Bahaya dan Cara Mengobati Penyakit Hipertensive Heart Disease

Posted on

Hipertensive heart disease (HHD) merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan penyakit jantung secara keseluruhan, mulai dari left ventricle hyperthrophy, penyakit jantung koroner, aritmia jantung, dan penyakit jantung kronis, yang kesemuanya secara langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh peningkatan tekanan darah (hipertensi).

Kondisi Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat meningkatkan kerja jantung, hingga seiring waktu, hal ini menyebabkan otot jantung menjadi lelah dan lemah. Akibatnya kinerja jantung untuk memompa darah pun semakin menurun. Apabila tidak segara mendapat penanganan kondisi ini dapat mengarah pada timbulnya penyakit gagal jantung. Tekanan darah tinggi dalam jangka waktu lama juga dapat memperburuk kondisi atheroscherosis, yang akan meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Gejala yang Timbul

Pada tahap awal hipertensvei heart desease mungkin tidak menimbulkan keluhan spesifik. Gejala selanjutnya dapat timbul akibat beberapa sebab diantaranya:

  • Peningkatan tekanan darah: Ditandai dengan jantung berdebar-debar, rasa pusing dan impoten
  • Gangguan kinerja jantung: Meyebabkan rasa cepat lelah, sesak napas, sakit dada, bengkak pada kedua kaki
  • Penyakit dasar yang menyertai hipertensi sekunder: Seperti kelemahan otot pada aldosteronisme primer, emosi yang labil, sindroma Cushing, feokromositoma yang ditandai dengan keluhan sakit kepala, palpitasi, dan rasa pusing saat berdiri.

Resiko terjadinya komplikasi pada pasien HHD tergantung dari seberapa besar keparahan hipertropi ventrikel kiri. Pada umumnya semakin besar ventrikel kiri, semakin besar pula kemungkinan kompilkasi terjadi. Salah satu tujuan pengobatan hipertensi adalah untuk mengurangi kerusakan pada ventrikel kiri. Bagaimanapun juga penyakit jantung hipertensi adalah penyakit yang serius yang memiliki resiko kematian mendadak

Diagnosa

Tindakan diagnosis penting dilakukan untuk mengetahui tingkat keparahan serta mengetahui jenis penyakit yang menyerai Hipertensive heart desease. Metode diagnosis yang biasa dilakukan diantaranya menanyakan atau mendata riwayat penyakit pada penderita, metode uji fisik seperti pemeriksaan tekanan darah, detak jantung. serta irama jantung. Terakhir adalah melakukan pemeriksaan penunjang dengan EKG atau echocardiogram guna memeriksa adanya pembesaran pada bilik sebelah kiri jantung.

Pengobatan Hipertensive Heart Disease

Upaya pengobatan pada Hipertensive Heart Disease dengan tujuan  menurunkan tekanan darah hingga normal, mengobati payah jantung akibat hipertensi, serta menurunkan faktor resiko terhadap timbul dan berkembangnya  penyakit kardiovaskular semaksimal mungkin. Golongan obat yang pada umumnya direspkan dokter pada umumnya adalah obat-obatan diuretik, obat golongan anti-simpatis, dan Vasodilator.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa  obat-obatan seperti ACE-Inhibitor, Beta-blocker, dan diuretik spinorolakton dapat membantu mengatasi  hipertropi ventrikel kiri  dan memperpanjang harapan hidup pasien penyakit jantung hipertensi.  

Tindakan Pencegahan

Penerapan gaya hidup sehat dapat memberi dampak positif baik bagi pencegahan maupun penanganan hipertensi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan upaya penurunan berat badan, reduksi masukan garam, peningkatan masukan kalium, pengurangan konsumsi alkohol, serta penerapan pola diet sehat secara keseluruhan.

Pencegahan obesitas memiliki pengaruh penting untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan kaki, dapat membantu penurunan berat badan, menormalkan tekanan darah, juga mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Diet yang kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran, dan produk susu rendah-lemak dapat membantu mengurangi tekanan darah pada individu dan menyediakan sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan jantung anda. Selain itu buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber yang kaya akan kalium, magnesium, dan serat, yang dipercaya menurunkan risiko terjadinya hipertensi.

***

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.