Efek Samping Suntik Botox Untuk Kecantikan

Posted on

Demi memperoleh wajah cantik, wanita rela melakukan apapun, seperti suntik botox walau harus mengeluarkan baiaya yang mahal. Bahkan terkadang mereka melakukan perawatan kecantikan tanpa memperhatikan efek sampingnya. Salah satunya adalah suntik botox.

Botox merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kecantikan secara instan. Botox dilakukan dengan menyuntikan senyawa albumin, natrium klorida, dan botulinum tipe A pada kulit untuk menambahkan volume dan membuat kulit menjadi lebih kencang. Pada umumnya, botox digunakan pada bagian hidung, dahi, dan bibir.

Penggunaan suntik botox untuk perawatan kecantikan ini harus diperhatikan. Apabila suntik botox dilakukan oleh seseorang yang tidak professional dan prosedur yang salah, maka dapat mendatangkan bencana untuk kulit anda. Dikutip dari Mag for Women dan berbagai studi, berikut beberapa efek samping dari suntik botox:

  1. Reaksi alergi

Suntik botox tidak sepenuhnya aman. Biasanya ada beberapa orang yang mempunyai efek sensitif dan menunjukkan reaksi alergi terhadap penggunaan suntik botox. Beberapa jenis alergi yang sering ditimbulkan dari suntik botox, seperti asma, sakit kepala, kemerahan, dan gata-gatal. Jika anda mengalami reaksi alergi sesudah melakukan suntik botox, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

  1. Peradangan kulit

Seseorang yang mempunyai kulit yang sensitif, maka cenderung mengalami peradangan setelah melakukan suntik botox.

  1. Kelopak mata menjadi turun

Melakukan suntik botox pada dahi, alis, dan sekitar mata lainnya dapat membuat kelopak mata menjadi turun, sehingga memberikan kesan sayu pada mata.

  1. Sering buang air kecil

Suntik botox dapat merangsang saluran kemih menjadi lebih aktif dalam mengeluarkan air kecil. Sehingga seseorang yang melakukan suntuk botox, biasanya akan sering buang air kecil.

  1. Demam

Beberapa orang juga mengalami demam setelah seminggu melakukan suntik botox. Biasanya demam uga disertai sakit kepala, pegal-pegal, kedinginan, dan flu. 

  1. Infeksi Sinus

Suntik botox dapat menyebabkan sakit kepala yang parah dan memicu terjadinya infeksi sinus.

  1. Infeksi saluran pernafasan

Beberapa orang juga mengalami infeksi saluran pernafasan setelah melakukan suntik botox, seperti sesak nafas. Kendati demikian, hal ini jarang terjadi.

  1. Wajah menjadi kaku

Setelah melakukan suntik botox, biasanya kulit akan kehilangan elasisitasnya sehingga wajah terasa lebih kaku dan sulit digerakkan. 

  1. Alis melengkung

Beberapa suntik botox juga memberikan efek alis menjadi melengkung, seperti ekspresi terkejut.

  1. Dahi berat

Apabila anda melakukan suntik botox pada kelapa bagian atas, maka efeknya adalah dahi terasa berat. Akibanya anda pun merasa tidak nyaman.

  1. Botulism

Kondisi botulism diakibatkan oleh racun botulinum yang menyebar ke bagian tubuh lain.Gejala yang teradi adalah pengelihatan menjadi lemah dan kabur, serta suara menjadi hilang. Biasanya efek ini terjadi setelah beberapa jam atau beberapa minggu setelah suntik botox.

  1. Memar

Suntik botox juga membuat wajah menjadi memar dan kemerahan.

  1. Sulit tersenyum

Suntik botox juga akan membekukan otot pada wajah dan menghentikan sinyal pada otak, sehingga membuat seseorang menjadi sulit tersenyum.

Demikianlah efek samping dari suntik botox untuk kecantikan. Sebagai saran, sebaiknya hindari teknik perawatan kecantikan secara instan. Karena bagaimanapun sesuatu yang diperoleh secara instan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Sebaiknya, gunakan produk-produk perawatan kecantikan yang aman dan telah teruji secara resmi. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alam untuk merawat kulit agar tetap sehat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.