Thursday , June 22 2017
Home / Tips Kesehatan / Kesehatan Jantung / Apakah Penyakit Paru-Paru Basah Menular? Begini Penjelasannya
paru-paru basah

Apakah Penyakit Paru-Paru Basah Menular? Begini Penjelasannya

Penyakit paru-paru basah merupakan kondisi dimana paru-paru memiliki kandungan banyak cairan yang abnormal sehingga menyebabkan terjadinya peradangan. Beberapa gejala dari penyakit paru-paru basah, seperti batuk (terkadang disertai dahak berupa darah), sesak nafas, demam, nyeri dada, nafsu makan berkurang, nafas terasa berat, dan badan semakin kurus.

Penyebab dari penyakit ini adalah mandi di malam hari, sering keluar saar malam hari, tidur di tempat yang dingin, begadang, tidur dengan menyalakan kipas angin, berkendara di malam hari, infeksi, benturan pada rongga dada, dan tumor.

Banyak orang yang bertanya, apakah penyakit paru-paru basah ini menular atau tidak? Jika menular, bagaimanakah penularan penyakit tersebut?  Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Apakah penyakit jenis paru-paru basah menular?

Sebagian besar orang sering mengaitkan penyakit paru-paru basah dengan penyakit TBC. Padahal kedua penyakit tersebut jelas berbeda. Penyakit TBC adalah jenis penyakit paru-paru yang dapat menular satu sama lain. Penularannya melalui udara dan air liur sang penderita. Sedangkan penyakit paru-paru basah belum tentu dapat menular.

Ya, penyakit tersebut ada yang menular dan ada yang tidak menular. Menular tidaknya penyakit paru-paru basah tergantung pada penyebab penyakit tersebut.

  • Apabila penyakit paru-paru basah disebabkan oleh trauma, benturan pada rongga dada, dan tumor, maka penyakit ini tidak dapat menular.
  • Apabila penyakit paru-paru basah disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur, maka penyakit ini dapat menular satu sama lain, seperti halnya penyakit pernafasan lainnya (TBC dan pneumonia).

Penyebab utama pemicu infeksi bakteri, virus, dan jamur adalah kondisi kelembaban yang tinggi dan turunnya sistem imun tubuh. Infeksi pada paru-paru ini menyebabkan masuknya cairan ke dalam darah pada organ pulmonari alveolus di paru-paru. Cairan ini akan memenuhi organ paru-paru sehingga menyebabkan pembengkakan. Biasanya penderita paru-paru basah akan mengalami sesak nafas, nyeri dada, dan batuk disertain darah.

Penularan penyakit paru-paru basah

Penularan penyakit paru-paru basah dapat melalui udara maupun kontaminasi secara tak langsung.

  1. Melalui udara, yaitu saat si penderita bersin dan batuk
  2. Kontaminasi secara tak langsung, yaitu menggunakan benda-benda milik penderita seperti piring, sendok, saputangan, handuk, dan lainnya.
  3. Lendir dan darah yang dikeluarkan pada saat batuk juga dapat menjadi media penularan penyakit paru-paru basah

Untuk mencegah penyakit yang satu ini, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:

  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Jangan melakukan aktifitas begadang secara terus-menerus
  • Tidur malam yang cukup, setidaknya 7-8 jam
  • Berolahraga secara rutin, anda dapat melakukan jalan kaki 30-60 menit setiap pagi
  • Jangan meludah di sembarang tempat
  • Mengonsumsi makanan padat gizi, seperti buah-buahan dan sayuran
  • Gunakan masker saat berpergian di tempat yang berdebu
  • Tutup mulut dan hidung dengan sapu tangan saat bersin
  • Hindari menggunakan barang milik orang lain, seperti handuk dan sikat gigi

Demikianlah ulasan tentang penularan penyakit yang menyerang paru-paru. Sebaiknya anda waspada terhadap penyakit yang satu ini dan usahakan untuk tidak berada di dalam 1 ruangan yang sama dengan penderita paru-paru basah yang menular. Karena pada saat bersin, penderita akan mengeluarkan virus atau bakteri yang akan mengontaminasi ruangan. Apabila anda menghirup udara di ruangan tersebut, maka anda berkemungkinan tertular penyakit paru-paru basah.

Anda juga perlu mempelajari cara penularan penyakit yang menyerang paru-paru tersebut dan cara mengobatinya.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *