilih CHANGE PASSWORD RECOVERY. Nah, pada tahap ini anda dapat menambahkan nomor HP atau alamat email yang lain untuk memulihkan email jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *